Mesir Bersikeras agar Israel Menarik Diri dari Koridor Philadelphia dan Perbatasan Rafah
Tentara Israel dikerahkan di samping pengangkut personel lapis baja mereka saat mereka menunggu perintah untuk mundur pada 11 September 2005 dari reruntuhan pos terdepan Aluf di Koridor Philadelphia di perbatasan Mesir di Jalur Gaza selatan. 
09:00
20 Agustus 2024

Mesir Bersikeras agar Israel Menarik Diri dari Koridor Philadelphia dan Perbatasan Rafah

Mesir bersikeras agar Israel menarik diri dari Koridor Philadelphia dan perbatasan Rafah.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan tentara akan tetap berada di Koridor Philadelphia.

Mesir mempertahankan posisinya bahwa Israel harus menarik pasukannya dari Koridor Philadelphia di perbatasan Gaza-Mesir dan dari perbatasan Rafah, kata sumber Mesir pada hari Senin.

Saluran berita Al-Qahera yang berafiliasi dengan pemerintah mengutip sumber tingkat tinggi yang membantah apa yang disebarkan media Israel tentang persetujuan Mesir bagi tentara Israel untuk tetap berada di wilayah Koridor Philadelphia.

Sumber tersebut menegaskan Mesir tetap berpegang pada "penarikan penuh pasukan Israel" dari dua lokasi tersebut.

Lembaga penyiaran publik Israel, KAN, mengatakan delegasi Israel kembali dari Mesir setelah mengadakan pembicaraan di sana mengenai kehadiran Israel di Koridor Philadelphia.

Penyiar tidak memberikan rincian apa pun tentang pembicaraan itu.

Pada hari Minggu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan tentara Israel akan tetap berada di Koridor Philadelphia.

Kelompok perlawanan Palestina Hamas dan Mesir bersikeras agar Israel menarik diri sepenuhnya dari daerah perbatasan.

Pembicaraan gencatan senjata Gaza di ibu kota Qatar, Doha, berakhir pada hari Jumat dengan mengajukan "proposal yang mempersempit kesenjangan" antara Israel dan Hamas yang konsisten dengan prinsip-prinsip yang ditetapkan oleh Presiden AS Joe Biden pada tanggal 31 Mei.

Biden mengatakan pada bulan Mei bahwa Israel mengajukan kesepakatan tiga tahap yang akan mengakhiri permusuhan di Gaza dan menjamin pembebasan sandera yang ditawan di daerah kantong pantai tersebut. Rencana tersebut mencakup gencatan senjata, pertukaran sandera-tahanan, dan pembangunan kembali Gaza.

Namun Hamas mengatakan pada hari Minggu bahwa Netanyahu menetapkan persyaratan baru dalam usulan gencatan senjata dan pertukaran sandera di Gaza yang diajukan selama perundingan Doha.

"Usulan baru itu (hanya) memenuhi persyaratan Netanyahu dan selaras dengannya, khususnya penolakannya terhadap gencatan senjata permanen, penarikan penuh pasukan dari Jalur Gaza, dan desakannya untuk melanjutkan pendudukan di Persimpangan Netzarim (yang memisahkan utara dan selatan Jalur Gaza), penyeberangan Rafah, dan Koridor Philadelphia (di selatan)," kata Hamas dalam sebuah pernyataan.

Selama berbulan-bulan, AS, Qatar, dan Mesir telah berupaya mencapai kesepakatan antara Israel dan Hamas untuk memastikan pertukaran tahanan dan gencatan senjata serta mengizinkan bantuan kemanusiaan memasuki Gaza.

Tetapi upaya mediasi terhenti karena penolakan Netanyahu untuk memenuhi tuntutan Hamas untuk menghentikan perang.

Israel, yang mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera, telah melanjutkan serangan brutalnya di Gaza sejak serangan 7 Oktober 2023 oleh Hamas.

Serangan Israel sejak itu telah menewaskan lebih dari 40.130 warga Palestina, sebagian besar wanita dan anak-anak, dan melukai lebih dari 92.740, menurut otoritas kesehatan setempat.

Lebih dari 10 bulan sejak serangan Israel, sebagian besar wilayah Gaza masih hancur di tengah blokade yang melumpuhkan terhadap makanan, air bersih, dan obat-obatan.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang memerintahkannya untuk segera menghentikan operasi militernya di kota selatan Rafah, tempat lebih dari 1 juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum diserang pada 6 Mei.

Mesir Diklaim Setuju Kontrol Israel atas Perbatasan Gaza-Mesir

Mesir dan Israel telah mencapai kesepakatan yang akan memungkinkan Israel mempertahankan kendali atas perbatasan Mesir-Gaza, Middle East Eye (MEE) melaporkan pada 19 Agustus, mengutip pejabat senior Mesir.

Sebagai gantinya, Israel akan mengizinkan penyeberangan Rafah dibuka kembali dan warga Palestina dapat mengoperasikannya.

MEE melaporkan bahwa menurut seorang diplomat Mesir, seorang pejabat di Dinas Intelijen Umum, dan pejabat lainnya di Intelijen Militer, Israel memberi Mesir dua pilihan untuk wilayah perbatasan, yang dikenal sebagai Koridor Philadelphia.

Salah satu pilihannya adalah Israel mengendalikan perbatasan dengan menggunakan tentara di darat.

Yang kedua akan melihat Israel mengendalikan perbatasan menggunakan penghalang bawah tanah, peralatan pemantauan elektronik, dan patroli militer sesekali.

Hamas mengatakan pihaknya tidak akan menyetujui kesepakatan gencatan senjata apa pun yang tidak menjamin penarikan penuh Israel dari Gaza, termasuk Koridor Philadelphia.

Pada bulan Mei, militer Israel merebut perbatasan Rafah dan membangun kontrol di sepanjang perbatasan, yang melanggar Perjanjian Camp David, kesepakatan damai yang ditandatangani Israel dan Mesir pada tahun 1979.

Perbatasan Rafah telah ditutup sejak tentara Israel merebutnya pada bulan Mei, mencegah pengiriman bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan dari Mesir dan mencegah warga Palestina melarikan diri dari perang ke Mesir.

Pejabat Intelijen Umum mengatakan kepada MEE bahwa Mesir bersedia mengizinkan Israel mempertahankan kendali atas perbatasan selama penyeberangan Rafah dibuka kembali dan dioperasikan oleh warga Palestina.

MEE mencatat Mesir mungkin telah menyetujui persyaratan Israel karena alasan keuangan. Media yang didanai Qatar melaporkan bahwa, sebelum Israel menutup perbatasan, sebuah perusahaan milik seorang pengusaha Mesir yang dekat dengan Presiden Abdel Fattah al-Sisi menghasilkan sekitar $2 juta per hari dengan memungut biaya kepada warga Palestina yang mencoba melarikan diri dari perang.

Warga Palestina dipaksa membayar Hala Consulting and Tourism Services milik Ibrahim al-Organi 5.000 dolar per orang dewasa dan 2.500 dolar untuk anak-anak untuk menyeberangi perbatasan ke Mesir.

Diplomat itu mengatakan beberapa orang yang mendapat keuntungan dari penyeberangan selama perang terlibat dalam negosiasi dengan Israel.

Sejak penutupan perbatasan Rafah, diperkirakan sedikitnya 1.000 warga Palestina telah tewas karena tidak dapat meninggalkan Gaza untuk mendapatkan perawatan atas luka-luka mereka, sementara 25.000 warga lainnya yang terluka membutuhkan evakuasi.

MEE melaporkan bahwa beberapa anggota militer Israel lebih memilih untuk mengontrol perbatasan menggunakan penghalang bawah tanah dan peralatan pemantauan elektronik untuk mencegah tentara Israel berisiko diserang oleh Hamas.

Awal bulan ini, departemen rehabilitasi di Kementerian Pertahanan Israel melaporkan bahwa 10.056 tentara telah terluka dalam sepuluh bulan sejak dimulainya perang, suatu tingkat lebih dari seribu orang baru yang terluka setiap bulan.

Menurut pernyataan kementerian, lebih dari 3.700 korban terluka menderita cedera anggota tubuh, termasuk 192 cedera kepala, 168 cedera mata, 690 cedera tulang belakang, dan 50 orang yang diamputasi sedang dirawat di departemen rehabilitasi.

Laporan MEE muncul di tengah kunjungan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ke Israel.

Blinken bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Senin untuk membahas negosiasi gencatan senjata yang sedang berlangsung.

"Ini adalah momen yang menentukan, mungkin yang terbaik, mungkin kesempatan terakhir untuk membawa para sandera pulang, untuk mencapai gencatan senjata dan menempatkan semua orang di jalur yang lebih baik menuju perdamaian dan keamanan yang langgeng," kata Blinken kepada wartawan.

Hamas telah menyatakan bahwa Israel tidak mencari gencatan senjata dan menggunakan negosiasi sebagai cara untuk mengulur waktu untuk terus membantai warga Palestina dan menghancurkan Gaza.

SUMBER: TRT WORLD, THE CRADLE

Tag:  #mesir #bersikeras #agar #israel #menarik #diri #dari #koridor #philadelphia #perbatasan #rafah

KOMENTAR