Distrik di New York Larang Penggunaan Masker Wajah, Senator Sentil soal Sentimen Anti-Asia
Ilustrasi Masker Anti Polusi Terbaik untuk Menghindari Polusi Udara Jakarta. (Unsplash)
16:04
15 Agustus 2024

Distrik di New York Larang Penggunaan Masker Wajah, Senator Sentil soal Sentimen Anti-Asia

Anggota parlemen di Nassau County, New York, memberlakukan larangan penggunaan masker di depan umum yang pertama di negara itu pada hari Rabu (14/8).

Undang-Undang Transparansi Masker, yang ditandatangani menjadi undang-undang oleh Eksekutif Nassau County Bruce Blakeman, melarang orang memakai masker wajah. Hal ini sebagai antisipasi untuk tujuan menyembunyikan identitas seseorang di tempat umum, lapor WABC-TV di New York City. Mereka yang melanggar hukum dapat dikenakan denda sebesar $1.000, (Rp15,6 juta) hingga satu tahun penjara, atau keduanya.

Undang-undang tersebut diusulkan sebagai tanggapan terhadap “insiden antisemitisme, yang sering dilakukan oleh mereka yang bertopeng” setelah serangan mendadak Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, yang mendorong Israel untuk melancarkan serangan berkelanjutan terhadap warga Palestina di Gaza, ABC News melaporkan.

Larangan tersebut, yang akan segera berlaku di wilayah Long Island, ditujukan bagi mereka yang berniat melakukan kejahatan sambil menyembunyikan wajah mereka, dan polisi Nassau akan menentukan niatnya, kata Blakeman, menurut NBC News.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Sheet Mask Lokal Mengandung Beras, Tertarik Mencoba?

ilustrasi masker dua lapis. (Dok. Envato)ilustrasi masker dua lapis. (Dok. Envato)

“Kami tidak ingin memenjarakan orang-orang yang tidak bersalah,” kata Blakeman pada konferensi pers. “[Polisi] dapat mengendus seseorang yang berbohong dalam banyak situasi. Dan ini memberi mereka kemampuan untuk menghentikan mereka dan bertanya, ‘Apa yang kamu lakukan?’”

Namun larangan tersebut menuai kritik dari anggota parlemen dan kelompok hak asasi manusia, seperti New York Civil Liberties Union (NYCLU), yang khawatir bahwa undang-undang tersebut akan mengakibatkan penganiayaan terhadap orang-orang yang berusaha melindungi diri mereka sendiri dan orang lain dari lonjakan kasus COVID-19. dan mereka yang melihat larangan tersebut sebagai cara untuk menekan pengunjuk rasa yang ingin menyembunyikan identitas mereka.

Beth Haroules dari NYCLU mengatakan kepada NBC News bahwa undang-undang tersebut menargetkan pengunjuk rasa politik yang memiliki hak atas anonimitas mereka dan bahwa larangan tersebut akan mengakibatkan penegakan hukum yang selektif oleh polisi.

“Sebenarnya, larangan penggunaan masker tidak akan menghentikan kejahatan. Kenyataannya, hal ini hanya akan mendorong penyandang disabilitas semakin terpinggirkan, menargetkan pengunjuk rasa dengan pandangan kontroversial, dan memberikan alasan baru kepada polisi untuk secara tidak adil menghentikan orang-orang kulit hitam, coklat, dan Muslim yang sudah diawasi dan diawasi secara berbeda,” tulis NYCLU dalam sebuah pernyataan. .

Undang-undang ini memiliki beberapa pengecualian, yang menyatakan bahwa undang-undang tersebut tidak berlaku untuk “penutup wajah” yang dikenakan karena alasan medis atau agama. Namun ada pula yang berpendapat bahwa pengecualian tersebut terlalu kabur dan menimbulkan kekhawatiran mengenai siapa saja yang melanggar hukum jika memakai masker.

Baca Juga: Mulai Rp38 Ribu, 3 Sleeping Mask Ini Ampuh Bikin Wajah Glowing dan Plumpy!

“Saya tahu bahwa ada beberapa pengecualian yang tidak jelas untuk kondisi medis, tetapi saya tidak tahu apakah saya termasuk dalam pengecualian tersebut atau tidak, jadi saya pikir akan lebih baik jika tidak menerapkannya,” Lisa Dresner, seorang guru yang memakai masker. , kepada NBC News.

Ilustrasi masker (Unsplash)Ilustrasi masker (Unsplash)

Dalam sebuah postingan di situs media sosial X, mantan anggota parlemen negara bagian New York Yuh-Line Niou menggambarkan undang-undang tersebut sebagai “liar dan tidak bijaksana.”

“Saya tidak tahu apa yang dipikirkan orang-orang…tapi ini bukan tentang satu sama lain,” tulisnya tentang larangan tersebut.

Senator negara bagian New York Iwen Chu memposting pernyataan di X minggu lalu yang mengatakan bahwa larangan tersebut dapat mengakibatkan meningkatnya kebencian anti-Asia karena penggunaan masker adalah “praktik umum di banyak budaya Asia.”

“Saya prihatin dengan kemungkinan bias dan kejahatan rasial yang timbul dari undang-undang pelarangan masker yang baru ini,” tulisnya dalam pernyataan tersebut. “Perundang-undangan seperti ini dapat menimbulkan kebencian dan diskriminasi anti-Asia terhadap [mereka yang memakai masker] karena alasan kesehatan, budaya, dan agama.”

Larangan ini terjadi beberapa bulan setelah Gubernur New York Kathy Hochul mengatakan dia akan melarang penggunaan masker di kereta bawah tanah untuk mengatasi masalah orang yang menyembunyikan wajah mereka saat melakukan kejahatan rasial antisemit. North Carolina telah mengeluarkan undang-undang untuk membatasi penggunaan masker.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #distrik #york #larang #penggunaan #masker #wajah #senator #sentil #soal #sentimen #anti #asia

KOMENTAR