Apa Saja yang Canggih dari Benteng Bawah Tanah Imad 4 Hizbullah? Jaringan Terenkripsi, Ada RS Segala
Gerakan perlawanan Hizbullah Lebanon meluncurkan roket ke wilayah pendudukan Israel di perbatasan utara negara pendudukan tersebut. 
00:00
17 Agustus 2024

Apa Saja yang Canggih dari Benteng Bawah Tanah Imad 4 Hizbullah? Jaringan Terenkripsi, Ada RS Segala

Kelompok Hizbullah Lebanon, merilis video baru yang memamerkan fasilitas sistem pertahanan mereka yang berada di bawah tanah.

Dilansir Al Mayadeen Jumat (16/8/2024), video itu menunjukkan kalau Hizbullah punya fasilitas yang terhitung canggih dengan jaringan terowongan luas, lengkap dengan landasan peluncuran rudal.

Fasilitas pertahanan bawah tanah ini dinamai dengan benteng Imad 4.

"Video berjudul "Pegunungan Kami, Benteng Kami" menampilkan fasilitas Imad 4, yang menyoroti kemampuan rudal Perlawanan Hizbullah," tulis laporan tersebut.

Rekaman tersebut memperlihatkan para pejuang kebebasan Hizbullah berada di dalam kompleks bawah tanah yang canggih, dengan tanda-tanda yang terlihat menandai fasilitas tersebut sebagai Imad 4.

Video tersebut juga memperlihatkan truk-truk rudal bergerak dari dalam fasilitas menuju pintu antiledakan, mempersiapkan mereka untuk diluncurkan.

Dalam video tersebut, cuplikan pidato pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah digunakan, di mana ia menegaskan bahwa "perlawanan lebih kuat dari sebelumnya sejak dimulainya di wilayah tersebut."

Tangkapan layar video yang dirilis Hizbullah, menampilkan sistem jaringan terowongan bawah tanah Tangkapan layar video yang dirilis Hizbullah, menampilkan sistem jaringan terowongan bawah tanah (via Al Mayadeen)

Jaringan Terenskripsi

Sumber Al Mayadeen mengungkapkan bahwa Imad 4 memiliki sistem teknis canggih dan jaringan komunikasi aman yang menghubungkannya dengan dunia luar, yang memungkinkannya menerima perintah peluncuran dalam hitungan menit, seraya menambahkan kalau komunikasi jaringan tersebut dikatakan sangat terenkripsi untuk keamanan tambahan.

Sumber tersebut juga mengungkapkan kalau fasilitas tersebut dilengkapi dengan tim logistik yang komprehensif, serta tim konstruksi, keamanan, dan peluncuran cadangan yang berdedikasi.

Tim-tim ini beroperasi berdasarkan koordinat yang telah ditentukan sebelumnya untuk operasi peluncuran.

Selain itu, fasilitas tersebut, menurut sumber eksklusif, dilengkapi dengan rumah sakit lapangan dan persediaan yang cukup untuk menopang penghuninya selama periode mulai dari delapan bulan hingga satu tahun.

Sumber yang sama juga mencatat bahwa Perlawanan memiliki fasilitas yang lebih besar dan lebih penting yang dirancang untuk menampung roket yang lebih besar dan lebih berat, termasuk rudal presisi.

Perlu dicatat bahwa video tersebut muncul tak lama setelah utusan khusus AS Amos Hochstein tiba di Beirut, memperingatkan bahwa waktu hampir habis untuk mengamankan gencatan senjata Gaza dan kesepakatan untuk pembebasan tawanan Israel, yang juga dapat mengakhiri situasi di perbatasan Lebanon-Palestina.

Bersamaan dengan itu, pihak-pihak yang terlibat dalam negosiasi Doha akan melanjutkan pertemuan mereka pada hari Jumat, karena genosida Israel yang sedang berlangsung di Gaza mendekati bulan ke-11.

Perkembangan terbaru dalam negosiasi itu, Hamas menolak empat syarat terbaru yang diajukan Israel.

(oln/almydn/*)

Tag:  #saja #yang #canggih #dari #benteng #bawah #tanah #imad #hizbullah #jaringan #terenkripsi #segala

KOMENTAR