Siapa Yang Harus Membayar Saat First Date? Spilt Bill Atau Sendiri?
Pasangan yang sedang berkencan (Pixabay/NHLK)
16:56
12 September 2024

Siapa Yang Harus Membayar Saat First Date? Spilt Bill Atau Sendiri?

Salah satu pertanyaan yang sering muncul ketika pertama kali berkencan atau “first date” ialah, siapa yang harus bayar? Apakah laki-laki atau perempuan? Atau justru bisa berbagi tagihan atau split bill?

Tidak ada jawaban yang pasti. Namun, Jawaban atas pertanyaan tadi bisa tergantung pada tradisi, budaya, atau kesepakatan bersama.

Perihal siapa yang bayar sebaiknya dibicarakan bersama-sama. Hal ini juga bisa membangun komunikasi dan pendekatan yang baik di awal hubungan.

Tapi perlu diketahui juga “siapa yang membayar” juga bisa membangun bagaimana first impression ke depannya.

Jadi, agar tidak salah langkah perlu kita bahas lebih lanjut. Dilansir dari money.usnews.com berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan “Siapa yang harus bayar” pada saat first date:

Siapa yang mengajak siapa

Mayoritas, orang yang mengajak kencan terlebih dahulu ialah yang akan membayar tagihan saat kencan pertama.

Jadi, jika Anda yang terlebih dahulu mengajak kencan pasangan, pastikan tempat yang dipilih sesuai dengan kondisi finansial Anda. Jangan sampai karena ingin mengesankan orang lain, Anda jadi kesulitan di kemudian hari.

Namun di sisi lain, orang yang menerima ajakan pun harus selai menyiapkan diri untuk membayar bagian Anda, takutnya ternyata pihak yang mengajak memiliki pemikiran yang berbeda.

Split bill (Membagi tagihan)

Menurut Traci Williams, seorang terapis keuangan, menyatakan bahwa satu orang yang membayar semua biaya pada kencan pertama semakin jarang terjadi. Sekarang lebih banyak pasangan yang cenderung membagi tagihan untuk menciptakan kesetaraan.

Di zaman sekarang ini, split bill pada kencan pertama adalah pilihan terbaik. Dengan cara ini, tidak ada pihak yang merasa memiliki kewajiban lebih besar atau merasa tidak nyaman karena harus menanggung seluruh biaya.

Lihat perbedaan pendapatan

Menurut Traci William, ada kecenderungan bahwa semakin banyak orang yang mengharapkan pihak dengan pendapatan lebih tinggilah yang menanggung biaya, baik di kencan pertama maupun dalam pernikahan.

Namun, seringkali kita tidak akan mengetahui situasi keuangan pasangan pada kencan pertama dan tidak memungkinkan untuk bertanya.

Adapun jika Anda adalah pihak yang mengajak kencan dan tampaknya berada dalam kondisi keuangan yang lebih baik dari pasangan Anda, disarankan untuk merencanakan kencan yang tidak membuat pasangan merasa tidak nyaman secara finansial.

Pertimbangan usia dan gender

Faktor usia dan gender memengaruhi pandangan tentang siapa yang seharusnya membayar pada kencan pertama. Menurut survei LendingTree tahun 2022, 44% orang Amerika berpendapat bahwa dalam hubungan, pria seharusnya membayar kencan pertama.

Survei ini juga menunjukkan perbedaan pandangan berdasarkan generasi. Baby boomers lebih cenderung berpendapat bahwa pria harus membayar kencan pertama, sedangkan generasi Z lebih cenderung berpikir lebih baik berbagi biaya.

Pahami budaya masing-masing

Perbedaan budaya bisa menyebabkan benturan, terutama terkait dengan uang dan kebiasaan berkencan.

Maka lakukan riset tentang bagaimana budaya dari pasangan Anda, termasuk dari negara mana pasangan Anda.

Hal tersebut akan menghindarkan Anda dari hal yang dianggap tidak beretika atau menyinggung.

Membahas pembayaran kencan dengan pasangan

Memang tidak seharusnya membahas masalah keuangan pada saat kencan pertama, tapi jika Anda merasa cemas mengenai aspek finansial, penting untuk mendiskusikannya langsung dengan pasangan.

Kencan pertama harusnya menyenangkan. Jadi jangan terlalu tertekan dengan masalah “Siapa yang harus membayar?”. Jika satu orang membayar tagihan pada kencan pertama, maka yang lain bisa membayar tagihan pada kencan berikutnya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #siapa #yang #harus #membayar #saat #first #date #spilt #bill #atau #sendiri

KOMENTAR