Banyak Senyum usai Bebas Bersyarat, Jessica Wongso Disentil Pakar Mikro Ekspresi: Pencitraan
Jessica Wongso didampingi pengacara dalam konferensi pers usai bebas bersyarat di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/8/2024) [Suara.com/Tiara Rosana].
18:59
20 Agustus 2024

Banyak Senyum usai Bebas Bersyarat, Jessica Wongso Disentil Pakar Mikro Ekspresi: Pencitraan

Terpidana kasus kopi sianida, Jessica Kumala Wongso, menerima pembebasan bersyarat pada Minggu (18/8/2024). Jessica Wongso diketahui telah menyelesaikan 8 dari 20 tahun vonis hukuman penjara yang diterimanya pada 27 Oktober 2016.

Kebebasannya ini langsung disambut dengan pro dan kontra, meski tampaknya sebagian besar warganet bersyukur karena Jessica dinilai tidak bersalah dalam kasus yang menewaskan Wayan Mirna Salihin tersebut.

Jessica sendiri tampaknya menyikapi kebebasannya dengan penuh senyum dan rasa syukur. Ekspresi itulah yang dianalisis oleh pakar mikro ekspresi, Kirdi Putra.

Cerita Jessica Wongso di Balik Ketegarannya selama Persidangan (YouTube/Fristian Griec Media Official)Cerita Jessica Wongso di Balik Ketegarannya selama Persidangan (YouTube/Fristian Griec Media Official)

"Jadi senyum tuh ada dua jenis, senyum lepas, real smile. Buat dia masih senyum citra, jadi ya senyum tapi nggak ada tarikan-tarikan lain yang menandakan bahwa dia memang senyum (lepas). Semua orang melakukan itu, senyum sopan lah, senyum pencitraan, senyum imej," kata Kirdi, dilihat di tayangan Intens Investigasi, Selasa (20/8/2024).

Baca Juga: Sikap Jessica Wongso Saat di Penjara Dibongkar Anak Otto Hasibuan

Ditegaskan oleh Kirdi, senyuman tersebut normal dan wajar ditunjukkan oleh setiap orang. "Yang setelah selesai, hilangnya cepet. Itu normal," imbuhnya.

Kirdi juga menanggapi penampilan Jessica melalui sejumlah podcast. Menurutnya Jessica memang terlihat ingin menangis di beberapa kesempatan tersebut.

"Ketika itu cerita kemudian dia mau nangis, belum tentu itu menandakan sebuah kejujuran. Bahwa itu dia mau nangis, iya, betul. Tapi apakah itu sedih beneran? Belum bisa dikasih tahu, masih 50:50. Bisa bohong? Bisa. Bisa bener? Bisa," jelas Kirdi.

Kirdi menjabarkan beberapa perubahan mikro ekspresi wajah saat seseorang akan menangis. "Itu penanda dia mau nangis, bukan penanda dia bohong atau tidak bohong," ujar Kirdi.

"Saya masih melihat Jessica yang sama, nggak ada bedanya dari dulu sampai sekarang. Masih tetap pinter mengatur kata-kata, (tapi) sekali lagi, pinter bukan berarti dia salah. Jessica pintar, Jessica jaga bener-bener kata-katanya, Jessica menyembunyikan beberapa hal, bukan berarti dia salah atau bersalah. Tapi saya garis bawahi juga, bukan berarti dia tidak bersalah," pungkasnya.

Baca Juga: Beda Gaya Jessica Wongso dan Gaga Muhammad Keluar Penjara, Cara Merawat Tubuh Bak Langit dan Bumi

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #banyak #senyum #usai #bebas #bersyarat #jessica #wongso #disentil #pakar #mikro #ekspresi #pencitraan

KOMENTAR