Donald Trump Telepon Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Lakukan Pembahasan Ini
Donald Trump (BBC)
19:08
15 Agustus 2024

Donald Trump Telepon Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Lakukan Pembahasan Ini

Ketegangan di Timur Tengah saat ini tengah terjadi antara Iran vs Israel. Namun, baru-baru ini dikabarkan Mantan Presiden AS Donald Trump telah melakukan hubungan langsung (Telepon) dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Mengutip dari pemberitaan Sputnik, Donald Trump melakukan beberapa pembahasan dengan PM Israel Benjamin Netanyahu soal kesepakatan gencatan senjata di Gaza.

Calon Presiden AS Trump dikabarkan mendorong Israel untuk mencapai kesepakatan, namun tanpa memberikan rincian lebih lanjut mengenai pembicaraan tersebut.

Pekan lalu, Mesir, Qatar dan Amerika Serikat meminta Israel dan Hamas untuk melanjutkan pembicaraan mengenai syarat gencatan senjata pada 14-15 Agustus.

Baca Juga: Alasan Hamas Tolak Ikut Serta dalam Perundingan Gencatan Senjata Hari Ini

Pemimpin ketiga negara menyatakan siap mengajukan proposal akhir untuk mencapai kesepakatan.

Pada tanggal 7 Oktober 2023, Israel menjadi sasaran serangan roket yang belum pernah terjadi sebelumnya dari Jalur Gaza.

Selain itu, pejuang Hamas menyusup ke wilayah perbatasan, menembaki militer dan warga sipil serta menyandera. Pihak berwenang Israel mengatakan sekitar 1.200 orang tewas dalam serangan itu.

Pasukan Pertahanan Israel melancarkan Operasi Pedang Besi di Jalur Gaza dan mengumumkan blokade total terhadap daerah kantong tersebut.

Kementerian Kesehatan di wilayah kantong tersebut mengatakan bahwa jumlah korban tewas akibat serangan Israel di Jalur Gaza sejak 7 Oktober telah melebihi 39.900 orang.

Baca Juga: Survei Terbaru Pilpres AS: Kamala Harris Atau Donald Trump Yang Menang?

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #donald #trump #telepon #perdana #menteri #israel #benjamin #netanyahu #lakukan #pembahasan

KOMENTAR