Perjalanan Karier Fanny Soegi, Kini Speak Up Soal Masalah Royalti Asmalibrasi
Fanny Soegiarto [Instagram/@fannysoegi]
13:28
10 September 2024

Perjalanan Karier Fanny Soegi, Kini Speak Up Soal Masalah Royalti Asmalibrasi

Nama Fanny Soegi kini tengah jadi perbincangan publik karena membahas soal royalti lagu Asmalibrasi. Lewat akun X pribadinya, Fanny menyebut Soegi Bornean tidak membayar royalti lagu. Fanny mengungkapkan keresahannya soal pencipta lagu Asmalibrasi yang mengalami kesulitan finansial.

Fanny bahkan mengatakan untuk membayar uang sekolah anak, penulis lagu Asmalibrasi harus meminjam uang. Padahal lagu tersebut telah menghasilkan uang yang besar mencapai ratusan juta. Lantas bagaimana perjalanan karier Fanny Soegi yang membongkar borok Soegi Bornean soal royalti lagu Asmalibrasi? Simak penjelasan berikut ini.

Perjalanan Karier Fanny Soegi

Fanny Soegiarto atau lebih dikenal dengan nama panggung Fanny Soegi, adalah penyanyi dan penulis lagu asal Indonesia yang memulai karier musik sebagai vokalis band indie Soegi Bornean. Fanny Soegi lahir di Semarang pada 7 September 1999 sehingga kini berusia 25 tahun. Dia merupakan musisi berdarah Jawa-Kalimantan yang menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro (Undip), Semarang.

Perjalanan karier Fanny dapat dikatakan cukup unik, mengingat dia bukan berasal dari latar belakang musik, tapi berhasil menarik perhatian publik berkat suara khasnya yang lembut dan menyentuh hati. Fanny memulai karier musiknya bersama Aditya Ilyas dan Bagas Prasetyo membentuk grup musik Soegi Bornean di tahun 2019.

Baca Juga: Fanny Soegi Ungkap Borok Soegi Bornean, Tak Bayar Royalti Lagu Bisa Terjerat Hukum

Fanny Soegiarto [Instagram/@fannysoegi]Fanny Soegiarto [Instagram/@fannysoegi]

Soegi Bornean mengusung genre folk-pop dengan sentuhan etnik yang kental dalam karya-karyanya. Musik Soegi Bornean sering kali menonjolkan nuansa tradisional Indonesia yang dibalut dalam aransemen modern dan lirik mendalam.

Fanny dipilih sebagai vokalis karena suaranya yang lembut dan khas yang mampu memberi warna tersendiri pada lagu-lagu Soegi Bornean. Fanny juga aktif dalam proses penciptaan lirik lagu Soegi Bornean.

Salah satu lagu yang paling populer dari Soegi Bornean adalah Asmalibrasi yang menduduki peringkat ketiga dalam tangga lagu mingguan Weekly Top Songs Indonesia di Spotify pada Oktober 2022. Asmalibrasi pun menjadi semacam anthem bagi penggemar musik indie di Indonesia dan dianggap sebagai karya yang memadukan keindahan lirik dan harmoni musik secara sempurna.

Selain Asmalibrasi, Soegi Bornean bersama Fanny Soegi juga menghasilkan karya-karya lain yang tak kalah memikat, seperti Konstan, Atma Mahatma dan Setanggi. Meski sudah dikenal sebagai vokalis Soegi Bornean, Fanny juga memiliki karier di luar band. Dia sering berkolaborasi dengan musisi lain dan aktif di berbagai acara musik, baik secara daring maupun luring.

Namun Fanny mengumumkan pengunduran diri sebagai vokalis Soegi Bornean pada Maret 2024 dan memulai solo karier. Sementara itu Soegi Bornean menyatakan bahwa mereka akan tetap melanjutkan perjalanan dan berkarya meski tanpa Fanny.

Baca Juga: Perjalanan Karier Ronal Surapradja, dari Extravaganza Kini Maju Pilgub Jabar

Fanny Soegi Soal Royalti Lagu Asmalibrasi

Fanny Soegiarto [Instagram/@fannysoegi]Fanny Soegiarto [Instagram/@fannysoegi]

Fanny Soegi menyebut royalti lagu Asmalibrasi yang tak dibayar secara transparan. Dia bahkan menyebut, salah satu pencipta lagu tak menerima royalti lagu sebagaimana mestinya. Diketahui pencipta lagu Asmalibrasi adalah Fanny Soegi dan Dhimas Tirta Franata atau dimectirta.

Padahal menurut Fanny, royalti lagu tersebut bisa mencapai setengah miliar. Namun Fanny mengatakan royalti itu justru diterima oleh orang-orang yang tidak berhak. Meski begitu Fanny menegaskan bahwa dia tidak semata-mata mempermasalahkan nominal, tapi lebih kepada hati nurani.

Selain itu Fanny mengaku bahwa dia mendapat ancaman ketika akan membongkar borok mantan band-nya tersebut. Namun tekad Fanny bulat karena dia hanya ingin menjunjung tinggi keadilan.

Dibeberkan Fanny, ketika dirinya ingin keluar dari band tersebut harus membayar jika ingin memakai nama "Soegi". Padahal itu adalah namanya sendiri.

Tak lama setelah keluhan Fanny Soegi viral, Soegi Bornean langsung memberi respon lewat akun Instagram. Menurut Soegi Bornean, pembagian royalti itu sudah sesuai, bahkan Fanny juga terlibat dalam hal itu.

Soegi Bornean juga mengaku sampai saat ini tidak bermasalah dengan salah satu pencipta yang disebut Fanny. Bahkan Soegi Bornean berani membuktikan bahwa pembagian royalti itu sudah sesuai dan tepat sasaran.

Sementara itu Fanny Soegi terpantau kembali membalas apa yang disampaikan oleh Soegi Bornean. Dia mengomentari unggahan Soegi Bornean dengan balasan menohok.

"Kalian percaya?" kata Fanny di kolom komentar Instagram Soegi Bornean.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #perjalanan #karier #fanny #soegi #kini #speak #soal #masalah #royalti #asmalibrasi

KOMENTAR