5 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan, Bikin Wajah Lebih Lembap Hingga Kurangi Selulit
Ilustrasi kolagen pada kulit wajah. (Freepik)
20:32
16 September 2024

5 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan, Bikin Wajah Lebih Lembap Hingga Kurangi Selulit

- Kolagen memiliki banyak fungsi penting yang baik untuk tubuh. Salah satunya menjaga kelembapan dan elastisitas struktur pada kulit wajah serta memperkuat tulang.

Namun seiring bertambahnya usia kadar kolagen yang diproduksi tubuh terus berkurang, sehingga banyak orang yang mencukupi kebutuhannya dengan mengkonsumsi suplemen kolagen hingga makanan. Anda bisa mengkonsumsi makanan tertentu, seperti sumsum tulang sapi, ceker ayam.

Sedangkan untuk suplemen kolagen biasanya tersedia dalam bentuk bubuk, kapsul, bahkan minuman kolagen. Berikut ini merupakan lima manfaat kolagen untuk kesehatan yang dilansir dari akun YouTube Kunci Sehat pada Senin (16/9).

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat pertama dari kolagen untuk kesehatan, yaitu dapat meningkatkan kesehatan kulit. Kolagen merupakan komponen utama kulit.

Kolagen dapat mengencangkan dan menjaga elastisitas dan menghidrasi kulit. Sebab, seiring bertambahnya usia, tubuh akan menghasilkan lebih sedikit kolagen yang menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput.

Oleh karena itu, kamu dapat konsumsi kolagen agar dapat membantu memperlambat penuaan kulit dengan mengurangi kekeringan dan kerutan pada kulit.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kolagen diketahui dapat membantu mengurangi risiko yang berkaitan dengan kondisi jantung. Hal ini karena kolagen menyediakan struktur untuk arteri kita, yaitu pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Jika kamu kurang mengkonsumsi kolagen, maka arteri menjadi kurang fleksibel dan elastis. Sehingga dapat menyebabkan aterosklerosis, yakni penyakit yang ditandai dengan penyempitan pada arteri. Kondisi tersebut sangat membahayakan karena dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

  1. Mengurangi Selulit

Manfaat selanjutnya dari kolagen, yaitu dapat mengurangi selulit. Perlu diketahui bahwa selulit merupakan kondisi kulit yang bergelombang dengan lesung kecil seperti kulit jeruk.

Selulit biasanya muncul di bagian perut, pinggul, paha, dan bagian bokong. Kondisi tersebut biasanya dialami oleh para wanita dibandingkan oleh para pria. Untuk itu, kamu dapat konsumsi kolagen agar dapat mengurangi selulit.

  1. Meningkatkan Massa Otot

Tak hanya menjaga kesehatan kulit, kolagen juga menjadi komponen utama dalam perkembangan jaringan otot. Kamu dapat konsumsi suplemen kolagen agar dapat meningkatkan kekuatan otot bagi pasien sarcopenia atau kondisi hilangnya massa otot karena proses penuaan.

  1. Meredakan Nyeri Sendi

Manfaat lainnya dari konsumsi kolagen, yaitu dapat meredakan nyeri sendi. Kamu dapat menambah asupan kolagen untuk dapat mengurangi gejala osteoarthritis dan mengurangi rasa nyeri secara keseluruhan. Selain itu, menambah asupan kolagen melalui suplemen dapat membantu meringankan kondisi osteoarthritis.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #manfaat #kolagen #untuk #kesehatan #bikin #wajah #lebih #lembap #hingga #kurangi #selulit

KOMENTAR