Simak! Ini 6 Olahraga Bagi Pria yang Ampuh Membakar Lemak, Ada Lompat Jongkok hingga Berlari
Berlari adalah salah satu olahraga yang ampuh untuk membakar kalori (freepik)
08:18
9 September 2024

Simak! Ini 6 Olahraga Bagi Pria yang Ampuh Membakar Lemak, Ada Lompat Jongkok hingga Berlari

Kebanyakan pria memiliki dua tujuan kebugaran yang cukup jelas dan sederhana mulai dari mereka ingin membangun otot dan membakar lemak.

Meskipun membakar lemak tidak bisa langsung optimal dalam sekejap namun ternyata ada beberapa latihan olahraga yang ampuh untuk membakar lemak.

Artinya latihan olahraga yang paling banyak mengeluarkan keringat sehingga banyak kalori tubuh yang terbuang.

Bahkan latihan pembakar lemak ini mampu membakar kalori dalam jumlah besar yang membantu Anda menghilangkan dan membakar lemak membandel di sekujur tubuh.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai beberapa latihan olahraga yang ampuh untuk membakar lemak sebagaimana dilansir dari laman Men’s Health, Senin (9/9) sebagai berikut :

1. Latihan burpee

Salah satu latihan olahraga yang ampuh membakar lemak adalah latihan burpee. Untuk melakukannya, jatuhkan tubuh ke lantai, dorong tubuh ke atas hingga berdiri dan lompat sebelum mengurangi gerakan tersebut.

Uniknya lagi, Anda dapat melakukannya di mana saja pasalnya gerakan ini dapat diperkecil untuk disesuaikan dengan kemampuan dan riwayat cedera Anda.

Beberapa pelatih mengklaim bahwa burpee terlalu sering digunakan sebagai gerakan pengisi sederhana saat pelatih kehabisan ide.

Tetapi jika di program dengan benar, burpee adalah pembakar kalori berteknologi rendah yang sempurna.

Namun perlu diingat bahwa Anda bisa menjaga bentuk tubuh Anda tetap kencang terutama di bagian pinggul dan bagian bawah untuk menghindari kesalahan umum.

2. Berlari

Menurut Harvard Health, pria dengan berat 83 kg (185 pon) akan membakar sekitar 335 kalori hanya dengan berlari selama 30 menit.

Dalam hal latihan yang memberikan hasil maksimal, Anda akan kesulitan menemukan pembakar lemak yang lebih baik daripada lari sederhana.

3. Lompat tali

Lompat tali sangat bagus untuk membakar kalori dan hal ini memang tidak bisa diragukan lagi.

Menariknya, lompat tali ini memiliki banyak variasi. Anda bisa memulai dengan mengambil tali dan menguasai gerakan dasar dan dunia latihan pembakaran lemak terbuka untuk Anda.

Mulai dari crossover hingga kaki bergantian dan lompat cepat hingga double unders.

4. Ayunan Kettlebell

Ayunan ini mampu memberikan lebih dari satu manfaat. Pasalnya Anda akan mampu membakar lemak dengan ayunan namun juga hebat dalam membangun kekuatan dan tenaga tubuh bagian bawah.

Uniknya, latihan olahraga ini mampu membangun otot di seluruh rantai posterior, memperkuat inti tubuh dan membangun kekuatan genggaman.

Anda bisa melakukan hingga 300 repetisi dalam set sesedikit mungkin dan Anda bisa menyaksikan perubahan fisik Anda.

5. Lompatan kotak

Latihan olahraga lain yang ampuh membakar lemak adalah lompatan kotak. Anda cukup berdiri di depan kotak dengan kaki terbuka selebar pinggul dan lompat ke atasnya.

Lalu berbaliklah untuk melangkah dari kotak di sisi yang berlawanan sebelum melompat kembali di atasnya.

6. Lompat jongkok

Menambah beban tidak selalu menjadi cara untuk mempercepat latihan terkadang mengeluarkan potensi pliometrik dari suatu gerakan sama bermanfaatnya. Contohnya squat jump.

Pasalnya latihan tersebut bisa meningkatkan denyut jantung, melatih paha depan, bokong dan betis dan tentunya mampu memaksimalkan pembakaran kalori.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #simak #olahraga #bagi #pria #yang #ampuh #membakar #lemak #lompat #jongkok #hingga #berlari

KOMENTAR