Kehilangan Status Sebagai Pastur, Mantan Petinggi Gereja Gugat Aplikasi Kencan
Ilustrasi pengguna aplikasi kencan online. [Shutterstock]
05:56
31 Juli 2024

Kehilangan Status Sebagai Pastur, Mantan Petinggi Gereja Gugat Aplikasi Kencan

Seorang pastur di Wisconsin yang kehilangan pekerjaannya setelah diketahui menggunakan Grindr. Ia menggugat aplikasi kencan sesama jenis tersebut dengan tuduhan bahwa datanya dijual tanpa sepengetahuan atau persetujuannya.

Monsignor Jeffrey Burrill, yang menjabat sebagai administrator tertinggi Konferensi Uskup Katolik AS (USCCB) hingga pengunduran dirinya pada tahun 2021, mengklaim bahwa Grindr gagal memberi tahu dia bahwa datanya dijual ke vendor, sehingga memungkinkan orang di luar aplikasi untuk mengetahui kehadirannya di sana.

Gugatan Burrill, yang diperoleh Washington Post, menyatakan bahwa pelepasan datanya menyebabkan "kerusakan signifikan" terhadap reputasinya, terutama mengingat sumpahnya untuk membujang sebagai imam dan sikap Gereja Katolik yang menentang tindakan homoseksual.

Ilustrasi aplikasi kencan online (Shutterstock).Ilustrasi aplikasi kencan online (Shutterstock).

Burrill terpaksa mengundurkan diri dari jabatannya setelah situs berita Kristen "The Pillar" menerbitkan sebuah cerita yang mengekspos kunjungannya ke bar gay dan penggunaan aplikasi kencan, melaporkan bahwa aplikasi tersebut telah melacak dan memverifikasi perilakunya menggunakan data online.

Baca Juga: Miris! Pacar Jual Kekasihnya yang Masih di Bawah Umur Lewat Aplikasi Kencan Demi Nafkah

Dalam gugatannya, Burrill menuduh The Pillar memperoleh data dari Catholic Laity and Clergy for Renewal (CLCR), sebuah organisasi nirlaba Kristen yang membeli data dari aplikasi kencan queer untuk mengidentifikasi para pemimpin Gereja yang menggunakannya untuk melanggar sumpah mereka, yang menyiratkan bahwa Grindr telah menjual datanya kepada organisasi.

“Kami menginginkan jawaban sehingga kami dapat menggunakannya sebagai peringatan bagi pengguna Grindr lainnya,” kata Gregory Helmer, pengacara Burrill.

Imam tersebut mengatakan dia tidak akan pernah bergabung dengan aplikasi tersebut jika dia tahu datanya akan tersedia untuk umum, menurut gugatan tersebut.

“Memaksa keputusan tersebut keluar dari tangan Anda dan dipublikasikan adalah hal yang tercela,” James Carr, pengacara lain yang mewakili Burrill, mengatakan kepada Washington Post.

Burrill, yang masih "berdiri" setelah "rasa malu dan malu" karena tamasya tersebut, menurut pengacaranya Helmer, meminta ganti rugi sebesar $5 juta dari Grindr pada bulan Juni.

Baca Juga: PDN Diretas, Kiamat Internet Indonesia? White Hacker: Sekelas Start Up Gak Pakai Windows Defender

Setelah Grindr menolak permintaannya, Burrill mengajukan gugatan pada 18 Juli, meminta ganti rugi dan penerapan kebijakan untuk mencegah data pengguna tersedia untuk umum tanpa sepengetahuan pengguna.

Grindr mengatakan kepada Washington Post bahwa pihaknya akan "menanggapi dengan tegas tuduhan-tuduhan ini, yang didasarkan pada kesalahan karakterisasi praktik yang berkaitan dengan data pengguna," dan sebelumnya membantah membuat data pengguna tersedia untuk umum.

CLCR mengaku pernah mendapatkan data dari Grindr di masa lalu untuk mengungkap anggota pendeta namun mengaku tidak memberikan data apapun kepada The Pillar.

Penggulingan Burrill memicu kecaman luas, dan banyak yang mengecam penggunaan data oleh The Pillar sebagai tindakan homofobik yang berbahaya.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #kehilangan #status #sebagai #pastur #mantan #petinggi #gereja #gugat #aplikasi #kencan

KOMENTAR