Benjamin Netanyahu Kecam Menteri Pertahanan Israel atas Komentarnya yang Dianggap ''Anti-Israel''
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (Kiri) dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant menghadiri konferensi pers di pangkalan militer Kirya di Tel Aviv pada 28 Oktober 2023 di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas. 
22:40
13 Agustus 2024

Benjamin Netanyahu Kecam Menteri Pertahanan Israel atas Komentarnya yang Dianggap ''Anti-Israel''

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menanggapi komentar Menteri Pertahanan Yoav Gallant yang mengkritik seruan Netanyahu untuk 'kemenangan mutlak'.

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan kembali seruan untuk “kemenangan mutlak” melawan Hamas menyusul pernyataan kritis mengenai strategi tersebut oleh Menteri Pertahanan Yoav Gallant, Times of Israel melaporkan pada 12 Agustus.

Menteri Pertahanan Gallant menyindir Perdana Menteri Netanyahu selama diskusi komite Knesset tentang tanggapan Israel terhadap pertempuran yang sedang berlangsung melawan Hizbullah di sepanjang perbatasan utara dengan Lebanon.

"Saya mendengar semua pahlawan menabuh genderang perang, 'kemenangan mutlak' dan omong kosong ini," katanya dalam pertemuan Komite Urusan Luar Negeri dan Pertahanan Knesset.

Gallant menyampaikan pernyataan tersebut setelah ditanya mengapa Israel belum memulai perang skala penuh melawan Hizbullah di Lebanon, seraya menambahkan,
“Kondisi perang di Lebanon saat ini tidak seperti kondisi pada awal perang [Oktober lalu].”

Tak lama kemudian, Kantor Perdana Menteri merilis pernyataan berjudul: “Gallant juga terikat oleh 'kemenangan mutlak'.”

“Ketika Gallant mengadopsi narasi anti-Israel, ia merusak peluang tercapainya kesepakatan penyanderaan,” kata pernyataan itu.

“Dia seharusnya menyerang [pemimpin Hamas Yahya Sinwar], yang menolak mengirim delegasi ke perundingan dan yang merupakan dan tetap menjadi satu-satunya hambatan terhadap kesepakatan penyanderaan.”

Netanyahu telah menyatakan bahwa Israel harus mencapai “kemenangan mutlak” dengan melenyapkan kemampuan militer dan pemerintahan Hamas serta memenangkan pembebasan 111 tawanan Israel yang tersisa yang ditahan oleh gerakan perlawanan Palestina sejak Operasi Banjir Al-Aqsa pada 7 Oktober.

“Ini adalah arahan yang jelas dari Perdana Menteri Netanyahu dan kabinet, dan ini mengikat semua orang – termasuk Gallant,” simpul pernyataan itu.

Sebaliknya, pejabat tinggi Israel, negosiator, dan keluarga warga Israel yang ditawan telah menyatakan bahwa Netanyahu berupaya menyabotase kesepakatan gencatan senjata dengan Hamas.

Para menteri dalam pemerintahan Netanyahu, termasuk Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir dan Menteri Keuangan Bezalel Smotrich, telah menyatakan bahwa mereka ingin melanjutkan perang. Mereka mengatakan bahwa mereka ingin menghancurkan Gaza, membersihkan jalur tersebut dari 2,3 juta penduduk asli Palestina, dan menempatkan orang-orang Yahudi Israel di tempat mereka.

Mantan Kolonel Angkatan Darat AS Douglas McGregor telah menyatakan bahwa tujuan Netanyahu adalah untuk “secara sistematis menghancurkan atau membunuh penduduk Gaza.”

SUMBER: THE CRADLE

Editor: Muhammad Barir

Tag:  #benjamin #netanyahu #kecam #menteri #pertahanan #israel #atas #komentarnya #yang #dianggap #anti #israel

KOMENTAR