Negara Asia Tenggara Ini Jadi yang Pertama Peringatkan Warganya Tak Berkunjung ke Inggris usai Kerusuhan
Ilustrasi Kota London (pixabay)
15:32
5 Agustus 2024

Negara Asia Tenggara Ini Jadi yang Pertama Peringatkan Warganya Tak Berkunjung ke Inggris usai Kerusuhan

Malaysia menjadi negara pertama yang memberikan peringatan bagi warganya untuk tidak mengunjungi Inggris ketika kerusuhan terus berlanjut di seluruh negeri.

Pemberitahuan tersebut dikeluarkan melalui Kementerian Luar Negeri Malaysia, yang mengatakan pihaknya "memantau dengan cermat serangkaian protes yang saat ini terjadi di beberapa wilayah di Inggris, menyusul insiden penikaman di Sourthport pada 29 Juli".

Warga Malaysia didesak untuk mendaftarkan kehadiran mereka ke Komisi Tinggi negara tersebut di London.

Kementerian tersebut mengatakan: "Warga Malaysia yang tinggal atau bepergian ke Inggris didesak untuk menjauh dari area protes, tetap waspada dan mengikuti perkembangan terkini dan panduan yang diberikan oleh otoritas setempat."

Baca Juga: Demo Tuntut PM Bangladesh Mundur Berlangsung Ricuh, 73 Orang Tewas

ilustasi negara Inggris

Tiga gadis muda ditikam dan dibunuh saat menghadiri acara dansa di Southport, dan delapan anak lainnya terluka parah. Dua orang dewasa juga berada dalam kondisi kritis.

Desas-desus palsu menyebar secara online setelah serangan tersebut mengenai latar belakang, etnis, dan agama tersangka.

Hari ini, terjadi kerusuhan di Middlesbrough dan Rotherham. Ratusan pengunjuk rasa sayap kanan berbaris di depan perisai polisi di Cenotaph Middlesbrough, melemparkan kaleng batu bata dan pot ke arah petugas. Salah satu dari mereka berteriak: "Ini negara kami."

Satu kelompok di Middlesbrough berjalan melewati kawasan pemukiman sambil memecahkan jendela rumah dan mobil. Penggunaan penghinaan rasial juga telah terdengar.

Kelompok sayap kanan telah membakar Holiday Inn di Rotherham yang menampung para migran. Perdana Menteri Sir Keir Starmer menyebut kerusuhan minggu ini sebagai "premanisme sayap kanan".

Baca Juga: Menang Sprint Race MotoGP Inggris 2024, Enea Bastianini Tepati Janji

Menyusul kekerasan yang terjadi di sejumlah kota besar di Inggris, Pemerintah mengatakan bahwa preman yang melakukan kejahatan di jalanan akan “membayar akibatnya”. Menteri Dalam Negeri Yvette Cooper mengatakan “kekerasan dan kekacauan kriminal tidak memiliki tempat di jalan-jalan Inggris”.

Starmer mengatakan polisi mendapat “dukungan penuh” untuk mengambil tindakan terhadap “ekstremis” yang mencoba “menabur kebencian” dengan mengintimidasi masyarakat saat ia mengadakan pembicaraan darurat dengan para menteri mengenai kerusuhan di beberapa bagian Inggris.

Petugas polisi telah diserang dan dilukai dan sejumlah penangkapan telah dilakukan, dan masih banyak lagi yang dijanjikan. Menteri Kehakiman Shabana Mahmood mengatakan kepada para menteri “seluruh sistem peradilan siap memberikan hukuman secepat mungkin”, kata juru bicara Downing Street, yang dapat menyebabkan pengadilan bersidang selama 24 jam sehari seperti yang mereka lakukan pada kerusuhan tahun 2011, menurut sebuah laporan .

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #negara #asia #tenggara #jadi #yang #pertama #peringatkan #warganya #berkunjung #inggris #usai #kerusuhan

KOMENTAR