Paetongtarn Shinawatra Sampakan Pidato Pertamanya setelah Terpilih jadi PM Thailand
Paetongtarn Shinawatra menyampaikan pidato pertamanya sebagai PM Thailand yang baru di gedung Voice Space, Bangkok, Jumat (16/8/2024) 
15:20
16 Agustus 2024

Paetongtarn Shinawatra Sampakan Pidato Pertamanya setelah Terpilih jadi PM Thailand

Dewan Perwakilan Rakyat Thailand pada Jumat (16/8/2024), telah memilih pemimpin Partai Pheu Thai, Paetongtarn Shinawatra, sebagai perdana menteri baru negara tersebut.

Putri dari mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra tersebut terpilih dengan raihan 319 suara atau mewakili hampir dua pertiga dari jumlah anggota dewan.

Sosok wanita yang berusia 37 tahun tersebut kini menjabat sebagai perdana menteri, dua hari setelah Srettha Thavisin diberhentikan dari jabatannya oleh Mahkamah Konstitusi

Karena pemecatan Srettha terjadi kurang dari satu tahun dari masa ia menjabat, maka seluruh kabinet yang ia tunjuk harus mengosongkan posisi mereka untuk disusun kembali oleh Paetongtarn Shinawatra.

Pemilihan sosok Paetongtarn ini telah diprediksi banyak pihak, mengingat koalisi pemerintahan yang terdiri dari 11 partai yang dipimpin oleh Pheu Thai sepakat untuk mendukung pencalonannya.

Hal ini disampaikan pada Kamis malam (15/8/2024) atau sehari sebelum pemungutan suara parlementer, setelah melalui negosiasi mendesak.

Paetongtarn akan menjadi perdana menteri termuda Thailand dan merupakan anggota ketiga dari keluarga besar Shinawatra yang menjabat sebagai perdana menteri.

Sebelum Paetongtarn, keluarga Shinawatra sempat menduduki jabatan birokrasi tertinggi di Thailand melalui Thaksin dan saudara putrinya Yingluck.

Setelah resmi menjadi PM Thailand yang baru, Paetongtarn pun menyampaikan pidato ke hadapan publik melalui konferensi pers.

Pidato pertama dari Paetongtarn Shinawatra ini disampaikan pada pukul 14.08 waktu setempat, di Gedung Voice Space yang berlokasi di Samsennai, Bangkok.

"Selamat siang, selamat kepada media dan seluruh masyarakat. Hari ini saya ingin mengucapkan terima kasih atas suara dukungan dari semua wakil rakyat," ucap Paetongtarn, dikutip Tribunnews dari Thairath.

"Saya dan tim kami berkomitmen untuk menjalankan tugas dengan sepenuh kemampuan, apapun tugas yang diberikan," buka Paetongtarn 

Paetongtarn juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Srettha Thavisin yang sebelumnya menjabat sebagai Perdana Menteri Thailand

"Sebagai Perdana menteri ke-31 Thailand, saya menyatakan kesiapan untuk menjalankan tugas dengan sepenuh kemampuan dan mengucapkan terima kasih kepada Srettha atas kerja kerasnya selama hampir satu tahun penuh."

"Saya berkomitmen untuk bekerja keras demi rakyat ke depannya."

"Kami bertekad untuk membangun Thailand bersama-sama, dan kami akan mendorong negara ini maju," pungkasnya

Profil Paetongtarn Shinawatra

Paetongtarn, yang berusia 37 tahun, menjadi perdana menteri termuda Thailand dan wanita kedua yang menjabat sebagai perdana menteri.

Ia adalah anak ketiga dari pernikahan Thaksin Shinawatra dan Khunying Potjaman Na Pombejra.

Paetongtarn melahirkan anak keduanya saat kampanye pemilihan umum pada Mei tahun lalu.

Meski menjadi perdana menteri Thailand yang baru, sosok yang memiliki julukan "Ung Ing" ini tidak hadir di hadapan Parlemen saat pemilihan.

Hal ini terjadi karena dirinya bukanlah anggota DPR Thailand.

Dilaporkan ia mengikuti perkembangan dari pemilihan tersebut melalui stasiun televisi Voice TV.

Kemenangannya sendiri sudah diprediksi banyak pihak, karena para pemimpin dari sembilan partai koalisi pemerintah yang digalang oleh Pheu Thai mengumumkan nominasi sosok Paetongtarn sehari sebelum pemilihan.

Para pemimpin partai menyatakan dukungan penuh mereka untuk Paetongtarn dan mengonfirmasi mereka tidak akan mengajukan kandidat lain untuk bersaing dengannya.

Pemilihan Paetongtarn sempat mengejutkan banyak pihak karena sebelumnya Thaksin pada Rabu, diduga akan mencalonkan Chaikasem Nitisiri, kandidat perdana menteri sebelumnya dari Pheu Thai.

Namun, pada Kamis, terjadi perubahan mendadak ketika pertemuan anggota DPR Pheu Thai di markas partai memutuskan untuk mencalonkan Paetongtarn sebagai gantinya.

Dia mengatakan dalam konferensi pers, dia mengajukan diri untuk pemilihan sebagai perdana menteri dan orang tuanya akan mendukungnya, terutama ayahnya yang juga seorang mantan perdana menteri

(Tribunnews.com/Bobby)

Editor: Pravitri Retno W

Tag:  #paetongtarn #shinawatra #sampakan #pidato #pertamanya #setelah #terpilih #jadi #thailand

KOMENTAR