Parlemen Uni Eropa Serukan Resolusi Gencatan Senjata Permanen di Gaza, Tapi Syaratnya Hamas Bubar
Bendera Uni Eropa. 
18:40
19 Januari 2024

Parlemen Uni Eropa Serukan Resolusi Gencatan Senjata Permanen di Gaza, Tapi Syaratnya Hamas Bubar

Parlemen Uni Eropa menyerukan Gencatan Senjata bersyarat di Gaza, tapi ini hanya simbolis dan tidak berbobot hukum.

Parlemen Uni Eropa menyerukan gencatan senjata bersyarat di Gaza. Pemungutan suara yang dilakukan Parlemen Eropa hanya bersifat simbolis dan tidak memiliki bobot hukum.

Parlemen Eropa mengeluarkan resolusi pada tanggal 18 Januari yang menyerukan gencatan senjata permanen bersyarat di Gaza dan dimulainya upaya politik untuk menemukan solusi atas perang Israel melawan berbagai faksi perlawanan Palestina.

Resolusi tersebut disetujui dengan 312 suara mendukung, 131 menentang, dan 72 abstain di ruang pleno Strasbourg. Pemungutan suara dilakukan setelah adanya kompromi untuk menenangkan anggota parlemen sayap kanan-tengah. Resolusi tersebut hanya bersifat simbolis dan tidak memiliki bobot hukum.

Partai Rakyat Eropa (EPP), partai kanan-tengah yang dimaksud, mengajukan dua syarat: pembebasan tawanan Israel dan demiliterisasi penuh di Jalur Gaza. EPP mengancam akan menarik dukungan terhadap teks tersebut jika tuntutan ini tidak dipenuhi.

“Perdamaian berkelanjutan tidak akan terwujud selama Hamas dan kelompok teroris lainnya membajak perjuangan Palestina dan mengancam keberadaan Israel, satu-satunya negara demokrasi di kawasan ini,” kata anggota parlemen EPP Antonio Lopez-Isturiz.

Kelompok politik sayap kiri EPP ingin Parlemen Uni Eropa menyerukan gencatan senjata tanpa syarat, namun ancaman dari sayap kanan-tengah untuk menghentikan resolusi tersebut memaksa syarat-syarat tersebut diberlakukan.

“Menurut saya ini adalah kegagalan moral Parlemen Eropa,” kata Wakil Kepala Misi Palestina Adel Atieh. “Dengan pemungutan suara ini, Eropa kehilangan kredibilitas.”

Namun Atieh mencatat aspek-aspek positif dari resolusi tersebut, seperti seruan untuk mengakhiri pendudukan Israel di wilayah Palestina dan mendukung kerja Mahkamah Internasional (ICJ), karena Israel saat ini menghadapi kasus hukum genosida. tindakan, atas tuduhan yang diajukan oleh Afrika Selatan.

Meskipun resolusi UE bersifat simbolis, beberapa orang memuji Parlemen Eropa dan mengatakan bahwa pemungutan suara tersebut masih mempunyai dampak.

“Kami telah melihat [...] beberapa pemimpin UE, pemimpin di dunia Arab, dan bahkan sekutu dekat Israel, seperti AS, menyerukan Israel untuk lebih menahan diri dalam tindakannya di Gaza,” Senior Fellow di the Lembaga pemikir AS German Marshall Fund, Bruno Lete, mengatakan kepada Euronews. "Saya pikir sebagian hal ini berhasil. Kita telah melihat Israel kini menarik sebagian dari Jalur Gaza."

Meskipun ada seruan dari berbagai badan politik untuk memperlambat atau menghentikan operasi militer di Gaza, Israel terus membombardir daerah kantong yang terkepung tersebut.

Hingga saat ini, setidaknya 24.620 warga Palestina telah terbunuh akibat serangan Israel sejak 7 Oktober, termasuk lebih dari 9.600 anak-anak dan 6.750 wanita, serta lebih dari 61.800 warga Palestina terluka.


Tapi Syaratnya Hamas Harus Bubar

Parlemen Uni Eropa mengadopsi resolusi yang menyerukan gencatan senjata permanen di Gaza namun Hamas harus pergi dari Gaza alias bubar. Sebuah syarat yang dirasakan oleh banyak orang sebagai  syarat yang sangat tidak adil

Anggota parlemen Eropa pada hari Kamis mengadopsi resolusi yang menyerukan gencatan senjata permanen dalam perang Israel melawan Hamas, dengan syarat kelompok militan Palestina di Gaza dibubarkan dan semua sandera yang ditahan dibebaskan.

Konflik ini telah memecah belah negara-negara Uni Eropa dan kelompok-kelompok politik di badan legislatif, dan mencapai konsensus mengenai kata-kata dalam resolusi tersebut bukanlah tugas yang mudah.

Teks aslinya menggarisbawahi perlunya gencatan senjata permanen. Kesepakatan ini diadopsi setelah amandemen yang diajukan oleh anggota parlemen konservatif disahkan, yang menegaskan bahwa Hamas perlu dibubarkan agar gencatan senjata dapat terwujud dan menyerukan pembebasan segera dan tanpa syarat semua sandera yang tersisa.

Resolusi tersebut, yang tidak mengikat dan sangat simbolis, diadopsi dengan 312 suara mendukung, 131 menentang, dan 72 abstain. Ini adalah pertama kalinya Parlemen menyerukan gencatan senjata setelah anggota parlemen pada bulan Oktober menyetujui seruan “jeda kemanusiaan.”

Amandemen tersebut menegaskan bahwa semua sandera “segera dan tanpa syarat dibebaskan dan (bahwa) organisasi Hamas dibubarkan.”

Militan Palestina masih melakukan perlawanan di Gaza dalam menghadapi salah satu kampanye militer paling mematikan dalam sejarah baru-baru ini. Lebih dari 24.400 warga Palestina telah terbunuh. Sekitar 85 persen dari 2,3 juta penduduk wilayah pesisir sempit ini telah meninggalkan rumah mereka, dan PBB mengatakan seperempat penduduknya kelaparan.

Israel berambisi untuk membubarkan Hamas untuk memastikan mereka tidak mengulangi serangan seperti yang terjadi pada 7 Oktober yang memicu perang. Militan menyerbu pertahanan perbatasan Israel. Hamas dimasukkan oleh Uni Eropa termasuk dalam daftar kelompok teroris UE.

Anggota parlemen Eropa juga menyatakan “keprihatinan mendalam mereka terhadap situasi kemanusiaan yang mengerikan dan memburuk dengan cepat di Jalur Gaza” dan meminta agar “solusi dua negara” yang hampir mati antara Israel dan Palestina dihidupkan kembali, dan untuk diakhirinya pendudukan Israel di wilayah Palestina. wilayah.

(Sumber: The Cradle, AP)

Tag:  #parlemen #eropa #serukan #resolusi #gencatan #senjata #permanen #gaza #tapi #syaratnya #hamas #bubar

KOMENTAR