Diguyur Hujan, Lady Gaga dan Celine Dion Meriahkan Pembukaan Olimpiade Paris di Atas Sungai Seine
Acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 (Instagram/olympics)
14:08
27 Juli 2024

Diguyur Hujan, Lady Gaga dan Celine Dion Meriahkan Pembukaan Olimpiade Paris di Atas Sungai Seine

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengumumkan Olimpiade dibuka pada hari Jumat setelah upacara basah kuyup di mana para atlet bersorak oleh penonton di sepanjang Sungai Seine, para penari turun ke atap kota Paris dan Lady Gaga menyanyikan lagu kabaret Prancis.

Peraih medali emas Olimpiade tiga kali dari Prancis Marie-Jose Perec dan Teddy Riner kemudian menyalakan kuali Olimpiade, yang digantung di balon udara, sebelum Celine Dion dari Kanada menyanyikan "Hymn to Love" karya Edith Piaf, dalam penampilan publik pertamanya setelah bertahun-tahun, menggambar sorakan besar dari penonton.

Balon setinggi 30 meter (98 kaki) yang membawa cincin api berdiameter 7 meter terbang ke udara dan melayang puluhan meter di atas tanah. Ini akan mengudara mulai matahari terbenam hingga jam 2 pagi waktu setempat setiap hari, kata penyelenggara.

“Kami sangat bangga dengan pertunjukan ini, saya sangat bangga olahraga dan budaya dirayakan dengan cara yang luar biasa malam ini, ini adalah yang pertama dan hasilnya luar biasa meski diguyur hujan,” kata presiden penyelenggara Paris 2024 Tony Estanguet kepada wartawan.

Baca Juga: Pertemuan Perdana, Jonatan Christie akan Hadapi Wakil Belgia di Olimpiade Paris 2024

Cuplikan video yang dirilis oleh Olympic Broadcasting Services memperlihatkan Penyanyi Kanada Celine Dion tampil di Menara Eiffel selama upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024, di Paris, pada 26 Juli 2024. POOL / Olympic Broadcasting Services / AFPCuplikan video yang dirilis oleh Olympic Broadcasting Services memperlihatkan Penyanyi Kanada Celine Dion tampil di Menara Eiffel selama upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024, di Paris, pada 26 Juli 2024. POOL / Olympic Broadcasting Services / AFP

Armada kapal tongkang membawa para peserta melintasi sungai sepanjang 6 km di samping beberapa landmark paling terkenal di ibu kota Prancis, sementara para pemain menciptakan kembali beberapa cabang olahraga yang akan dipamerkan dalam Olimpiade di atas platform terapung.

Ini adalah pertama kalinya upacara pembukaan diadakan di luar stadion, sehingga menambah kerumitan operasi keamanan besar-besaran, hanya beberapa jam setelah serangan sabotase terhadap jaringan kereta api TGV berkecepatan tinggi yang menyebabkan kekacauan perjalanan di seluruh Prancis.

"Saya mengajak semua orang: bermimpilah bersama kami. Seperti para atlet Olimpiade, terinspirasi oleh kegembiraan yang hanya bisa diberikan oleh olahraga. Mari kita rayakan semangat Olimpiade untuk hidup dalam damai," kata Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach saat upacara tiba. berakhir di kaki Menara Eiffel.
Lebih dari 10.500 atlet akan berkompetisi di Olimpiade, 100 tahun sejak Paris terakhir kali menyelenggarakan Olimpiade tersebut. Kompetisi dimulai pada hari Rabu dan medali emas pertama dari 329 medali akan diberikan pada hari Sabtu.

Ketika pertunjukan dimulai empat jam sebelumnya, kepulan asap raksasa berwarna biru, putih dan merah, menyerupai bendera Perancis, dikirim tinggi di atas jembatan di atas Sungai Seine sebagai bagian dari pertunjukan yang mencakup banyak penggambaran Perancis yang mirip kartu pos, termasuk a barisan cancan besar yang dibawakan oleh penari Moulin Rouge di tepi sungai.

Citra negara yang lebih modern terlihat ketika bintang pop Prancis-Mali Aya Nakamura, penyanyi wanita Prancis yang paling banyak didengarkan di dunia, menyanyikan beberapa lagu hits terbesarnya, diiringi paduan suara tentara Garda Republik Prancis.

Baca Juga: Laga Perdana Olimpiade 2024, Apriyani/Fadia Bersiap Hadapi Wakil Jepang

Penampilan Nakamura mengundang sorak-sorai terbesar dalam upacara tersebut. Rumor mengenai masuknya dia telah memicu perselisihan mengenai identitas Perancis, dengan para pendukung mengatakan dia mewakili semangat Perancis modern sementara para pengkritiknya mengatakan musiknya lebih dipengaruhi oleh pengaruh asing daripada Perancis.

Meskipun perayaan budaya, fesyen, dan sejarah Prancis disambut hangat oleh 300.000 penonton yang berjejer di sepanjang sungai, ratusan orang terlihat pulang lebih awal saat hujan turun.

Logo Olimpiade Paris 2024. [NBCBAYAREA]Logo Olimpiade Paris 2024. [NBCBAYAREA]

“Itu bagus selain hujan, menyenangkan, berbeda, dibandingkan berada di dalam stadion dan berada di tepi sungai, jadi itu selalu merupakan hal yang baik – menarik, unik,” kata Avid Pureval, 34, yang datang ke stadion. Permainan dari Ohio.

"Setelah kamu basah, tidak apa-apa," katanya. Namun, dia tetap menuju kembali ke hotelnya setelah kapal Prancis itu lewat, jauh sebelum upacara berakhir.

“Akan lebih baik jika ada sinar matahari,” kata Josephine, dari Paris, duduk di samping putrinya yang berusia 9 tahun dan membayar 1.600 euro ($1.736) untuk tempat duduknya.

Dengan banyaknya pemimpin dunia dan tamu VIP yang hadir, upacara tersebut dilindungi oleh penembak jitu di atap rumah. Dasar sungai Seine tersapu bom, dan wilayah udara Paris ditutup.

Sekitar 45.000 polisi dan ribuan tentara dikerahkan dalam operasi keamanan besar-besaran di Paris untuk upacara tersebut. Polisi bersenjata berpatroli di sepanjang sungai dengan perahu karet saat armada melintasi Sungai Seine.

Campuran bintang Prancis dan internasional, termasuk legenda sepak bola Zinedine Zidane, juara Prancis Terbuka 14 kali Rafa Nadal, juara Grand Slam 23 kali Serena Williams dan tiga atlet paralimpiade termasuk di antara pembawa obor terakhir sebelum kuali dinyalakan.

Ini akan menyala hingga upacara penutupan pada 11 Agustus.

Pada awal parade, tepuk tangan meriah untuk perahu Yunani – delegasi pertama, menurut tradisi – dan ada sorakan yang lebih besar lagi untuk perahu berikutnya, yang membawa tim pengungsi. Delegasi Perancis, AS, dan Ukraina juga mendapat sorak sorai.

Dua atlet paling berprestasi dalam sejarah Olimpiade, Michael Phelps dan Martin Fourcade, meluncurkan medali emas, perak, dan perunggu.
Pada satu titik, ada siaran langsung ke upacara penyambutan pagi hari di tempat selancar, yang berjarak 16.000 km di pulau Tahiti di Pasifik.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #diguyur #hujan #lady #gaga #celine #dion #meriahkan #pembukaan #olimpiade #paris #atas #sungai #seine

KOMENTAR