Tsamara Amany Ternyata Lulusan Luar Negeri? Dituding Blunder Bela Gibran Rakabuming Mati-matian
Tsamara Amany [Instagram]
09:11
23 Januari 2024

Tsamara Amany Ternyata Lulusan Luar Negeri? Dituding Blunder Bela Gibran Rakabuming Mati-matian

Usai debat kedua Cawapres pada Minggu, 21 Januari 2024, perhatian publik tertuju pada Tsamara Amany, mantan politisi dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Ia dituding membela Cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming.

Seperti diketahui, Tsamara Amany, seorang politisi muda perempuan, dikenal sebagai pendukung pasangan Prabowo Subianto dan Gibran. Pada debat Cawapres tersebut, banyak warganet memberikan komentar bahwa Gibran Rakabuming kurang memiliki etika karena bersikap kurang sopan terhadap Mahfud MD.

Sebagai seorang pendukung, Tsamara Amany memberikan pembelaan terhadap Gibran melalui cuitan di akun Twitter pribadinya, @TsamaraDKI.

"Kalau anak muda keras sedikit, dinilai tidak sopan. Kalau anak muda menyerang, dianggap tidak punya etika. Tapi kalau anak muda itu yang diserang? Semua menuntut agar ia diam, menerima, dan senyum saja. Baru ia dianggap santun. Adilkah?," demikian ucap Tsamara. 

Unggahan itu langsung mendapat respons beragam dari warganet. Tidak sedikit juga yang kemudian penasaran dengan latar belakang Tsmara Amany termasuk pendidikannya. 

Dirangkum dari berbagai sumber berikut ini pendidikan Tsamara Amany. Tsamara Amany Alatas, dikenal sebagai seorang politikus muda, pernah menjadi juru bicara pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin pada tahun 2019.

Ia lahir di Jakarta pada 24 Juni 1996, merupakan putri dari Muhammad Abdurachman Alatas, seorang pengusaha pertambangan. Pada tahun yang sama, yaitu 2019, Tsamara menikah dengan Ismail Fajrie Alatas, seorang profesor dari New York University.

Sebelumnya, ia pernah menikah dengan seorang wartawan bernama Ismeth Alatas, tetapi pernikahan tersebut hanya bertahan dua tahun sejak 2015. Pada tahun 2016, ketika masih menjadi mahasiswa di Universitas Paramadina, Tsamara Amany menjadi staf magang Gubernur DKI, membantu Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Tsamara Amany dan Erick Thohir (instagram)Tsamara Amany dan Erick Thohir (instagram)

Tsamara juga mendirikan organisasi Perempuan Politik pada tahun yang sama dan kemudian diangkat sebagai Ketua DPP bidang eksternal PSI pada 2017. Pada tahun 2019, Tsamara menjadi juru bicara pasangan calon presiden-wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Ia juga mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari beberapa daerah pemilihan, namun tidak berhasil.

Setahun kemudian, Tsamara memutuskan untuk melanjutkan pendidikan master di bidang Public Policy & Media Studies di New York University dengan beasiswa Fulbright. Ia menyelesaikan pendidikan masternya pada Desember 2022. Pada Agustus 2022, Tsamara resmi menjabat sebagai CEO Altsa Kreatif setelah melepaskan jabatannya di PSI.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #tsamara #amany #ternyata #lulusan #luar #negeri #dituding #blunder #bela #gibran #rakabuming #mati #matian

KOMENTAR