Jalan Kaki 30 Menit Sebelum Tidur Punya 4 Manfaat Kesehatan Ini, Yuk Terapkan!
Ilustrasi jalan kaki pada malam hari. (Freepik)
14:36
12 September 2024

Jalan Kaki 30 Menit Sebelum Tidur Punya 4 Manfaat Kesehatan Ini, Yuk Terapkan!

Salah satu olahraga termudah dan paling efisien yakni berjalan kaki. Tetapi apa yang terjadi jika Anda melakukan olahraga jalan kaki sebelum tidur?

Jalan kaki selama 30 menit pada malam hari tidak hanya menyegarkan, tetapi juga dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan tak terduga. Diketahui bahwa jalan kaki pada malam hari dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik seseorang.

Untuk mengetahui lebih lanjut, dikutip dari Times of India, Kamis (12/9), berikut empat manfaat jalan kaki selama 30 menit sebelum tidur.

Tingkatkan kualitas tidur

Keuntungan penting dari berjalan kaki pada malam hari yakni kualitas tidur yang lebih baik, menurut penelitian dari Cureus. Jalan kaki juga dapat meredakan ketegangan mental dan memberi perasaan rileks. Selain itu, membantu seseorang tidur lebih cepat dan nyenyak. Gerakan yang stabil dan udara bersih dapat memberi tahu tubuh untuk rileks dan tidur nyenyak pada malam hari.

Penurunan berat badan

Jalan kaki selama 30 menit terbukti dapat meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran kalori bahkan saat tidur, menurut penelitian dari Nutrients. Melakukan aktivitas ini secara teratur dapat meningkatkan manajemen kalori dan menghentikan keinginan untuk ngemil larut malam, yang merupakan salah satu faktor utama kenaikan berat badan.

Dorongan kesehatan mental

Jalan-jalan sore baik untuk pikiran dan tubuh, serta dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Sama halnya dengan jalan kaki pada malam hari, di mana ini membantu seseorang menyingkirkan pikiran-pikiran negatif dan memberi waktu bagi pikiran untuk mencerna kejadian-kejadian selama satu hari tersebut.

Ketika seseorang mencoba untuk tidur, kejernihan mental ini dapat mengurangi pikiran-pikiran yang berkecamuk.

Lancarkan pencernaan

Banyak orang mengalami gangguan pencernaan atau kembung setelah makan malam, yang dapat mengganggu mereka untuk tidur. Berjalan-jalan sebentar setelah makan dapat membantu pencernaan dengan memecah makanan menjadi potongan-potongan yang lebih kecil, menurut penelitian dari US National Library of Medicine.

Melakukan aktivitas ini akan mencegah Anda dari ketidaknyamanan seperti refluks asam lambung dan gangguan pencernaan. Bahkan berjalan-jalan sebentar pada malam hari dapat merangsang sistem pencernaan, yang memudahkan Anda untuk tertidur tanpa mengalami mual atau merasa kekenyangan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari jalan kaki 30 menit sebelum tidur, penting untuk menambahkan beberapa teknik:

  1. Jaga kecepatan yang stabil dan nyaman saat berjalan. Setidaknya, usahakan untuk berjalan cukup cepat untuk meningkatkan detak jantung.
  2. Pilih tempat yang tenang seperti taman atau lingkungan yang damai. Ini akan meningkatkan efek relaksasi dari jalan-jalan.
  3. Setelah berjalan, regangkan otot-otot untuk membantu Anda rileks. Fokus pada peregangan ringan, terutama punggung dan kaki.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #jalan #kaki #menit #sebelum #tidur #punya #manfaat #kesehatan #terapkan

KOMENTAR