Bacaan Doa Wudhu Lengkap Tata Cara: Arab, Latin, Artinya
wudhu (Freepik)
18:22
20 Januari 2024

Bacaan Doa Wudhu Lengkap Tata Cara: Arab, Latin, Artinya

Wudhu merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum sholat. Untuk melakukan wudhu pun Anda perlu mengawalinya dengan membaca doa dan melakukannya secara lengkap, sesuai tata cara.

Membasuhkan air wudhu merupakan cara untuk menghilangkan hadas kecil. Maka, cara ini tidak bisa Anda gunakan saat memiliki hadas besar. Jika punya hadas besar, Anda harus melakukan mandi besar.

Doa dan tata cara wudhu lengkap.

Berikut ini adalah langkah-langkah wudhu yang tepat beserta doa yang perlu Anda baca di awal dan akhirnya.

1. Membaca niat

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta’aalaa.

Artinya: Saya niat berwudhu demi menghilangkan hadast kecil fardhu karena Allah.

2. Membasuh telapak tangan sebanyak tiga kali sampai ke sela-sela jari.

3. Kumur-kumur tiga kali.

4. Membersihkan lubang hidung sebanyak tiga kali dengan cara menghirup air di tangan ke dalam hidung lalu mengeluarkannya lagi.

5. Membasuh muka dari bagian ujung kepala tumbuh rambut sampai bawah siku.

6. Membasuh kedua tangan sampai siku sebanyak tiga kali.

7. Mengusap kepala tiga kali.

8. Mengusap telinga secara bersamaan sebanyak tiga kali.

9. Mencuci kaki sampai bagian mata kaki atau betis sampai tiga kali, diikuti dengan membasuh jari-jari di sela kaki menggunakan tangan.

10. Membaca doa setelah wudhu berikut sebagai penyempurna.

أَشْهَدُ أَنْ لآّاِلَهَ إِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اللّهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Asyhadu alla ilaha illallahu wahdahu la syarika lahu wa asyhaduu anna muhammadan abduhu wa rasuluhu, allahummaj’alni minat tawwabina waj’alnii minal mutathahirina.

Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, da aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah.

Ya Allah, jadikanlah aku termasuk ke dalamm golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk ke dalam gologan orang-orag yang bersuci (shalih).


Keutamaan dalam wudhu

Dilihat dari Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 6, berikut adalah pentingnya wudhu sebelum sholat.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قُمْتُمْ إِلَى ٱلصَّلَوٰةِ فَٱغْسِلُوا۟ وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى ٱلْمَرَافِقِ وَٱمْسَحُوا۟ بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى ٱلْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِن كُنتُمْ جُنُبًا فَٱطَّهَّرُوا۟ ۚ وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰٓ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَآءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ ٱلْغَآئِطِ أَوْ لَٰمَسْتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمْ تَجِدُوا۟ مَآءً فَتَيَمَّمُوا۟ صَعِيدًا طَيِّبًا فَٱمْسَحُوا۟ بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُم مِّنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُۥ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Ya ayyuhalladzina amanu iza qumtum ilas-salati fagsilu wujuhakum wa aidiyakum ilal-marafiqi wamsahu biru usikum wa arjulakum ilal-ka'bain, wa ing kuntum junuban fataharu wa ing kuntum marda au ala safarin au ja’a ahadum mingkum minal-ga itit au lamastumun-nisa a fa lam tajidu ma’an fa tayammamu sa’idan tayyiban famsahu biwujuhikum wa aidiikum min-h, ma yuridullahu liyaj’ala alaikum min harajiw wa lakiy yuridu liyutahhirakum wa liyutimma ni’matahu ‘alaikum la’allakum tasykurun.

Artinya: Hai orang yang beriman, apabila engkau hendak mengerjakan shalat, basuhlah muka dan tanganmu sampai siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang aki (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka tayamum lah dengan tanah yang baik (bersih, sapulah muka dan tanganmu dengan tanah itu, Allah tidak hendak menyulitkanmu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #bacaan #wudhu #lengkap #tata #cara #arab #latin #artinya

KOMENTAR