Menjadi Periode Penting dalam Kehidupan, Inilah 4 Keputusan Besar yang Harus Diambil Saat Usia 20-an, Apa Saja?
Ilustrasi orang yang berusia 20-an. (Unsplash.com/MimiThian)
15:18
11 September 2024

Menjadi Periode Penting dalam Kehidupan, Inilah 4 Keputusan Besar yang Harus Diambil Saat Usia 20-an, Apa Saja?

- Usia 20-an menjadi periode penting dalam kehidupan manusia, karena merupakan fase pencarian jati diri, menggapai impian, serta harus mulai mengambil tanggung jawab besar dalam kehidupannya.

Terlepas dari apapun gendernya, baik laki-laki maupun perempuan, mengutip dari laman Kejar Mimpi bahwa mereka yang berusia 20-an akan mengalami masa peralihan untuk menentukan arah hidup dan kesuksesan yang akan diraih.

Usia 20-an juga menjadi tolak ukur kedewasaan. Secara psikologis, mereka dianggap sudah cukup mampu dalam hal perencanaan, pengambilan keputusan, serta konsekuensi akibat tindakan.

Di usia 20-an lah setiap manusia akan menyadari bahwa impian-impiannya di waktu kecil tidak selalu sesuai harapan dan belajar ikhlas untuk menerima semua itu.

Melansir dari laman Instiki, menurut seorang psikolog klinis, usia 20-an adalah usia matang secara psikologis dan biologis, serta hampir semua keputusan besar juga diambil di fase umur 20-an, diantaranya adalah :

1. Karir

10 tahun pertama karir cenderung menentukan kesuksesan, misalnya saat lulus kuliah di usia 22 tahun, lalu memperoleh pekerjaan sekitar 23-33 tahun. Maka kemungkinan karir selanjutnya akan semakin baik.

2. Memperbanyak Skill

Otak manusia mengalami kematangan sekitar usia 20 hingga 25-an, sehingga alasan inilah untuk kita memperbanyak skill atau kemampuan di bidang yang kita sukai.

Meskipun hidup tidak dapat diprediksi karena banyak faktor lain yang memengaruhinya seperti keberuntungan, lingkungan sosial, maupun keluarga.

3. Memperluas Circle Pertemanan

Jangan batasi pertemanan kita hanya ke orang yang sepaham atau sepemikiran saja. Hal baru, jaringan baru, dan pemikiran baru biasanya akan datang dari “weak ties” atau "kenalan" yang sangat berpengaruh dibandingkan dengan teman dekat.

4. Memilih Pasangan Hidup

Kita memang tidak bisa memilih dari keluarga siapa dilahirkan, tapi kita berhak membangun hubungan cinta sejati, parenting yang baik, serta keluarga terencana melalui pasangan hidup yang dipilih.

Dari 4 keputusan besar yang dipilih saat usia 20-an, perlu kita tanamkan pemikiran bahwa timeline setiap orang pasti berbeda-beda. Meskipun kesuksesan di usia muda tidak mustahil untuk diraih, kamu bisa perkaya dirimu dengan skill atau pendidikan untuk mencapai kesuksesan di masa depan.

Selain itu, definisi kesuksesan setiap orang juga berbeda dan tidak ada aturan bakunya. Ada yang berpikir bahwa sukses itu harus banyak harta, tapi ada pula yang berpikir kalau sukses itu memiliki keseimbangan dalam hidup.

Jadi, jika di usia 20-an itu kamu belum mencapai apapun, tidak perlu dirisaukan selagi tetap berusaha dan berjuang. Jangan melihat pencapain orang lain dalam pandangan negatif yang bisa merendahkan harga dirimu.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #menjadi #periode #penting #dalam #kehidupan #inilah #keputusan #besar #yang #harus #diambil #saat #usia #saja

KOMENTAR