5 Penyebab yang Menjadi Pemicu Penuaan Dini pada Kulit
5 Penyebab yang Menjadi Pemicu Penuaan Dini pada Kulit./freepik.com
09:38
15 September 2024

5 Penyebab yang Menjadi Pemicu Penuaan Dini pada Kulit

Penuaan dini bisa dialami oleh orang dewasa muda dan kondisi tersebut biasanya ditandai dengan munculnya kerutan di wajah.

Untuk itu, kamu harus mengenali apa yang menjadi penyebab penuaan dini pada kulit agar hal tersebut bisa dihindari dan kamu tidak tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

Berikut ini merupakan lima penyebab yang menjadi pemicu penuaan dini pada kulit yang dilansir dari laman alodokter dan halodoc pada Minggu (15/9).

1. Sering Terkena Sinar Matahari

Penyebab pertama yang membuat kulit menjadi lebih tua, yaitu terkena sinar matahari. Hal ini karena sinar ultraviolet (UV) dapat merusak jaringan elastin pada kulit yang hasilnya dapat membuat kulit menjadi mudah keriput sebelum waktunya.

Selain penuaan dini, sinar matahari juga bisa membuat kulit menjadi tampak lebih kusam dan dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

Terkena sinar matahari juga bisa memicu munculnya bintik-bintik berwarna kecokelatan pada wajah, tangan, dan area tubuh lainnya. Sehingga membuat penampilan menjadi tampak lebih tua.

Untuk itu, kamu bisa memakai tabir surya dengan kadar SPF minimal 30 sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Kamu juga bisa menggunakan topi bertepi lebar, payung, kacamata hitam, dan pakaian yang longgar agar dapat menutupi kulit.

2. Kebiasaan Merokok

Selanjutnya, yaitu kebiasaan merokok juga bisa menjadi salah satu penyebab penuaan dini. Rokok memiliki racun yang ada di dalam asam, sehingga membuat kulit terserang stres oksidatif.

Perlu diketahui bahwa stres oksidatif ini dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh, terutama pada kulit.

Dengan adanya stres oksidatif pada kulit dapat membuat kulit menjadi kering, kerutan, garis halus, hingga tanda penuaan dini lainnya.

3. Pengaruh Genetik

Pemicu penuaan dini lainnya karena adanya beberapa kondisi genetic yang sangat langka yang dapat menyebabkan seseorang terkena penuaan dini.

Seseorang yang menunjukan tanda-tanda penuaan dini di masa kanak-kanak dan pubertas dini disebut progeria.

Tak hanya itu saja, sindrom werner juga bisa menyebabkan kulit menjadi keriput, rambut beruban, dan rambut menjadi botak. Tanda-tanda tersebut berkembang di antara usia 13 hingga 30 tahun.

4. Konsumsi Minuman Alkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan penuaan dini karena bisa meningkatkan radikal bebas yang ada di dalam tubuh, sehingga berdampak terhadap penuaan dini pada kulit.

Efek dari minum alkohol akan semakin terlihat jika kamu sering terpapar sinar UV, stres berlebihan, dan tidak menjaga pola makan.

Selain itu, minuman beralkohol dapat menurunkan nutrisi di dalam tubuh, seperti vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C.

Ketiga vitamin tersebut merupakan antioksidan yang memiliki peran penting dalam proses regenerasi sel-sel kulit mati.

Untuk itu, kamu harus membatasi atau berhenti mengkonsumsi minuman yang beralkohol untuk mencegah penuaan dini.

5. Sering Begadang

Sering begadang atau kurang tidur bisa menjadi salah satu penyebab penuaan dini pada kulit. Selain penuaan dini, kebiasaan tersebut juga dapat menyebabkan kamu sulit untuk berkonsentrasi, sehingga dapat mengganggu produktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, hentikan kebiasaan sering begadang atau kurang tidur agar dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

Itu dia informasi mengenai lima penyebab yang menjadi pemicu penuaan dini pada kulit.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #penyebab #yang #menjadi #pemicu #penuaan #dini #pada #kulit

KOMENTAR