Joe Biden Puji Langkah Ukraina yang Mulai Caplok Wilayah Rusia: Putin Pasti Alami Dilema
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) berjabat tangan dengan Presiden AS Joe Biden (kanan) dalam pertemuan di Paris, Prancis pada 7 Juni 2024. Joe Biden memuji langkah Ukraina yang berhasil mencaplok wilayah Kursk milik Rusia dalam agresi militer yang mereka jalankan dalam beberapa hari terakhir 
16:10
14 Agustus 2024

Joe Biden Puji Langkah Ukraina yang Mulai Caplok Wilayah Rusia: Putin Pasti Alami Dilema

Langkah militer Ukraina yang kini balik menginvasi sejumlah wilayah di Rusia belakangan ini sepertinya membawa angin segar bagi Presiden Volodymyr Zelensky.

Hal ini dikonfirmasi dalam unggahan yang dibagikan melalui saluran Telegram resmi miliknya pada pada hari Senin (12/8/2024).

Bersama Komandan militer tertinggi Ukraina, Jenderal Oleksandr Syrskyi, Zelensky mengkonfirmasi bahwa kini mereka telah menguasai wilayah Kursk milik Rusia.

Di hadapan Presiden Zelensky, Syrskyi mengatakan bahwa pasukannya kini mengendalikan 1.000 kilometer persegi (100 ribu hektar) wilayah Kursk.

Pernyataan Syrskyi tersebut juga menjadi pernyataan resmi pertama dari seorang pejabat militer Ukraina terkait serangan kilat yang memalukan pihak Rusia tersebut.

Mendengar kabar Ukraina yang berhasil mencaplok wilayah Kursk milik Rusia tersebut,  Presiden Amerika Serikat, Joe Biden pun menyampaikan apresiasinya.

Sosok Presiden AS itu mengaku terus mengikuti perkembangan usaha Ukraina menginvasi balik selama delapan hari terakhir.

Melalui keberhasilan Ukraina menguasai Kursk, Biden menilai Rusia di bawah komando Vladimir Putin bakal menghadapi masalah pelik.

"Langkah dari Ukraina ini bakal menciptakan dilema nyata bagi Putin," kata Biden kepada wartawan selama kunjungannya ke New Orleans, AS pada Selasa (13/8/2024).

Dikutip Tribunnews dari BBC, Biden bahkan mengaku antusias untuk terus mengikuti perkembangan Ukraina untuk terus menggerus wilayah Rusia tersebut tiap harinya.

"Yang jelas kami akan kontak terus-menerus dengan Ukraina, Itu saja yang akan saya katakan tentang hal ini selama operasi masih berlangsung." pungkasnya.

Ukraina Kini Merangsek ke Belgorod

Tak puas hanya dengan menguasai Kursk, Ukraina kini berencana untuk melanjutkan invasinya di Rusia dengan target kota Belgorod sebagai sasaran selanjutnya.

Wilayah Belgorod sendiri berbatasan dengan kota Kursk yang baru saja dikuasai oleh pasukan Ukraina dari Rusia.

Hal ini dibenarkan oleh Gubernur wilayah Belgorod, Vyacheslav Gladkov yang mengumumkan keadaan darurat pada Rabu (14/8/2024).

Status darurat ini dibagikan sebagai respons terhadap situasi yang semakin memburuk di wilayah tersebut akibat pemboman yang dilakukan Ukraina di area perbatasan.

"Situasi di wilayah Belgorod masih sangat sulit dan menegangkan akibat penembakan dari Angkatan Bersenjata Ukraina," ungkap Gladkov melalui pengumuman di Telegram.

Gladkov mengungkapkan bahwa per tanggal 14 Agustus 2024 hari ini, keadaan darurat akan diterapkan di tingkat regional, dan akan diajukan permohonan kepada komisi pemerintah untuk menetapkan keadaan darurat secara federal.

Gladkov juga melaporkan bahwa dua daerah di Belgorod diserang oleh drone milik Angkatan Bersenjata Ukraina, meskipun tidak ada korban yang dilaporkan.

Dia juga mencatat bahwa sebuah apartemen di Kota Shebekino terbakar dan runtuh akibat beberapa serangan drone, dan jalur pasokan gas juga mengalami kerusakan.

(Tribunnews.com/Bobby)

Editor: Endra Kurniawan

Tag:  #biden #puji #langkah #ukraina #yang #mulai #caplok #wilayah #rusia #putin #pasti #alami #dilema

KOMENTAR