Intip Rekomendasi Oleh-oleh Khas Kaltim di Gelaran MTQ Nasional 2024
Oleh-oleh Khas Samarinda, Kalimantan Timur (Dok. Istimewa)
12:56
12 September 2024

Intip Rekomendasi Oleh-oleh Khas Kaltim di Gelaran MTQ Nasional 2024

Kehadiran ribuan tamu luar daerah dalam gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-30 di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bisa jadi ajang promosi produk oleh-oleh khas Benua Etam. 

Momen wisata belanja oleh-oleh ini, selain memperkenalkan produk khas Kalimantan Timur, juga dapat membangkitkan perekonomian daerah. Terutama dalam peningkatan ekonomi mikro di level Usaha Kecil dan Menengah (UKM). 

Sekretaris Daerah Kaltim sekaligus Ketua Panitia MTQ Nasional 2024, Sri Wahyuni tak melewatkan peluang ini. Pihaknya menggaet para pelaku UKM untuk terlibat aktif menjajakan produk mereka dalam parhelatan MTQ Nasional 2024. 

Panitia penyelenggara bahkan mmeminta kepada pihak hotel yang menampung akomodasi peserta kafilah MTQ, untuk menghadirkan produk UKM di setiap sudut hotel. 

Baca Juga: 8 Rekomendasi HP Murah Layar AMOLED Terbaik September 2024, Harga di Bawah Rp 3 Juta

“Ini kesempatan baik bagi Kaltim mengenalkan produk khas daerah. Kita dorong pihak hotel siapkan corner produk oleh-oleh UKM kita,” ungkap Sekda Sri. 

Ia juga merekomendasikan beberapa oleh-oleh favorit yang bisa menjadi buah tangan para kafilah saat pulang kembali ke daerah masing-masing. Mulai dari produk kriya hingga kuliner. 

“Kaltim ini unik. Punya banyak ragam oleh-oleh olahan. Sekarang yang jadi favorit itu mantau Balikpapan, ada satu toko khusus mantau di sana. Selain itu, ada juga empek-empek Bontang, amplang, keminting, bolu salak dan masih banyak lagi,” ujar eks Kepala Dinas Pariwisata Kaltim ini. 

Sementara, oleh-oleh produk kriya dan wastra yang bisa jadi rekomendasi buah tangan dari Benua Etam di antaranya seperti sarung Samarinda, batik Kaltim, seraung, tas anjat, kalung dan gelang manik Dayak, gantungan kunci, serta masih banyak lagi. 

Oleh-oleh khas Kaltim itu bisa didapat di Expo MTQ yang dibuka selama pelaksanaan MTQ Nasional 6-16 September 2024 di Halaman Parkir GOR Kadrie Oening dan Convention Hall Samarinda. Serta di sentra UMKM Samarinda di Komplek Citra Niaga Jalan Niaga Utara dan Galeri UKM di Jalan Basuki Rahmat Nomor 55.

Baca Juga: 4 Anime Slice of Life yang Mengajarkan Pentingnya Mencari Jati Diri

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #intip #rekomendasi #oleh #oleh #khas #kaltim #gelaran #nasional #2024

KOMENTAR