PM Inggris Kutuk Peran Sayap Kanan di Kerusuhan Terbaru: Saya Jamin Anda Akan Menyesal
Perdana Menteri Inggris Keir Starmer dan King Charles III (Instagram/keirstarmer)
15:12
6 Agustus 2024

PM Inggris Kutuk Peran Sayap Kanan di Kerusuhan Terbaru: Saya Jamin Anda Akan Menyesal

Perdana Menteri Inggris Keir Starmer memperingatkan pengunjuk rasa sayap kanan pada hari Minggu bahwa mereka akan “menyesal” karena ikut serta dalam kerusuhan terburuk di Inggris dalam 13 tahun terakhir, ketika kerusuhan terkait dengan pembunuhan tiga anak awal pekan ini berkobar di seluruh negeri.

Demonstran anti-imigrasi bertopeng memecahkan beberapa jendela di sebuah hotel yang digunakan untuk menampung pencari suaka di Rotherham, South Yorkshire.

Kerusuhan terkait dengan informasi yang salah tentang penikaman massal Senin lalu di kota Southport di barat laut Inggris telah melanda banyak kota, dan demonstran anti-imigrasi bentrok dengan polisi.

Kekerasan ini merupakan tantangan besar bagi Starmer, yang terpilih sebulan lalu setelah memimpin Partai Buruh menang telak atas Partai Konservatif.

Baca Juga: Bahasa Inggris Aaliyah Massaid Dipuji saat Bicara dengan Thariq di Italia, Ternyata Begini Riwayat Pendidikannya

Kerusuhan di Inggris (Foto/Dok.Sky News)Kerusuhan di Inggris (Foto/Dok.Sky News)

"Saya jamin Anda akan menyesal mengambil bagian dalam kekacauan ini. Baik secara langsung atau mereka yang melakukan aksi ini secara online, dan kemudian melarikan diri," kata Starmer dalam pidatonya di TV.

“Tidak ada pembenaran” atas apa yang disebutnya sebagai “premanisme sayap kanan”, tambahnya, dan berjanji untuk membawa para pelakunya “ke pengadilan”.

Rekaman yang ditayangkan di BBC menunjukkan para perusuh memaksa masuk ke Holiday Inn Express di Rotherham. Mereka juga mendorong tempat sampah yang terbakar ke dalam gedung. Tidak jelas apakah pencari suaka ada di dalam.

Sepuluh petugas terluka di sana, namun polisi setempat mengatakan tidak ada staf hotel atau kliennya yang terluka.

Di kota Middlesbrough di timur laut Inggris, ratusan pengunjuk rasa berhadapan dengan polisi antihuru-hara yang membawa perisai. Ada pula yang melemparkan batu bata, kaleng, dan periuk ke arah petugas.

Baca Juga: Beberapa Polisi Terluka dan Ratusan Orang Ditahan dalam Kerusuhan Anti Imigran di Inggris

Para pengunjuk rasa di sana menyita kamera dari kru AFP dan merusaknya. Para jurnalis tidak terluka.

Kerusuhan baru terjadi setelah polisi mengatakan lebih dari 150 orang telah ditangkap sejak Sabtu menyusul bentrokan di demonstrasi sayap kanan di Liverpool, Manchester, Bristol, Blackpool dan Hull, serta Belfast di Irlandia Utara.

Para perusuh melemparkan batu bata, botol dan suar ke arah polisi – melukai beberapa petugas – dan menjarah serta membakar toko-toko, sementara para demonstran meneriakkan hinaan anti-Islam saat mereka bentrok dengan pengunjuk rasa tandingan.

Kekerasan tersebut adalah yang terburuk yang pernah terjadi di Inggris sejak musim panas 2011, ketika kerusuhan meluas menyusul pembunuhan polisi terhadap seorang pria ras campuran di London utara.

Para pemimpin agama Kristen, Muslim dan Yahudi di Liverpool mengeluarkan seruan bersama untuk ketenangan.

Aksi demonstrasi usai insiden penusukan massal di Inggris (Foto/Dok:PA)Aksi demonstrasi usai insiden penusukan massal di Inggris (Foto/Dok:PA)

“Kami sekarang melihat (masalah) banjir terjadi di kota-kota besar dan kecil,” kata Tiffany Lynch dari Federasi Polisi Inggris dan Wales.

Minggu malam, polisi Staffordshire mengatakan hotel lain yang diketahui menampung para pencari suaka menjadi sasaran di dekat Birmingham.

“Sekelompok besar orang” telah “melemparkan proyektil, memecahkan jendela, menyalakan api dan menargetkan polisi” di hotel di kota Tamworth, dan seorang petugas terluka, kata pernyataan itu.

Kerusuhan pertama kali berkobar di Southport pada Selasa malam setelah serangan pisau yang heboh pada Senin di pesta dansa bertema Taylor Swift di kota pesisir barat laut tersebut, sebelum menyebar ke seluruh Inggris.

Hal ini dipicu oleh rumor palsu di media sosial tentang latar belakang tersangka berusia 17 tahun kelahiran Inggris, Axel Rudakubana, yang dituduh membunuh seorang anak berusia enam, tujuh, dan sembilan tahun, dan melukai 10 orang lainnya.

Polisi menyalahkan kekerasan yang terjadi pada para pendukung dan organisasi terkait Liga Pertahanan Inggris, sebuah organisasi anti-Islam yang didirikan 15 tahun lalu yang pendukungnya dikaitkan dengan hooliganisme sepak bola.

Para penghasut telah menargetkan setidaknya dua masjid, dan Kementerian Dalam Negeri Inggris mengumumkan pada hari Minggu bahwa mereka menawarkan keamanan darurat baru ke tempat-tempat ibadah Islam.

Demonstrasi tersebut telah diiklankan di saluran media sosial sayap kanan dengan spanduk "Cukup sudah".

Para peserta mengibarkan bendera Inggris dan Inggris sambil meneriakkan slogan-slogan seperti "Hentikan perahu" -- mengacu pada migran gelap yang melintasi Selat Inggris dari Perancis.

Demonstran anti-fasis telah mengadakan demonstrasi tandingan di banyak kota, termasuk Leeds di mana mereka berteriak, "Nazi sampah dari jalanan kami", sementara pengunjuk rasa sayap kanan meneriakkan, "Kamu bukan orang Inggris lagi".

Tidak semua pertemuan berubah menjadi kekerasan. Aksi damai di Aldershot, Inggris selatan, pada Minggu memperlihatkan para peserta memegang plakat bertuliskan "Hentikan invasi" dan "Kami tidak jauh dari kanan, kami tepat".

“Orang-orang muak dengan diberitahu bahwa Anda harus malu jika Anda berkulit putih dan kelas pekerja, tapi saya bangga kelas pekerja berkulit putih,” Karina, 41 tahun, yang tidak menyebutkan nama belakangnya, mengatakan kepada AFP di Nottingham pada hari Sabtu. .

Pada pemilu bulan lalu, partai Reformasi Inggris yang dipimpin oleh pemimpin Brexit Nigel Farage memperoleh 14 persen suara – salah satu perolehan suara terbesar bagi partai sayap kanan Inggris.

Carla Denyer, salah satu pemimpin partai sayap kiri Hijau, mengatakan kerusuhan tersebut harus menjadi “seruan untuk menyadarkan semua politisi yang secara aktif mempromosikan atau menyerah” pada retorika anti-imigrasi.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #inggris #kutuk #peran #sayap #kanan #kerusuhan #terbaru #saya #jamin #anda #akan #menyesal

KOMENTAR