Tingkah Barbar Pemukim Israel, Lebih dari 70 Pemukim Bakar Rumah & Mobil di Desa Jit, Tembak Pemuda
- Seorang pemuda Palestina tewas, dan seorang lainnya terluka parah pada Kamis (15/8/2024) malam selama serangan oleh pemukim Israel di desa Jit, sebelah timur Qalqilya di Tepi Barat, seorang koresponden Al Mayadeen melaporkan. Para pemukim juga membakar beberapa rumah dan kendaraan warga Palestina di Jit. 
19:30
16 Agustus 2024

Tingkah Barbar Pemukim Israel, Lebih dari 70 Pemukim Bakar Rumah & Mobil di Desa Jit, Tembak Pemuda

Pemukim Israel mengamuk di kota Palestina dalam pogrom Tepi Barat terbaru. 

Pogrom adalah serangan penuh kekerasan besar-besaran yang terorganisasi atas sebuah kelompok tertentu yang dibarengi oleh penghancuran terhadap lingkungannya.

Lebih dari 70 pemukim bersenjata dan bertopeng menyerang desa Jit, menembak mati Rashid Sedda yang berusia 23 tahun.

Lebih dari 70 pemukim Yahudi bersenjata menyerbu kota Palestina Jit di Tepi Barat yang diduduki pada 16 Agustus, menembakkan peluru dan gas air mata ke penduduk dan membakar beberapa rumah, mobil, dan properti lainnya, CNN melaporkan .

Pemukim membunuh Rashid Sedda yang berusia 23 tahun selama pogrom tersebut.
Kementerian Kesehatan Otoritas Palestina mengonfirmasi bahwa warga Palestina berusia 23 tahun tersebut meninggal karena luka tembak di dada.

"Kami mengalami serangan, tetapi tidak sampai tingkat ini," kata kepala dewan desa Jit, Nasser Sedda, kepada CNN. "Kami belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya, dan tanpa peringatan sebelumnya. Mereka mengejutkan warga – wanita, anak-anak, dan orang tua ada di sana."

"Puluhan warga sipil Israel, beberapa dari mereka bertopeng, memasuki kota Jit dan membakar kendaraan dan bangunan di daerah tersebut, melemparkan batu dan bom molotov," kata militer Israel dalam sebuah pernyataan.

Haaretz melaporkan bahwa satu-satunya orang yang ditangkap setelah serangan pemukim di desa Jit diduga mengganggu polisi dan dibebaskan. Belum ada penangkapan yang dilakukan terhadap mereka yang terlibat dalam pogrom tersebut.

Rekaman video serangan terhadap Jit memperlihatkan kendaraan terbakar dan kobaran api di lantai dasar gedung berlantai dua.

Rekaman lain memperlihatkan tiga petugas medis melakukan CPR pada Rashid Sedda.

Warga kota terlihat berlarian ke arah kendaraan yang terbakar dan memadamkan api dengan alat pemadam kebakaran sementara seseorang berteriak, “Para pemukim menyerang kami dan membakar mobil-mobil.”

Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan pihaknya merawat tiga orang yang terluka akibat serangan pemukim di kota itu, termasuk seorang wanita tua yang terkena dampak menghirup gas dan dua pemuda yang terluka akibat batu.

Presiden Israel Isaac Herzog juga mengutuk serangan itu karena khawatir terhadap reputasi Israel dan para pemukim Yahudi yang tinggal secara ilegal di tanah Palestina yang diduduki, bukan terhadap warga Palestina yang menjadi sasarannya.

Herzog mengklaim pogrom tersebut merugikan “komunitas pemukim yang taat hukum dan pemukiman secara keseluruhan serta status Israel di dunia selama periode yang sangat sensitif dan sulit.”

Selama bertahun-tahun, pemukim Israel telah menyerang komunitas Palestina di wilayah yang diduduki untuk mengusir warga Palestina dari tanah mereka.

CNN mencatat bahwa dari 7 Oktober 2023 hingga 5 Agustus 2024, Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) telah mencatat setidaknya 1.143 serangan pemukim terhadap warga Palestina, termasuk setidaknya 114 serangan yang “menyebabkan kematian dan cedera warga Palestina.”

Permukiman Israel dibangun di tanah Palestina yang diduduki secara ilegal oleh Israel sejak Perang Enam Hari tahun 1967.

Pada bulan Juni, Mahkamah Internasional (ICJ) memutuskan pemukiman Israel di Tepi Barat adalah ilegal dan memerintahkan pembongkarannya.

Empat Rumah Dibakar

Pemukim Israel bertopeng bakar rumah dan mobil di desa Palestina di Tepi Barat

Para pemukim membakar sedikitnya empat rumah dan enam kendaraan di desa Palestina. Beberapa video insiden tersebut juga beredar di internet, di mana kebakaran besar terlihat terjadi di area tersebut.

Sementara perang Israel-Hamas terus meningkat, keadaan tidak stabil di Tepi Barat. Pada hari Kamis, laporan mulai bermunculan bahwa sekitar 50 pemukim Israel bertopeng telah menyerbu desa Palestina Jit dan menciptakan keributan besar di daerah tersebut.

Menurut The Times of Israel , para pemukim membakar sedikitnya empat rumah dan enam kendaraan di desa Palestina tersebut. Beberapa video insiden tersebut juga beredar daring, di mana kobaran api besar terlihat berkobar di area tersebut.

Setelah berita itu tersebar, Ketua Partai Buruh Israel Yair Golan mengecam insiden itu melalui X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. "Terorisme Yahudi Mesianik bertekad untuk membakar wilayah itu dan memaksakan kampanye regional yang sulit dan tidak perlu terhadap Israel," tulisnya dalam unggahannya. Penting untuk dicatat bahwa kekerasan pemukim di Tepi Barat mencapai titik tertinggi sepanjang masa setelah dimulainya perang di Gaza.


Bukan Pertama Kalinya Pemukim Israel Lakukan Serangan Brutal

Ini bukan pertama kalinya pemukim Israel menyusup ke wilayah Palestina dan membakar rumah mereka. Pada bulan April tahun ini, sedikitnya satu warga Palestina tewas dan 10 lainnya terluka dalam serangan oleh pemukim Israel di desa al-Mughayyir, Tepi Barat.

Beberapa rumah dan mobil dibakar di wilayah tersebut saat IDF berjuang untuk menguasai situasi saat itu. Insiden pada bulan April terjadi di tengah perburuan terhadap seorang anak laki-laki Israel berusia 14 tahun yang hilang dari pos terdepan ilegal di dekatnya.

Warga Palestina di wilayah tersebut juga menghadapi penganiayaan di tangan tentara Israel. Bulan lalu, seorang wanita dan anak Palestina tewas akibat tembakan tentara Israel selama serangan militer di kota Tulkarem, Tepi Barat.

Pasukan Israel menyerbu kamp pengungsi Nur Shams di Tulkarm saat mereka mengambil alih kendali atas bentrokan dengan warga Palestina bersenjata. “Pasukan Israel mengebom sebuah rumah di dekat rumah saya,” kata Kamal Ahmed Jaber, seorang warga, kepada Anadolu saat itu. “Kami mendengar suara tembakan. Rumah di sebelah kami meledak dan rumah-rumah di dekatnya rusak,” tambahnya.

SUMBER: THE CRADLE, FIRSTPOST

Tag:  #tingkah #barbar #pemukim #israel #lebih #dari #pemukim #bakar #rumah #mobil #desa #tembak #pemuda

KOMENTAR