Profil Francine Widjojo, Wanita yang Temani Kaesang Lapor ke KPK
Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Francine Widjojo (kiri) bicara soal pesawat jet pribadi yang ditumpangi Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono ke Amerika Serikat. (Suara.com/Dea)
15:37
21 September 2024

Profil Francine Widjojo, Wanita yang Temani Kaesang Lapor ke KPK

Kaesang Pangarep akhirnya muncul ke publik usai diduga menghilang karena memakai jet pribadi saat plesiran ke Amerika Serikat. Kemunculannya pada Selasa (17/9/2024) ini dalam rangka melapor ke KPK soal dugaan gratifikasi.

Dalam kesempatan tersebut, Kaesang ditemani juru bicaranya yang bernama Francine Widjojo. Wanita ini lebih banyak menanggapi pertanyaan media. Salah satunya soal kepemilikan jet pribadi.

Ia menyebut Kaesang nebeng jet pribadi milik temannya yang disebut kebetulan searah. Padahal, putra Presiden Jokowi dan istrinya, Erina, kata dia, berniat untuk naik pesawat komersial. Dari pernyataannya itu, profil Francine Widjojo ikut menuai sorotan.

Profil Francine Widjojo

Baca Juga: Kaesang Diklarifikasi KPK soal Jet Pribadi, Jokowi: Semua Sama di Mata Hukum!

Francine Widjojo merupakan seorang politisi pengacara, juru bicara, dan pegiat komunitas asal Jakarta. Ia saat ini tengah menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

Sementara di internal partai itu, Francine menjabat Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH). Melansir laman DPRD DKI Jakarta, ia berpengalaman sebagai jubir di bidang hukum, ketenagakerjaan, dan perlindungan hewan.

Francine bahkan turut aktif dalam Perhimpunan Pengacara Indonesia (Peradi). Di sana, ia dipercaya menjabat Sekretaris DPC Peradi Jakarta Selatan. Di sisi lain, ia diketahui merupakan lulusan S1 Hukum.

Tepatnya di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) pada tahun 2013 dengan nilai IPK 3.87. Setelah itu, di kampus yang sama ia mengambil program S2 Hukum Bisnis dan berhasil lulus pada 2015.

Francine pernah mengaku punya pengalaman profesional lebih dari 23 tahun di berbagai industri dengan 10 tahun di ranah hukum. Ia pun kerap bercerita soal awal mula kariernya sebagai sekretaris sebuah perusahaan.

Baca Juga: Pantas Lihai Sindir Kaesang Pakai Ilmu Matematika, Abdur Arsyad Ternyata Lulusan S2 Kampus Top

Adapun perusahaan yang dimaksud, yakni PT Astratel Nusantara, bagian dari Astra Group. Francine mengemban tugas sekretaris di sana pada tahun 2011 silam. Lalu, pada 2014, ia bekerja di PT Pelabuhan Penajam Banua Taka.

Di sana, Francine menjabat sebagai legal dan setahun kemudian ia menjadi pengacara dan konsultan hukum di Akmalsyah & Co. Sementara pada 2016, ia menjabat Senior Associate di Budidjaja & Associates Lawyers.

Usai bekerja di berbagai firma hukum, Francine pun mendirikan miliknya sendiri yang diberi nama Francine & Co. Dalam firma hukum yang ia bangun sendiri itu, dirinya diketahui menjabat sebagai Partner. 

Bukan hanya berkarier di dunia politik dan hukum, wanita berambut pendek itu juga menyukai hewan. Hal ini terbukti dari dirinya yang tergabung dalam komunitas sosial pencinta hewan, yaitu Jakarta Ramah Hewan.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #profil #francine #widjojo #wanita #yang #temani #kaesang #lapor

KOMENTAR