Siapa Ayah Baim Alkatiri? Disebut Eksploitasi Anak Hingga Sembarangan Jual Aset
Baim Alkatiri alias Baim Cilik. (instagram)
20:00
11 September 2024

Siapa Ayah Baim Alkatiri? Disebut Eksploitasi Anak Hingga Sembarangan Jual Aset

Baim Alkatiri atau yang lebih dikenal dengan Baim Cilik, adalah aktor cilik yang sering muncul di layar televisi pada tahun 2000-an. Dengan ungkapan khasnya "Maafin Aim, Ya Allah", ia dicintai oleh banyak penggemar karena penampilannya yang imut dan menggemaskan. Namun kini, muncul kabar mengejutkan bahwa ia akan menuntut ayahnya yang tidak memberi nafkah. Hal ini memicu rasa ingin tahu siapa ayah Baim Alkatiri dan bagaimana kronologi kasusnya?

Sebelumnya, Baim telah lama tidak tampil di layar kaca. Baru-baru ini, Baim mengungkap ingin meminta pertanggungjawaban ayahnya saat bertemu karena sudah selama tiga tahun belakangan Baim membayar biaya sekolahnya sendiri.

Baim meminta ayahnya mengganti uang yang ia gunakan untuk membayar biaya sekolah di Pondok Pesantren. Hal ini membuat publik syock hingga memicu pro dan kontra, diskusi panas di kolom komentar instagram Baim. lantas siapa ayah Baim Alkatiri?

Profil Ayah Baim Cilik

Baca Juga: Baim Cilik Bawa Kabar Mengejutkan, Tak Dinafkahi Ayah Selama 2 Tahun: Aku Sekolah Bayar Sendiri

Baim mengungkap hubungannya dengan ayahnya melalui Podcast Kasisolusi. Di Podcast tersebut, Baim mengaku kalau kontak WA-nya saja sudah diblokir, sehingga ia tidak bisa berkomunikasi dengan ayahnya.

Baim menjelaskan bahwa orang tuanya bercerai. Usai perceraian, ayah Baim yang bernama Halil Fuad Alkatiri ini menjual aset-aset yang dibeli melalui hasil keringat Baim dan setelah itu pergi meninggalkannya tanpa uang saku.

Baim menjelaskan bahwa aset tersebut dibelinya satu per satu sejak masih bekerja sebagai pemain sinetron, saat usianya masih 3 tahun. Ia merasa telah dieksploitasi oleh ayahnya ketika aset hasil kerjanya tidak dia rasakan sendiri.

Tidak banyak informasi yang bisa diungkap dari profil ayah Baim cilik ini. Ketika orang tua bercerai, Baim berusaha menyesuaikan diri dengan situasi baru keluarganya. Baim mundur dari dunia entertainment di usia 10 tahun, pada tahun 2014.

Waktu itu, Baim fokus menyelesaikan pendidikan di SMA Surya Buana Malang. Sebelumnya, Baim menempuh pendidikan di Pondok Pesntren Imam Bukhori, Solo. Baim mengaku bahwa selama ini, biaya sekolah didapatkan murni dari hasil kerjanya sendiri.

Baca Juga: Rajin Unggah Foto Anak usai Terancam Diboikot, Raffi Ahmad Kena Julid: Pencitraan!

Kronologi Kasus Baim Cilik

Kronolgi kasus Baim cilik menjadi perbincangan hangat di publik sejak ia jadi bintang tamu di Podcast YouTube Kasisolusi. Dalam Podcast tersebut, Baim mengungkap bahwa ia tidak menerima nafkah dari ayah kandungnya sejak tahun 2022.

Baim mengungkap terakhir kali ia menerima uang dari ayahnya adalah bulan Agustus 2022. Baim berusaha meminta uang secara baik-baik tetapi tidak mendapatkan respon positif.

Aktor yang kini berusia 19 tahun ini menceritakan bahwa kondisi serupa juga dialami adik-adik sambungnya. Dia menyebut bahwa ayahnya juga tidak memberi nafkah kepada adik-adik sambungnya. Kondisi tersebut diungkap pula oleh ibu sambung Baim, mengatakan bahwa ayah mereka tidak menafkahi anak-anaknya.

Ketika nomor WA Baim diblokir oleh sang ayah, Baim memutuskan untuk berbicara secara terbuka ke publik dengan harapan sang ayah mau menemuinya. Meskipun Baim sudah bisa mencari nafkah sendiri, tetapi ia ingin mendengar alasan yang bertanggung jawab dari ayahnya.

Baim berhasil mendapatkan nafkah dengan bisnis. Baim mengungkap ia pernah menekuni bisnis ternak kambing saat menjadi bintang tamu di kanal Youtube Pagi-Pagi Ambyar di tahun 2022 lalu. Peternakan kambing milik Baim yang ada di Malang Jawa Timur juga diposting beberapa kali di sosial medianya.

Bukan hanya usaha ternak, Baim menafkahi dirinya sendiri dengan berbisnis kuliner. Ia menjual nasi babat bernama Sego Sambel Babat Cokro. Lalu, di tahun 2022, Baim kembali ke dunia entertainment dan mendapatkan pemasukan sebagai bintang tamu di beberapa acara TV.

Sumber pemasukan Baim yang lain adalah dari sosial media Instagram. Dengan pengikut mencapai 99,7 ribu follower, Baim sering mendapatkan tawaran endorse.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #siapa #ayah #baim #alkatiri #disebut #eksploitasi #anak #hingga #sembarangan #jual #aset

KOMENTAR