Israel Klaim Telah Lenyapkan Seorang Pejabat Senior Hamas di Jalur Gaza
Sejumla tentara Israel selama operasi militer di Qabatiya, dekat Jenin, di Tepi Barat (Dok. Reuters)
04:04
9 Agustus 2024

Israel Klaim Telah Lenyapkan Seorang Pejabat Senior Hamas di Jalur Gaza

Seorang pejabat senior Hamas berhasil dilenyapkan oleh Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di Jalur Gaza, usai terlibat serangan di wilayah Tepi Barat, Kamis (8/8/2024).

IDF melalui Telegram mengklaim bahwa pejabat senior Hamas yang berhasil dihabisi itu terlibat serangan Tepi Barat. Pernyataan itu disampaikan bersama dengan Badan Keamanan Israel (ISA).

Selama kegiatan gabungan IDF dan ISA, sebuah lokasi di mana teroris senior Hamas Nael Sakhl beroperasi diserang di Jalur Gaza.

Beberapa hari setelah serangan itu, informasi intelijen diterima, menunjukkan bahwa senior Hamas itu telah tewas.
"Dekade ini, Nael beroperasi di 'Markas Besar Tepi Barat' Hamas, sebuah organisasi yang bertanggung jawab mengarahkan kegiatan teror di Yudea dan Samaria [nama Israel untuk Tepi Barat],” katanya, dikutip dari Sputnik.

Baca Juga: Mengenal Pulau Kyushu Jepang Yang Diguncang Gempa 7,1 Magnitudo, Punya Luas Daratan Sebesar 36.782 Kilometer

IDF menambahkan bahwa Sakhl telah mendanai dan memasok senjata ke sel teroris yang mendorong serangan teror terhadap warga sipil Israel dan tentara IDF di Tepi Barat.

Pada tanggal 7 Oktober 2023, Israel menjadi sasaran serangan roket yang belum pernah terjadi sebelumnya dari Jalur Gaza.
Selain itu, pejuang Hamas menyusup ke wilayah perbatasan, menembaki militer dan warga sipil dan menyandera lebih dari 200 orang. Pihak berwenang Israel mengatakan sekitar 1.200 orang tewas dalam serangan itu.

Sebagai pembalasan, IDF melancarkan Operasi Pedang Besi di Jalur Gaza. Jumlah korban tewas akibat serangan Israel di Jalur Gaza sejak 7 Oktober telah melebihi 39.600 orang, menurut kementerian kesehatan wilayah tersebut.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #israel #klaim #telah #lenyapkan #seorang #pejabat #senior #hamas #jalur #gaza

KOMENTAR