Tips Menggali dan Mengembangkan Potensi Buat Gen Z, Kemana Harus Menyalurkan Bakat?
Ilustrasi bakat main musik (Pexels/42 North)
12:53
12 September 2024

Tips Menggali dan Mengembangkan Potensi Buat Gen Z, Kemana Harus Menyalurkan Bakat?

Generasi Z, generasi yang lahir di era digital, memiliki akses informasi yang tak terbatas dan peluang yang begitu luas. Hal ini pun membuat mereka memiliki semangat dan kreativitas yang melimpah, sehingga memiliki potensi besar untuk sukses dengan caranya sendiri. Namun, tanpa bimbingan, terkadang sulit untuk menemukan arah yang tepat dalam menyalurkan bakat dan minat yang begitu beragam. Simak tips menggali dan mengembangkan potensi di bawah ini, serta panduan kemana harus menyalurkan bakat tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menggali dan mengembangkan bakat:

1. Kenali Diri Sendiri Lebih Dalam

Jika kamu masih belum yakin dengan bakatmu, cobalah mengeksplorasi minat dengan mencoba berbagai aktivitas baru. Kemudian, identifikasi kekuatanmu dengan cara menemukan hal-hal apa saja yang biasanya mudah kamu lakukan tapi sebaliknya bagi orang lain.

Baca Juga: Stigma Negatif Generasi Muda Bermental Lemah, Haruskah Dipelihara?

2. Asah Terus-Menerus

Jika kamu sudah menemukan bakatmu, teruslah belajar untuk menjadi lebih baik lagi. Manfaatkan sumber daya online seperti tutorial, kursus online, dan komunitas online untuk belajar hal baru.
Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas, berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama untuk memberikan inspirasi dan dukungan.

3. Bangun Jaringan

Kamu tentu ingin bakatmu terus berkembang, bukan? Untuk itu, jangan ragu untuk memperluas jaringanmu dengan menghadiri acara-acara yang relevan, bergabung dengan komunitas online, dan mengikuti konferensi. Bangunlah hubungan yang saling menguntungkan dengan orang-orang yang kamu temui.

4. Cari Peluang

Baca Juga: Good Vibes Only! Ini 5 Tips Ala Gen-Z untuk Hidup Lebih Bahagia dan Sehat

Ajang pencarian bakat untuk siswa SMA. (Dok. Pocari Sweat)Ajang pencarian bakat untuk siswa SMA. (Dok. Pocari Sweat)

Terakhir, carilah peluang untuk mengembangkan bakatmu. Caranya, bisa dengan mengikuti kompetisi, membuat portofolio yang menampilkan karya terbaikmu, dan mulailah mencari pengalaman di mana kamu bisa memamerkan bakat dan keahlianmu kepada dunia yang lebih luas.

Salah satu peluang yang tak boleh kamu lewatkan adalah Pocari Sweat Bintang SMA, ajang pencarian bakat online terbesar untuk siswa SMA atau sederajat di tingkat nasional. Konsisten digelar sejak 2019, ajang bakat ini telah berhasil menarik lebih dari 59.000 siswa SMA dari ribuan sekolah di seluruh Indonesia untuk menampilkan bakat mereka yang meragam, mulai dari musik, vokal, tari, olahraga, hingga content creation.

“Setiap tahun, kami selalu terinspirasi oleh semangat para peserta yang tak kenal lelah dalam mengejar mimpi mereka. Pocari Sweat Bintang SMA tidak hanya sekadar ajang kompetisi, tapi sebuah platform di mana generasi muda dapat menemukan kepercayaan diri, memperluas jaringan, dan mengekspresikan bakat mereka kepada publik yang lebih luas,” kata Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, Puspita Winawati yang biasa dipanggil Wina, saat ditemui di konferensi pers di SMA Islam Al-Azhar Pusat 1 & 3, Jakarta Selatan.

Tertarik untuk mengikuti kompetisi ini? Kamu cukup merekam bakatmu di bidang seni, kreasi, musik, tari, atau olahraga sekreatif mungkin, lalu unggah ke media sosial Instagram, TikTok dengan menyertakan tagar #BintangSMA2024 dan tag akun @pocariid atau upload video ke situs www.pocarisweat.id/bintangsma. Periode pengumpulan video berlangsung dari tanggal 2 September hingga 9 Oktober 2024. Para finalis terpilih nantinya akan mengikuti serangkaian kegiatan yang diisi oleh para juri dan pakar di bidangnya, hingga menuju Grand Final yang akan digelar pada 16 November 2024 di Jakarta.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #tips #menggali #mengembangkan #potensi #buat #kemana #harus #menyalurkan #bakat

KOMENTAR