Hasilkan 60.000 Buah, Pohon Jambu Mete Ini Berukuran 70 Kali Lipat dari Ukuran Normal
Ilustrasi jambu mete (Pexels/olovedog)
16:48
25 Juli 2024

Hasilkan 60.000 Buah, Pohon Jambu Mete Ini Berukuran 70 Kali Lipat dari Ukuran Normal

Pohon Jambu Pirangi di Rio Grande do Norte, Brasil, dianggap sebagai pohon jambu mete terbesar di dunia. Kelilingnya sekitar 500 meter dan meliputi area seluas 8.400 meter persegi.

Legenda mengatakan bahwa Pohon Mete Pirangi ditanam pada tahun 1888 oleh seorang nelayan setempat yang kemudian meninggal pada usia 93 tahun di bawah naungan pohon raksasa tersebut. Namun para ahli meyakini, berdasarkan karakteristik pertumbuhannya, “pohon tersebut diperkirakan berumur lebih dari seribu tahun”.

Namun satu hal yang pasti, ini bukanlah pohon jambu mete biasa. Ini adalah ukuran 70 pohon jambu mete berukuran normal dan sebenarnya harus dilihat dari titik pengamatan khusus jauh di atas agar dapat benar-benar dihargai. Ini menghasilkan lebih dari 60.000 buah jambu mete per tahun dan juga menarik ratusan ribu wisatawan dari seluruh Brasil.

Pohon besar jenis Medang (Litsea sp) yang tumbuh di Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumbar. [Foto: dok.bksda agam]Pohon besar jenis Medang (Litsea sp) yang tumbuh di Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumbar. [Foto: dok.bksda agam]

Tapi bagaimana pohon jambu mete terbesar di dunia bisa menjadi begitu besar? Rupanya, hal ini ada hubungannya dengan kelainan genetik yang menyebabkan cabang-cabangnya tumbuh ke samping, bukan ke atas. Berat dan gravitasi menyebabkan cabang-cabang membengkok ke arah tanah, dan ketika bersentuhan dengan tanah, akar-akar baru mulai terbentuk dan pohon terus berkembang. Saat ini, hampir tidak mungkin membedakan batang awal dari pohon lainnya.

Baca Juga: Cara Perusahaan Menjaga Keberlangsungan Usaha dari Sisi Lingkungan

Terletak di pantai Pirangi do Norte, di Rio Grande do Norte, Pohon Mete Pirangi menjadi salah satu tempat wisata utama lokal setelah pohon tersebut diakui oleh Guinness Records sebagai pohon jambu mete terbesar di dunia, seluas hampir 8.500 meter persegi.

Menurut Institut Pembangunan Berkelanjutan dan Lingkungan, yang mengelola Pohon Mete Pirangi yang terkenal, sekitar 300.000 wisatawan mengunjungi pohon tersebut setiap tahun.

Menariknya, Pohon Jambu Pirangi mempunyai beberapa kompetisi di dalam negeri untuk memperebutkan gelar pohon jambu mete terbesar di dunia. Menurut Sekretaris Negara Pariwisata Piauí, pohon jambu mete di pesisir Piauí sebenarnya adalah yang terbesar di dunia, dengan luas sekitar 8.800 meter. Namun klaim tersebut belum diverifikasi secara resmi oleh Guinness.

Saat Anda berada di sini, lihatlah semak mawar terbesar di dunia, serta pohon beringin terbesar di India, yang ukurannya sebesar hutan kecil.

Baca Juga: Terus Tunjukkan Komitmen untuk Pencapaian Zero Net Emission 2050 dengan Menanam 1.000 Pohon di Kawasan Industri Deltamas

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #hasilkan #60000 #buah #pohon #jambu #mete #berukuran #kali #lipat #dari #ukuran #normal

KOMENTAR