Rabiul Awal: Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW dan Keutamaannya
Rabiul Awal: Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW (Freepik)
18:26
19 September 2024

Rabiul Awal: Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW dan Keutamaannya

Bulan Rabiul Awal merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Bulan ini menjadi saksi bisu atas kelahiran Nabi Muhammad SAW, sosok yang membawa rahmat bagi seluruh alam. Diketahui, Rabiul Awal adalah bulan ketiga dalam sistem penanggalan Hijriah setelah bulan Muharram dan Safar, di mana bulan Rabiul Awal ini kerap juga disebut sebagai bulan Maulid. Penyebutan bulan Rabiul Awal sebagai bulan Maulid adalah karena dalam tradisi masyarakat Muslim di Indonesia, bulan Rabiul Awal identik dengan perayaan Maulid Nabi, yaitu sebuah momen untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW.

Islam sendiri telah mengajarkan bahwasanya bulan Rabiul Awal atau bulan Maulid memiliki keistimewaan tersendiri. Apa saja keistimewaan bulan Rabiul Awal atau bulan Maulid?

Keutamaan Bulan Rabiul Awal atau Bulan Maulid

Melansir laman NU Online, Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki dalam kitab Mafahim Yajib an Tushahhah, menjelaskan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah suatu bentuk tradisi yang baik di masyarakat, bukan termasuk bagian dari masalah ibadah yang dipersoalkan keabsahannya. Kesempatan tersebut bisa menjadi momen efektif untuk mendakwahkan teladan akhlak Rasulullah SAW, serta sejarah kehidupan, perjuangan, bisnis, politik, strategi kepemimpinan, dan cara ibadah Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, pada bulan Maulid ini, sangat bagus diisi dengan pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an, zikir, tahlil, kalimat thayyibah, dan juga sejarah dan perjuangan Rasulullah SAW.

Baca Juga: Sambut Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW, 1 Rabiul Awal 2024 Hari Apa?

Sementara itu Imam al-Suyuthi dari kalangan ulama Syafi’iyyah juga mengatakan bahwa Maulid Nabi merupakan kegiatan positif yang mendatangkan pahala. Dianjurkan pada bulan Rabiul Awal ini, umat Islam meluapkan kegembiraan dan rasa syukur dengan cara memperingati kelahiran Rasulullah, berkumpul, membagikan makanan, dan beberapa ibadah lainnya.

Kemudian, bulan Rabiul Awal atau bulan Maulid juga tergolong mulia karena di dalamnya terdapat sejarah kelahiran manusia paling mulia di muka bumi. Kira-kira, kenapa Rasulullah SAW tidak dilahirkan di bulan Muharram, Rajab, Ramadhan, atau bulan-bulan yang dimuliakan syariat? Sayyid Muhammad ibn Alawi Al Maliki di dalam kitabnya adz-Dzakhair al-Muhammadiyyah menjelaskan, bahwa Nabi Muhammad SAW tidak mulia karena sebab masa atau waktu. Namun, justru masa atau waktu itulah yang menjadi mulia karena Nabi Muhammad SAW lahir. Itu artinya, Nabi Muhammad SAW-lah yang mengangkat derajat bulan tersebut, bukan malah sebaliknya. Wallahualam Bissawab.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Vania Rossa

Tag:  #rabiul #awal #bulan #kelahiran #nabi #muhammad #keutamaannya

KOMENTAR