6 Ciri Orang Bermutu Tinggi yang Tidak Ada Hubungannya dengan Uang, Ada Berpikiran Terbuka hingga Bersyukur
Salah satu sifat orang bermutu tinggi yang tidak ada kaitannya dengan uang adalah berpikiran terbuka (freepik)
14:58
22 September 2024

6 Ciri Orang Bermutu Tinggi yang Tidak Ada Hubungannya dengan Uang, Ada Berpikiran Terbuka hingga Bersyukur

– Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang benar-benar membuat seseorang menonjol di luar kekayaan atau statusnya?

Memang, uang tidak bisa membeli segalanya terutama kualitas yang benar-benar menentukan harga diri seseorang. Di permukaan, kita semua tampaknya mengetahui hal ini.

Namun, terkadang kita mendapati diri kita terjerat dalam jaringan sosial yang mengukur nilai seseorang berdasarkan status keuangannya.

Kenyataannya untuk menjadi orang berkualitas tinggi bukan berarti memiliki rekening bank berkualitas tinggi pula.

Berikut adalah beberapa sifat yang dimiliki orang bermutu tinggi tanpa ada kaitannya dengan uang sebagaimana dilansir dari laman Hack Spirit, Minggu (22/9) :

1. Empati

Empati adalah kemampuan untuk menempatkan diri pada posisi orang lain untuk memahami dan berbagi perasaan mereka. Dan hal ini tentunya tidak membutuhkan biaya.

Empati bukan hanya sekadar mengerti apa yang dirasakan orang lain namun tentang menunjukkan rasa belas kasihan, menawarkan kenyamanan, bertindak dengan cara yang membuat orang lain merasa dipahami dan tidak sendirian.

2. Kejujuran

Sifat lain yang dimiliki orang bermutu tinggi yang tidak ada kaitannya dengan uang adalah kejujuran. Artinya kejujuran memang tidak bisa dibeli dengan orang.

Hanya orang-orang yang berkelas yang mengutamakan sifat kejujuran ini sebab mereka memahami dengan jujur maka mereka bisa membangun kepercayaan dan integritas terhadap orang lain.

3. Ketahanan

Kita semua tentu pernah mengalaminya dan berjuang melawan segala rintangannya bahkan merasakan perihnya kegagalan karena harapan yang tidak sesuai.

Ini bukan tentang seberapa sering Anda jatuh namun ini tentang seberapa sering Anda bangkit kembali. Inilah yang dinamakan ketahanan, kegigihan dan keuletan.

Orang-orang yang bermutu tinggi mampu menerima semua tantangan hidup dan terus melangkah maju.

Mereka bisa mengubah luka mereka menjadi kebijaksanaan dan perjuangan mereka menjadi kekuatan.

4. Berpikiran terbuka

Berpikiran terbuka adalah sifat yang sering luput dari perhatian tetapi patut untuk dihargai. Pasalnya kita hidup di dunia yang penuh dengan keberagaman mulai dari budaya yang berbeda, kontras keyakinan dan opini, dan berbagai macam pengalaman.

Untuk menghargai semuanya tentu kita perlu terbuka untuk memahami sudut pandang yang berbeda dari sudut pandang kita.

Selain itu, keterbukaan pikiran tidak memerlukan kartu kredit namun hanyalah kemauan untuk mendengarkan, belajar, dan berkembang.

5. Bersyukur

Pada dasarnya bersyukur sama halnya kita menghargai apa yang kita miliki dan tentunya hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan kita. Rasa syukur bukan tentang merasa senang dengan harta benda.

Namun tentang menghargai aspek-aspek kehidupan yang tidak berwujud mulai dari cinta keluarga, dukungan teman-teman, keindahan matahari terbit, dan kesenangan dalam tertawa yang menyenangkan.

Rasa syukur tidak memerlukan saldo bank yang besar namun hanya hati yang terbuka dan sikap yang penuh perhatian.

6. Kebaikan

Kebaikan adalah sifat yang tidak memerlukan biaya apa pun tetapi berarti segalanya.

Kebaikan dikenal sebagai tindakan sederhana seperti mengulurkan tangan, menawarkan senyuman atau sekadar berada di sana untuk seseorang saat mereka membutuhkannya.

Mereka yang mengutamakan kebaikan dan memilih untuk menyebarkan cinta dan kepositifan kemanapun mereka pergi adalah orang-orang yang berkualitas tinggi.

Mereka juga memahami bahwa kekuatan karakter mereka jauh lebih berharga daripada keuntungan finansial apa pun.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #ciri #orang #bermutu #tinggi #yang #tidak #hubungannya #dengan #uang #berpikiran #terbuka #hingga #bersyukur

KOMENTAR