Penggemar Sepak Bola Inggris Habiskan Rp192 Miliar untuk Bir Selama Final Euro
ilustrasi bersulang [shutterstock]
22:32
13 Agustus 2024

Penggemar Sepak Bola Inggris Habiskan Rp192 Miliar untuk Bir Selama Final Euro

Pada final Euro antara Inggris dan Spanyol, penggemar sepak bola di Inggris menghabiskan sekitar £10 juta (sekitar Rp192 miliar) untuk membeli bir pada Minggu (14/07) lalu. Menjadikannya jumlah pengeluaran terbesar dalam lebih dari tiga tahun terakhir, menurut penelitian dari Kantar Worldpanel.

Lonjakan pengeluaran ini, mencerminkan antusiasme tinggi terhadap turnamen sepak bola Euro dan sejalan dengan peningkatan konsumsi produk-produk terkait lainnya seperti kacang-kacangan dan keripik.

Secara keseluruhan, harga di toko makanan meningkat sebesar 1,8% dalam empat minggu hingga 4 Agustus, mengakhiri penurunan inflasi yang telah berlangsung selama 17 bulan berturut-turut. Penelitian tersebut juga mencatat bahwa vitamin, suplemen, minuman, dan cokelat menjadi beberapa barang dengan kenaikan harga paling cepat.

Selebrasi pemain Spanyol usai menjuarai Piala Euro 2024. (uefa.com)Selebrasi pemain Spanyol usai menjuarai Piala Euro 2024. (uefa.com)

Kepala bidang ritel dan wawasan konsumen Kantar, Fraser McKevitt, menyatakan bahwa meskipun inflasi bahan makanan sedikit meningkat, ini mencerminkan kembalinya tingkat inflasi ke rata-rata historis.

Baca Juga: Jumlah Korban Meninggal Dunia di Gaza Capai 40 Ribu Orang, Lima Negara Ini Dukung Israel dari Serangan Iran

"Setelah mencapai tingkat terendah dalam hampir tiga tahun pada bulan Juli, inflasi pada bulan Agustus kembali sedikit meningkat," kata McKevitt seperti dikutip dari Sky News.

"Meskipun hal ini terlihat jelas setelah 17 bulan berturut-turut terjadi penurunan suku bunga, hal ini sebenarnya menandai kembalinya ke tingkat rata-rata yang terlihat dalam lima tahun sebelum dimulainya krisis biaya hidup" lanjutnya.

Cuaca hangat dalam beberapa minggu terakhir juga mendorong peningkatan penjualan makanan panggang seperti burger, yang melonjak 32% dari tahun ke tahun, serta es krim yang penjualannya naik 23%.

"Dengan selisih harga seperti ini, pembeli akan mendapati bahwa jenis produk yang mereka masukkan ke keranjang belanja akan benar-benar menentukan berapa harga yang mereka bayar," jelasnya.

Namun, di tengah kekhawatiran akan gelombang COVID musim panas, penjualan permen pelega tenggorokan meningkat sebesar 28%. Kantar juga mencatat bahwa beberapa barang, seperti handuk dapur dan kacang panggang, justru mengalami penurunan harga masing-masing sebesar 7% dan 5%.

Baca Juga: Manchester City Terancam Degradasi ke Liga 2 Liga Inggris karena Skandal Besar Ini

"Mereka terus memanfaatkan berbagai promosi yang ditawarkan oleh para pedagang grosir untuk membantu menekan harga belanja. Pengeluaran untuk diskon meningkat sebesar 15%, sementara penjualan produk dengan harga biasa tidak mengalami peningkatan." kata McKevitt.

Total penjualan bahan makanan untuk dibawa pulang meningkat sebesar 3,8% selama periode empat minggu tersebut, dengan pembeli terus memanfaatkan promosi untuk menekan harga belanja mereka.

Editor: Bella

Tag:  #penggemar #sepak #bola #inggris #habiskan #rp192 #miliar #untuk #selama #final #euro

KOMENTAR