Cek Fakta: Sesak Napas Akut Bisa Sembuh dengan Pijat Kaki, Benarkah?
Cek Fakta: Sesak Napas Akut Bisa Sembuh dengan Pijat Kaki, Benarkah? (Turnbackhoax)
02:08
13 Agustus 2024

Cek Fakta: Sesak Napas Akut Bisa Sembuh dengan Pijat Kaki, Benarkah?

Beredar di media sosial Facebook sebuah unggahan yang menyatakan bahwa sesak napas akut dapat sembuh total hanya dengan memijat titik refleksi tertentu pada kaki.

Dalam unggahan tersebut dijelaskan cara memijat titik refleksi pada kaki bagian atas dan bawah, mengikuti pola huruf Y terbalik yang dimulai dari pangkal jari manis, dan dilakukan selama tiga menit pada kedua kaki.

“Sesak Nafas Akut Sembuh Total Hanya Menekan Titik Ini Secara Rutin” begitu narasi dalam unggahan tersebut.

Namun begitu, mengutip dari turnbackhoax, klaim dalam unggahan tersebut tidak benar dan menyesatkan. Menurut Dr. Eva Sri Diana, seorang spesialis pulmonologi, sesak napas dapat disebabkan oleh berbagai kondisi medis seperti gagal jantung, penyempitan saluran pernapasan (PPOK atau asma bronkial), TBC, pneumonia, anemia, obesitas, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cek Fakta: Elon Musk Bagikan Kekayaan di Situs Judi Online, Benarkah?

Karena penyebab sesak napas sangat beragam, pengobatannya juga harus disesuaikan dengan diagnosis yang tepat.

Dr. Eva menekankan bahwa gejala sesak napas tidak bisa dihilangkan hanya dengan pijat kaki tanpa mengatasi penyebab utamanya terlebih dahulu.

Pijatan pada titik refleksi kaki memang dapat memberikan stimulasi saraf, tetapi tidak memiliki efek menyembuhkan penyakit penyebab sesak napas.

Informasi serupa juga disampaikan oleh Siloam Hospital, yang menegaskan pentingnya mengidentifikasi penyebab sesak napas sebelum memberikan pengobatan.

Dengan demikian, klaim bahwa pijat kaki dapat menyembuhkan sesak napas tidak berdasar secara medis, dan masyarakat diimbau untuk tidak mempercayai informasi yang menyesatkan ini.

Baca Juga: Vaksin Kanker Payudara: Harapan Baru untuk Wanita atau Sekedar Janji?

Editor: Bella

Tag:  #fakta #sesak #napas #akut #bisa #sembuh #dengan #pijat #kaki #benarkah

KOMENTAR