4 Cara Menemukan Passion di Usia Dewasa, Membantu Mencari Apa yang Sering 'Terlupakan'
Ilustrasi orang yang semangat dalam mengembangkan diri. (Freepik)
08:42
12 September 2024

4 Cara Menemukan Passion di Usia Dewasa, Membantu Mencari Apa yang Sering 'Terlupakan'

– Sejak di bangku sekolah, kita sering mendengarkan saran untuk mengejar passion baik di dunia profesional maupun kehidupan pribadi. Ungkapan seperti “Bekerjalah berdasarkan hal yang kamu sukai, maka bekerja akan terasa menyenangkan.”

Namun, nyatanya kehidupan tidak semudah ucapan. Penjelasan mengenai gairah tidak sesederhana itu. Seseorang mungkin perlu bekerja puluhan, ratusan, hingga ribuan hari dengan cara yang berbeda sebelum memahami dan menemukan minat yang benar-benar disukai.

Di dunia yang penuh tuntutan, orang dewasa sering melupakan apa yang sebenarnya diinginkan dan memilih terjebak dalam rutinitas mengikuti arus, menemukan gairah hidup tidak hanya penting untuk kebahagian, namun juga dapat membantu Anda menemui makna dan tujuan hidup.

Rutinitas harian yang menuntut akan membuat seseorang merasa muak, ketika menyadari perasaan lelah itu terkadang kita teringat pada hal-hal yang kita inginkan. Pada tahap ini, kita bisa memulai untuk mencari apa yang sudah kita ‘lupakan’. Berikut empat cara menemukan passion di usia dewasa yang sempat kita kesampingkan, seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Menulis visi pribadi

Pernyataan visi pribadi mencakup apa yang ingin Anda capai dalam hidup, baik secara pribadi maupun profesional. Dalam banyak hal, ini adalah bagian penting yang akan menjadi kompas penunjuk arah. Kapanpun Anda perlu membuat keputusan penting, visi pribadi akan memandu dan membantu menemukan apa yang dicari.

2. Temukan nilai dan arah tujuan

Nilai pribadi adalah hal penting dalam mendasari cara hidup. Nilai menentukan tujuan dan prioritas pribadi. Tidak jarang juga berfungsi sebagai alat ukur kehidupan dan penentu jalur karier yang diinginkan.

Konsep menemukan arah tujuan adalah tentang mengungkap apa yang memotivasi Anda. Apa tujuan yang mendorong dan membuatmu merasa telah melakukan apa yang seharusnya. Pada bagian ini, memungkinkan seseorang untuk menemukan jati diri yang sebenarnya. Saat keyakinan dan arah tujuan jelas bertemu, Anda akan lebih dekat untuk menjalani kehidupan memuaskan yang didorong oleh aspirasi.

3. Membuat daftar hal yang disukai, dan mengevaluasi hal-hal yang tidak disukai

Buatlah daftar hal yang disukai dan tidak disukai. Penting untuk menyadari hal-hal yang Anda cintai dan suka lakukan, pun untuk menyadari hal-hal yang tidak Anda sukai. Mengenali diri lebih dalam membantu mempermudah menentukan apa yang Anda inginkan.

4. Bergabung dengan komunitas atau kelompok dengan minat sama

Berkumpul bersama orang-orang dengan minat yang sama akan membuat Anda merasa terinspirasi, percaya diri, dan aman. Saling berbagi kiat-kiat juga akan sangat membantu.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #cara #menemukan #passion #usia #dewasa #membantu #mencari #yang #sering #terlupakan

KOMENTAR