Apakah Tanggal 30 September 2024 Libur Tanggal Merah? Ini Hari Bersejarah!
Apakah Tanggal 30 September 2024 Libur? Ini Hari Bersejarah Bagi Bangsa (Unsplash)
17:17
17 September 2024

Apakah Tanggal 30 September 2024 Libur Tanggal Merah? Ini Hari Bersejarah!

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW pada tanggal 16 September 2024 lalu menjadi salah satu hari libur yang dinantikan banyak orang, karena memberikan kesempatan masyarakat untuk menikmati long weekend. Lalu kemudian apakah 30 September 2024 libur dan tanggal merah?

Pertanyaan ini muncul karena pada tanggal 30 September 2024 merupakan Hari Peringatan Pemberontakan G30S/PKI, yang mana memiliki nilai sejarah yang demikian besar pada bangsa Indonesia secara umum.

Peringatan 30 September 2024 Apakah Libur?

Jika mengacu pada SKB 3 Menteri yang telah diterbitkan, bulan September 2024 in hanya memiliki tambahan satu hari libur atau tanggal merah saja, yakni dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal pada tanggal 16 September 2024 lalu.

Selain libur dalam rangka peringatan ini, terdapat lima hari libur lain pada akhir pekan, tepatnya tanggal 1, 8. 15, 22, dan 29 September 2024 mendatang. Pada SKB tersebut tidak disebutkan bahwa 30 September 2024 menjadi tanggal merah atau hari libur nasional.

Baca Juga: 3 Teori Konspirasi Tentang Alasan Soeharto Tak Jadi Target Penculikan G30S PKI

Jadi dapat disimpulkan hari Peringatan Pemberontakan G30S/PKI yang jatuh pada 30 September 2024 mendatang tidak menjadi hari libur atau tanggal merah, sebab tidak masuk dalam agenda yang diterbitkan dalam SKB 3 Menteri.

Sejarah Singkat Peringatan G30S

Tanggal ini menjadi sebuah tanggal yang penting dalam sejarah bangsa Indonesia karena terjadinya peristiwa besar. Peristiwa ini disebut dengan istilah G30S, yang menelan setidaknya tujuh pahlawan nasional yang kemudian dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Pada tanggal 30 September 1965 lalu, terjadi pemberontakan oleh Partai Komunis Indonesia. Latar belakangnya adalah Presiden Soekarno yang tiba-tiba pingsan setelah melakukan pidato pada Agustus 1965, yang memunculkan anggapan usia beliau tidak lagi panjang.

Hal ini menjadikan pihak PKI dan TNI menjadi bersitegang untuk mencari siapa tokoh yang akan menggantikan sosok besar tersebut. Pasukan PKI yang dipimpin oleh Letkol untung mulai melakukan penculikan pada para petinggi TNI dan kemudian dilakukan pembunuhan. Jasad-jasad petinggi ini kemudian dibuang di sumur tua.

Kemudian di tanggal 1 Oktober 1965, pasukan yang dipimpin oleh Mayjen Soeharto melakukan penumpasan G30S dan dikerahkan untuk menguasai RRI serta Telekomunikasi. Diumumkan juga bahwa Presiden Soekarno dan Jenderal A.H. Nasution dalam keadaan selamat.

Baca Juga: Kata Warga Cisarua, Kemacetan Horor Libur Maulid Nabi Lebih Parah dari Lebaran dan Tahun Baru

Sehari berikutnya penumpasan dilanjutkan ke kawasan Halim perdanakusuma. Setelah mendapatkan informasi dari petugas kepolisian bernama Sukitman, akhirnya pemerintah berhasil menemukan lokasi jenazah para petinggi TNI yang sebelumnya diketahui diculik, dan semuanya berada di lubang sumur tua di kawasan Pondok Gede, Jakarta.

Pemakaman secara resmi dilakukan pada tanggal 5 Oktober 1965, setelah sebelumnya dilakukan pengangkatan jenazah di tanggal 4 Oktober 1965.

Itu tadi sekilas tentang informasi apakah 30 September 2024 libur atau tidak. Biasanya peringatan ini dilakukan dengan upacara di sekolah-sekolah dan berbagai instansi saja, tanpa menjadi hari libur atau tanggal merah.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #apakah #tanggal #september #2024 #libur #tanggal #merah #hari #bersejarah

KOMENTAR