Detik-detik Mengerikan Wahana 'Karpet Ajaib' Terjun Bebas Tewaskan 1 Orang, Saksi: Ponsel Saya Terlempar!
Ilustrasi air terjun (Pixabay/nicolasjaegergaard)
16:48
14 Agustus 2024

Detik-detik Mengerikan Wahana 'Karpet Ajaib' Terjun Bebas Tewaskan 1 Orang, Saksi: Ponsel Saya Terlempar!

Tragedi terjadi di air terjun Detian di Tiongkok Selatan pada hari Sabtu ketika wahana 'Karpet Ajaib', objek wisata populer, mengalami malfungsi, yang mengakibatkan kematian seorang turis. Sebanyak 60 turis juga terluka akibat insiden tersebut.

Menurut Straits Times, wahana tersebut, ban berjalan yang mengangkut pengunjung ke atas bukit sambil menikmati pemandangan indah, tiba-tiba berbalik arah pada pukul 1:56 siang, menyebabkan penumpang jatuh terguling-guling menuruni bukit dan saling bertabrakan.

Layanan darurat bergegas ke tempat kejadian untuk merawat korban luka, dan banyak yang dibawa ke rumah sakit terdekat untuk perawatan medis lebih lanjut. Sementara itu, atraksi tersebut telah ditangguhkan dan area wisata tersebut telah ditutup setelah insiden tersebut. Pengunjung dengan pemesanan tiket online akan menerima pengembalian uang penuh melalui platform pembelian awal.

Ilustrasi korban meninggal. (Shutterstock)Ilustrasi korban meninggal. (Shutterstock)

Seorang saksi yang berada di wahana Karpet Ajaib membagikan pengalaman mengerikannya di media sosial. Dalam sebuah wawancara dengan Global Times, dia mengungkapkan bahwa ban berjalan tersebut bergerak ke atas ketika kecelakaan terjadi, dengan penumpang yang duduk hanya berjarak dua kaki.

Baca Juga: Sambaran Petir Dahsyat Tewaskan 6 Orang di China, Cuaca Ekstrem Masih Mengancam

Dia berkata, "Tiba-tiba berhenti dan mulai meluncur turun. Kerumunan di depan dan belakang bertabrakan karena inersia dan menumpuk bersama-sama. Panel pengaman di kedua sisi juga rusak saat itu."

Saksi lain menggambarkan bagaimana ponselnya terlempar dari tangannya saat wahana itu dengan cepat terjun bebas, meninggalkannya dengan banyak lecet di tubuhnya.

Setelah tragedi itu, pengelola objek wisata Air Terjun Detian mengeluarkan pernyataan yang menyatakan "belasungkawa terdalam" mereka kepada keluarga korban tewas dan meminta maaf kepada mereka yang terluka.

Insiden itu telah menimbulkan kekhawatiran tentang keselamatan objek wisata di Tiongkok dan penyelidikan telah diluncurkan untuk menentukan penyebab kerusakan tersebut.

Khususnya, Air Terjun Detian adalah air terjun transnasional besar di perbatasan antara Tiongkok dan Vietnam. Terkenal karena keindahan alamnya yang megah, keajaiban yang menakjubkan ini menarik pengunjung dari kedua negara.

Baca Juga: Sinopsis Are You The One, Drama China Terbaru Wang Churan dan Zhang Wan Yi

Pada Januari 2023, wahana itu mengalami kerusakan serupa, memicu kekhawatiran tentang keselamatannya. Kecelakaan itu mengakibatkan cedera pada beberapa orang di lokasi tanpa masalah serius. Wahana itu segera diperbaiki dan kembali beroperasi dalam waktu dua jam.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #detik #detik #mengerikan #wahana #karpet #ajaib #terjun #bebas #tewaskan #orang #saksi #ponsel #saya #terlempar

KOMENTAR