Wisata ke IKN, Ini Pilihan Transportasi dan Tempat Menginap Murah
Patung Garuda di IKN. [Ist]
19:17
18 September 2024

Wisata ke IKN, Ini Pilihan Transportasi dan Tempat Menginap Murah

IKN (Ibu Kota Nusantara) resmi dibuka untuk umum. Berbagai tempat wisata di IKN pun bisa dikunjungi secara gratis setelah terlebih dahulu mendaftar di aplikasi IKNOW. Lalu, apa saja pilihan transportasi dan tempat menginap murah di IKN?

Sebelumnya diberitakan  bahwa sejak tanggal 16 September 2024, IKN resmi dibuka untuk masyarakat umum. Dilansir dari laman resminya, IKN dibuka setiap hari untuk umum dari pukul 09.00-17.00 WITA. Hanya saja untuk kunjungan ke IKN ini masih dibatasi per harinya maksimal 300 orang. 

Buat Anda yang tertarik berkunjung ke IKN, simak ulasan lengkap mengenai pilihan transportasi dan tempat menginap.

Transportasi ke IKN

Baca Juga: Iwan Fals Mendadak Komentari Soal IKN: Jadi Gimana, Sekarang Ibu Kota Udah di Sini?

Cara paling mudah menuju IKN adalah dengan naik pesawat menuju Balikpapan. Dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, perjalanan bisa dilanjutkan dengan

Ada beragam maskapai yang bisa dipilih, mulai dari Lion Air, Citilink, Pelita Air, Super Air Jet, hingga Garuda Indonesia. Tarif pesawat dari Jakarta menuju Balikpapan berkisar antara Rp1,3 hingga Rp2,5 juta sekali jalan.

Dari bandara, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan mobil sewa dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Ada pun ongkos yang harus dikeluarkan untuk sewa kendaraan ke IKN dari bandara adalah sekitar Rp1,5 juta.

Selain naik pesawat, ada alternatif transportasi lain yang lebih murah, seperti kereta, kapal laut, dan bus. Dari Jakarta, misalnya, Anda bisa naik kereta ke Surabaya, lanjut dengan kapal laut menuju Balikpapan, dan terakhir naik bis menuju IKN.

Perjalanan kereta Jakarta - Surabaya makan waktu sekitar 11 jam. Kemudian dilanjutkan dengan naik kapal dari Pelabuhan Penumpang Surabaya Tanjung Perak yang tarifnya mulai dari Rp516.000 untuk kelas ekonomi, rute menuju Pelabuhan Penumpang Balikpapan Semayang. Waktu tempuh perjalanan laut dari Surabaya ke Balikpapan adalah satu hari tujuh jam.

Baca Juga: Muhammadiyah Punya Tiga Misi di IKN, Salah Satunya Bangun Rumah Sakit Baru

Dari Pelabuhan Penumpang Balikpapan Semayang, perjalanan kemudian dilanjutkan melalui darat ke Terminal Batu Ampar, untuk kemudian naik bus yang melayani rute Balikpapan-IKN. Tujuan akhir dari perjalanan menggunakan bus ini adalah Rest Area IKN, yang menjadi titik kumpul untuk keberangkatan ke IKN dengan menumpang bus listrik bagi mereka yang sebelumnya sudah mendaftar di aplikasi IKNOW.

Tempat Menginap di IKN

Saat ini, fasilitas menginap di IKN masih terbatas. Salah satu hotel yang telah beroperasi adalah Hotel Nusantara. Tarifnya mulai Rp2,2 juta per malam untuk premier room yang memiliki luas 32 meter persegi.

Tapi, jika Anda menginginkan pilihan tempat menginap yang lebih hemat, bisa juga memilih menginap di guest house yang dikelola oleh warga lokal.

Di sepanjang jalan nasional Semboja-Sepaku, yang menjadi pintu masuk menuju IKN, banyak rumah warga disulap menjadi penginapan sederhana yang menawarkan kenyamanan dan fasilitas memadai bagi para tamu. Tarifnya tentu saja lebih terjangkau dibandingkan kamar hotel, yaitu mulai dari beberapa ratus ribu rupiah saja, tergantung fasilitas yang ditawarkan.

Demikian ulasan mengenai cara menuju ke IKN, pilihan transportasi dan tempat menginap.

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Vania Rossa

Tag:  #wisata #pilihan #transportasi #tempat #menginap #murah

KOMENTAR