Serangan Israel ke Pelabuhan Hodeidah Yaman Berpotensi Jadi Kejahatan Perang, Begini Kata HRW
Pelabuhan Hodeidah terbakar akibat serangan udara Israel pada Sabtu (20/7/2024). 
08:00
20 Agustus 2024

Serangan Israel ke Pelabuhan Hodeidah Yaman Berpotensi Jadi Kejahatan Perang, Begini Kata HRW

Human Rights Watch (HRW) mengatakan pada 19 Agustus bahwa serangan Israel terhadap pelabuhan Hodeidah Yaman bulan lalu dapat dianggap sebagai kejahatan perang.

“Serangan udara Israel di pelabuhan Hodeidah Yaman pada malam hari tanggal 20 Juli 2024, merupakan serangan yang tampaknya melanggar hukum, tidak pandang bulu, atau tidak proporsional terhadap warga sipil yang dapat berdampak jangka panjang pada jutaan warga Yaman yang bergantung pada pelabuhan tersebut untuk mendapatkan makanan dan bantuan kemanusiaan,” kata HRW.

“Serangan udara Israel, yang menewaskan sedikitnya enam warga sipil dan dilaporkan melukai sedikitnya 80 orang lainnya, menghantam lebih dari dua lusin tangki penyimpanan minyak dan dua derek pengiriman di pelabuhan Hodeidah di barat laut Yaman, serta sebuah pembangkit listrik di distrik Salif, Hodeidah,” tambahnya.

Serangan itu “tampaknya menyebabkan kerusakan yang tidak proporsional terhadap warga sipil dan objek sipil.

Pelanggaran serius terhadap hukum perang yang dilakukan dengan sengaja, yaitu dengan sengaja atau sembrono, adalah kejahatan perang.”

HRW juga mengatakan operasi pesawat nirawak gerakan perlawanan Ansarallah di Tel Aviv, yang menewaskan satu warga Israel dan melukai beberapa lainnya, juga “mungkin merupakan kejahatan perang.”

Laporan HRW mengatakan organisasi tersebut mewawancarai sebelas orang tentang serangan di Hodeidah, termasuk seorang pejabat Ansarallah di industri minyak pemerintah Sanaa Yaman – yang mengelola pelabuhan yang menjadi sasaran Israel.

Israel “merusak atau menghancurkan sedikitnya 29 dari 41 tangki penyimpanan minyak di pelabuhan Hodeidah, serta dua derek yang digunakan untuk memuat dan menurunkan pasokan dari kapal,” HRW menambahkan. Pembangkit listrik utama di Hodeidah juga terkena serangan.

Ribuan warga sipil dipekerjakan di pelabuhan Hodeidah , dan puluhan orang berada di sana ketika serangan terjadi, kata pejabat industri minyak Yaman yang diwawancarai oleh HRW.

Serangan Hodeidah merupakan respons terhadap serangan pesawat tak berawak Yaman yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Tel Aviv pada tanggal 19 Juli, yang dilakukan oleh Angkatan Bersenjata pemerintah Sanaa Yaman, yang bergabung dengan Ansarallah.

Serangan itu menewaskan enam orang dan melukai lebih dari 80 orang, yang sebagian besar menderita luka bakar parah. Kebakaran terjadi selama berhari-hari setelah serangan Israel.

Eskalasi Israel terhadap Yaman terjadi hanya 10 hari sebelum serangan Israel terhadap Beirut dan Teheran, yang menewaskan komandan tinggi Hizbullah Fuad Shukr dan kepala biro politik Hamas Ismail Haniyeh.

Serangan yang menewaskan Shukr di Beirut juga menewaskan beberapa warga sipil, termasuk anak-anak.

Hizbullah, Republik Islam, dan Ansarallah semuanya telah bersumpah untuk melakukan pembalasan, membuat Israel dan sekutunya berada dalam siaga tinggi.

Serangan Terjadi pada Tanggal 20 Juli

HRW: Serangan Israel pada 20 Juli di pelabuhan Yaman 'kemungkinan kejahatan perang'.

"Serangan tersebut tampaknya menyebabkan kerugian yang tidak proporsional terhadap warga sipil dan objek sipil," kata kelompok hak asasi manusia yang berpusat di New York tersebut.

Human Rights Watch (HRW) mengecam serangan udara Israel bulan lalu di Pelabuhan Hudaida di Yaman barat sebagai "kemungkinan kejahatan perang".

Setidaknya enam warga sipil tewas dan lebih dari 80 lainnya terluka pada tanggal 20 Juli ketika pesawat tempur Israel menyerang lebih dari dua lusin tangki penyimpanan minyak dan dua derek pengiriman di pelabuhan Yaman serta sebuah pembangkit listrik di provinsi tersebut.

Serangan itu terjadi satu hari setelah serangan pesawat tak berawak Houthi menewaskan satu warga Israel dan melukai empat lainnya di Tel Aviv.

"Serangan tersebut tampaknya menyebabkan kerugian yang tidak proporsional terhadap warga sipil dan objek sipil," kata kelompok hak asasi manusia yang berpusat di New York itu pada hari Senin.

"Pelanggaran serius terhadap hukum perang yang dilakukan dengan sengaja, baik secara sadar maupun gegabah, merupakan kejahatan perang."

Niku Jafarnia, peneliti HRW untuk Yaman dan Bahrain, mengatakan serangan Israel terhadap Hudaida "dapat berdampak jangka panjang pada jutaan warga Yaman di wilayah yang dikuasai Houthi".

"Warga Yaman kini tengah menderita kelaparan yang meluas setelah konflik selama satu dekade. Serangan-serangan ini hanya akan memperburuk penderitaan mereka."

Pelabuhan Hudaida sangat penting untuk mengirimkan makanan dan kebutuhan lainnya ke Yaman, yang dilalui sekitar 70 persen impor komersial negara itu dan 80 persen bantuan kemanusiaannya.

"Hukum perang yang berlaku melarang serangan yang disengaja, tanpa pandang bulu, atau tidak proporsional terhadap warga sipil dan objek sipil," kata HRW.

"Serangan yang tidak ditujukan pada sasaran militer tertentu adalah serangan yang tidak pandang bulu. Serangan dianggap tidak proporsional jika kerugian warga sipil yang diharapkan lebih besar dibandingkan dengan keuntungan militer yang diharapkan dari serangan tersebut."

Kelompok hak asasi manusia mengatakan pemerintah yang terus menyediakan senjata kepada pemerintah Israel berisiko terlibat dalam kejahatan perang.

"Serangan udara Israel terhadap infrastruktur penting di Hodeidah dapat berdampak sangat buruk terhadap kehidupan banyak warga Yaman dalam jangka panjang," kata Jafarnia. "Baik Israel maupun Houthi harus segera menghentikan semua serangan ilegal yang memengaruhi warga sipil dan kehidupan mereka."

Ketegangan regional meningkat karena serangan brutal Israel di Gaza, yang menewaskan lebih dari 40.130 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak, dan melukai 92.700 lainnya sejak 7 Oktober tahun lalu menyusul serangan Hamas.

SUMBER: THE CRADLE, TRT WORLD

Tag:  #serangan #israel #pelabuhan #hodeidah #yaman #berpotensi #jadi #kejahatan #perang #begini #kata

KOMENTAR