Riwayat Pendidikan Iriana Jokowi yang DO, Ternyata Ambil Jurusan Ini
Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi mengenakan baju adat Kutai takwo kustim saat upacara HUT RI ke-79 di IKN. (YouTube/Sekretariat Presiden)
18:45
15 September 2024

Riwayat Pendidikan Iriana Jokowi yang DO, Ternyata Ambil Jurusan Ini

Riwayat pendidikan Ibu Negara RI, Iriana Jokowi sedang menjadi perbincangan di X. Hal ini terkait keputusan Iriana di masa lalu yang memilih drop out (DO) atau berhenti kuliah demi menikahi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam suatu kesempatan, Presiden Jokowi juga pernah mengonfirmasi kebenaran ini. Ia menceritakan bahwa istrinya memang sempat menjadi mahasiswi di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Namun, kata Jokowi, Iriana hanya berkuliah sampai semester 6 saja. Jokowi lantas membeberkan alasan Iriana berhenti kuliah dan tidak menyelesaikan pendidikannya karena diajak menikah oleh dirinya.

Pengakuan ini disampaikan bapak Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep ini saat meresmikan Masjid Kampus Ki Bagus Hadikusumo di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Lamongan pada 2018 silam.

Baca Juga: Erina Gudono Disorot Pakai Sandal Branded Nyaris Rp30 Juta, Padahal Sang Mertua Pernah Pesan Begini

Berikut ini adalah rekam jejak Iriana Jokowi sebelum memutuskan untuk berhenti kuliah.

Riwayat Pendidikan Iriana 

Ibu Negara RI, Iriana Jokowi.Ibu Negara RI, Iriana Jokowi.

Iriana lahir Surakarta, Jawa Tengah, pada tanggal 1 Oktober 1963. Ia merupakan anak sulung dari 5 bersaudara. Kedua orang tuanya, Noto Mihardjo dan Sudjiatmi bekerja sebagai guru.

Selain orang tua, kakek Iriana juga berprofesi sebagai guru. Artinya, ibu tiga anak ini terlahir dari lingkungan keluarga yang mengerti pentingnya pendidikan.

Iriana kemudian bersekolah di SMA negeri 3 Surakarta. Usai lulus pada 1983, ia melanjutkan pendidikan tinggi ke Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sayang, ia tidak sempat mendapatkan gelar karena memutuskan DO.

Baca Juga: Pramono Pastikan Akan Temui Jokowi Setelah Tak Menjabat Sebagai Presiden

Apa jurusan Iriana di UMS?

Foto nikahan Jokowi dan Iriana (TikTok)Foto nikahan Jokowi dan Iriana (TikTok)

Iriana ternyata mengambil program S1 jurusan Ekonomi Manajemen di UMS. Ia bahkan sudah berkuliah selama 3 tahun alias 6 semester, sebelum akhirnya dilamar dan diajak menikah oleh Jokowi.

Tidak diketahui secara pasti apa yang membuat Iriana rela melepaskan pendidikannya. Namun, Jokowi sempat bercerita tidak mudah baginya untuk menaklukan hati Iriana dan menikahinya.

Menurut pengakuan Jokowi, butuh waktu 6 bulan untuk mendekati Iriana. Pada akhirnya, Iriana menerima cinta Jokowi dan bersedia menikah pada usia 23 tahun.

Dari pernikahan ini, Jokowi dan Iriana dikarunai dua orang anak laki-laki dan satu perempuan. Mereka adalah Gibran, Kahiyang Ayu, dan Kaesang. Sebelum Jokowi terjun politik, ia mendampingi suaminya membuka bisnis mebel di Solo.

Kontributor : Rizky Melinda

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #riwayat #pendidikan #iriana #jokowi #yang #ternyata #ambil #jurusan

KOMENTAR