Respons Houthi, Mesir, hingga Iran atas Pengeboman Israel ke Sekolah di Gaza Saat Subuh
Warga Palestina mengumpulkan jenazah korban pemboman Israel di Jalur Gaza. Setidaknya 100 warga Palestina tewas pada Sabtu (10/8/2024) subuh ketika militer Israel (IDF) mengebom sekolah Al-Taba'een di lingkungan Al-Daraj di timur Kota Gaza. 
20:40
10 Agustus 2024

Respons Houthi, Mesir, hingga Iran atas Pengeboman Israel ke Sekolah di Gaza Saat Subuh

 Pejabat dan gerakan dunia Arab serta publik internasional mengutuk serangan Israel yang menargetkan ruang salat Sekolah Al-Tabieen di lingkungan al-Daraj Kota Gaza saat fajar pada Sabtu (10/8/2024).

Serangan tersebut, yang melanda tempat penampungan pengungsi Palestina, mengakibatkan banyak korban jiwa dan luka-luka.

Berikut sejumlah respons dan pernyataan dari sejumlah gerakan dan pemerintah internasional atas pembantaian Israel tersebut:

PIJ Mengutuk ‘Kejahatan Perang Besar-besaran’ oleh Israel

Gerakan Perlawanan Jihad Islam Palestina PIJ) mengutuk keras serangan Israel terhadap sebuah sekolah yang menampung para pengungsi di Kota Gaza, yang mengakibatkan lebih dari 100 orang Palestina tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Gerakan ini menyebut pemboman tersebut sebagai “kejahatan perang yang terang-terangan.”

Dalam sebuah pernyataan pada Sabtu, faksi Kelompok Perlawanan Palestina itu mengatakan kalau “pengeboman oleh Israel yang kriminal terhadap jamaah di aula Sekolah Al-Tabieen di lingkungan al-Daraj di Gaza adalah kejahatan perang total,”.

PIJ menambahkan, “Alasan tentara musuh untuk Penghancuran sekolah sama dengan penghancuran rumah sakit sebelumnya, dan hal tersebut terbukti salah."

Gerakan ini juga menyatakan, kegagalan institusi dan pengadilan internasional untuk melabeli para pemimpin entitas Israel sebagai penjahat perang semakin menguatkan tindakan mereka untuk melawan agresi Israel .

Fatah Mengutuk Serangan Keji Israel ke Sekolah di Kota Gaza

Gerakan Pembebasan Nasional Palestina, Fatah, mengutuk serangan itu sebagai “pembantaian berdarah yang keji,” dan menekankan kalau aksi ini merupakan “puncak terorisme dan kriminalitas.”

Dalam sebuah pernyataan, mereka mengatakan, "Melakukan pembantaian ini menegaskan tanpa diragukan lagi upaya (Israel) untuk memusnahkan rakyat kami melalui kebijakan pembunuhan kumulatif dan pembantaian massal yang membuat hati nurani mereka bergetar."

Fatah kemudian mendesak komunitas internasional dan organisasi hak asasi manusia untuk "segera melakukan intervensi dan menghentikan perang pemusnahan sistematis terhadap rakyat kami."

Biro Politik Ansarallah Yaman: Israel Lakukan Pembantaian Brutal

Biro Politik gerakan Ansarallah (Houthi) Yaman juga mengutuk serangan Israel di Kota Gaza dini hari tadi.

“Musuh telah melakukan pembantaian brutal, dengan dukungan penuh AS, terhadap para pengungsi saat mereka sedang melaksanakan salat subuh di dalam sebuah sekolah di pusat Kota Gaza.”

Juru bicara Houthi, Mohammed Abdul-Salam mengutuk keras serangan tersebut dan mengecam dukungan Amerika Serikat terhadap Israel untuk melanjutkan kejahatan genosida di Gaza.

Dia menekankan bahwa negara-negara Arab dan Muslim harus bertanggung jawab atas warga Palestina di Gaza, dan menegaskan bahwa mereka yang mengabaikan tugas keagamaan dan kemanusiaan akan dipermalukan dan dipermalukan.

“Kegagalan dalam menjalankan tugas mendorong musuh Zionis untuk melanjutkan kejahatan genosida yang belum pernah terjadi sebelumnya,” tambah Abdul-Salam.


Mesir: Israel Tidak Punya Kemauan untuk Mengakhiri Perang

Kementerian Luar Negeri Mesir menyatakan setelah pembantaian yang dilakukan oleh pendudukan di Jalur Gaza pada dini hari hari ini, kalau "pembunuhan yang disengaja terhadap warga Palestina yang tidak berdaya adalah bukti nyata dari kurangnya kemauan politik di pihak Israel untuk mengakhiri perang di Gaza."

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Mesir mengutuk pemboman Israel terhadap Sekolah Al-Tabieen, dan juga mengecam "serangan Israel yang terus berlanjut terhadap warga sipil di Jalur Gaza, sebagai bentuk pengabaian yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap ketentuan hukum internasional dan hukum kemanusiaan internasional."

Pernyataan tersebut menyerukan “posisi internasional yang bersatu dan efektif yang memberikan perlindungan bagi rakyat Palestina di Jalur Gaza dan mengakhiri penargetan warga sipil yang tidak berdaya.”

Yordania: Pembantaian Merupakan Pelanggaran Hukum Internasional

Kementerian Luar Negeri dan Ekspatriat Yordania mengecam pemboman “Israel” terhadap sekolah tersebut dengan “istilah yang paling keras,” dan menyebutnya sebagai “pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional dan penargetan sistematis terhadap warga sipil dan tempat penampungan bagi para pengungsi.”

Juru bicara resmi Kementerian Luar Negeri, Duta Besar Sufian Qudah, menyatakan bahwa serangan tersebut—yang terjadi ketika mediator mencoba melanjutkan perundingan—menunjukkan upaya sengaja pemerintah Israel untuk menghalangi upaya gencatan senjata.

Dia menekankan kebutuhan mendesak bagi komunitas internasional, khususnya Dewan Keamanan, untuk memenuhi tanggung jawabnya dengan menghentikan agresi Israel di Gaza, mengakhiri pelanggaran hukum internasional yang sedang berlangsung, dan meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggung jawab.

Iran: IDF Tak Mau Perang Berhenti dan Berniat Menggagalkan Negosiasi

Ali Shamkhani, penasihat pemimpin Revolusi Islam di Iran untuk urusan politik, menyatakan bahwa satu-satunya tujuan entitas Israel dalam menargetkan jamaah di sekolah di Gaza dan membunuh Ismail Haniyeh di Teheran adalah untuk melanjutkan perang dan melemahkan negosiasi gencatan senjata.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanaani, mengutuk keras agresi Israel terhadap sekolah Al-Tabieen di Gaza dan menggambarkannya sebagai tindakan brutal.

Ia menambahkan, serangan brutal tersebut merupakan indikasi jelas kejahatan genosida, perang, dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan secara bersamaan.

“Satu-satunya cara efektif untuk menghadapi entitas pembunuh ini adalah melalui dukungan praktis bagi rakyat Palestina dan perjuangan perlawanan mereka,” tambah Kanaani.

Menlu Lebanon Mengutuk Pembantaian Israel

Kementerian Luar Negeri Lebanon mengecam keras tindakan pasukan pendudukan Israel yang menargetkan sekolah Al-Tabieen.

“Penargetan yang disengaja terhadap sejumlah besar warga sipil menjadi bukti nyata niat Israel untuk memperpanjang dan meningkatkan perang.”

(oln/almydn/*)

Tag:  #respons #houthi #mesir #hingga #iran #atas #pengeboman #israel #sekolah #gaza #saat #subuh

KOMENTAR