Nikmati Pekerjaan dan Jabatan tapi Lebih Cinta Negara, Ini Alasan Joe Biden Hengkang dari Bursa Pilpres 2024
Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyampaikan pidato di Gedung Putih. [Dok.Antara]
18:20
26 Juli 2024

Nikmati Pekerjaan dan Jabatan tapi Lebih Cinta Negara, Ini Alasan Joe Biden Hengkang dari Bursa Pilpres 2024

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden belum lama ini mengumumkan pengunduran dirinya dari pencalonan dalam pemilihan presiden 2024. Dalam sebuah pernyataan resmi, Biden menyebutkan alasan kesehatan dan keinginannya untuk lebih fokus pada keluarganya sebagai faktor utama di balik keputusan tersebut.

Disamping itu, Biden yang telah menjalani karir politik panjang dan menjadi presiden sejak 2021, menyebut bahwa sudah saatnya estafet kepemimpinan diserahkan pada sosok-sosok yang lebih muda, ia ingin memberik kesempatan pada generasi muda.

Pengunduran dirinya ini membawa dampak signifikan pada dinamika politik menjelang pemilu 2024, membuka peluang bagi calon-calon lain untuk maju berlaga di kontestasi politik tersebut.

Kamala Harris dan Joe Biden (Instagram/kamalaharris)Kamala Harris dan Joe Biden (Instagram/kamalaharris)

Pengunduran diri Biden memicu pencarian calon pengganti dari internal Partai Demokrat, meski nama Kamala Harris, yang merupakan wapres saat ini langsung mencuat sebagai calon kuat. Di sisi lain, bagi Partai Republik hal ini memberi kesempatan untuk mengatur strategi menghadapi calon dari Partai Demokrat yang baru.

Baca Juga: Survei Terbaru Pilpres AS: Kamala Harris Unggul Tipis dari Donald Trump

Dari sisi masyarakat AS, mayoritas menyambut dengan berbagai reaksi, dari dukungan hingga kekhawatiran tentang masa depan kepemimpinan negara.

Dengan keputusan ini, Joe Biden berharap dapat mengakhiri karir politiknya dengan catatan yang positif, sementara fokus utama tetap pada kemajuan dan kesejahteraan Amerika Serikat.

Dikutip dari Reuters, dalam sebuah pidatonya, Biden menyebut presiden sebelumnya Thomas Jefferson, George Washington, dan Abraham Lincoln ketika dia menggambarkan kecintaannya pada jabatan yang akan dia tinggalkan dalam enam bulan, yang akan menyudahi setengah abad jabatan publiknya.

Biden mengaku sangat mencintai pekerjaan dan jabatan yang ia emban saat ini, namun kecintaannya pada negara lebih tinggi dari ini semua sehingga ia membuat keputusan besar ini.

Baca Juga: Kamala Harris Maju Jadi Capres AS Setelah Joe Biden Mundur, Respon Vladimir Putin Mengejutkan

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #nikmati #pekerjaan #jabatan #tapi #lebih #cinta #negara #alasan #biden #hengkang #dari #bursa #pilpres #2024

KOMENTAR