''Penjahat Perang'', Anggota Kongres Rashida Tlaib Protes Keras Pidato Netanyahu di Gedung Capitol
Rashida Tlaib (biography.com)
14:12
25 Juli 2024

''Penjahat Perang'', Anggota Kongres Rashida Tlaib Protes Keras Pidato Netanyahu di Gedung Capitol

Anggota Parlemen Rashida Tlaib (Demokrat/Michigan) dengan bangga mengacungkan tanda yang menyebut Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebagai “penjahat perang” saat ia berpidato di depan Kongres pada hari Rabu.

Sisi berlawanan dari tandanya berbunyi: “Bersalah atas Genosida.”

Dalam pidatonya, Netanyahu memuji perang Israel di Gaza, berterima kasih kepada Biden dan Trump atas dukungan mereka terhadap Israel, mengutuk upaya pembunuhan terhadap Trump dan mengecam pengunjuk rasa pro-Palestina.

Tlaib adalah satu-satunya orang Amerika keturunan Palestina di Kongres. Selain protesnya, Tlaib mengeluarkan pernyataan keras pada hari Selasa menjelang pidato Netanyahu, juga menyebutnya sebagai “penjahat perang.”

Baca Juga: Menhan Israel Desak Netanyahu Terima Usulan Mesir untuk Pertukaran Sandera dan Gencatan Senjata di Jalur Gaza

“Sangat memalukan bahwa para pemimpin dari kedua partai mengundangnya untuk berpidato di Kongres. Dia harus ditangkap dan dikirim ke Pengadilan Kriminal Internasional,” kata Tlaib dalam pernyataannya.

Benjamin NetanyahuBenjamin Netanyahu

“Jangan salah: acara ini adalah perayaan pembersihan etnis warga Palestina. Ini adalah hari yang menyedihkan bagi demokrasi kita ketika rekan-rekan saya tersenyum saat berfoto dengan seorang pria yang aktif melakukan genosida,” lanjutnya. “Adalah munafik jika kita mengaku prihatin dengan banyaknya korban jiwa warga sipil tak berdosa, lalu berbalik dan menyambut orang yang bertanggung jawab atas kejahatan perang ini ke Capitol kita. Keheningan mereka adalah pengkhianatan, dan sejarah akan mengingat mereka dengan cara yang sama. Pemerintah kita harus berhenti mendukung dan mendanai genosida ini sekarang.”

Meskipun mendapat tepuk tangan meriah dari para hadirin, pidato dan kunjungan Netanyahu mendapat penolakan luas di luar Gedung Capitol.

Lebih dari 100 anggota Kongres dan puluhan anggota parlemen dari Partai Demokrat, termasuk Rep. Alexandria Ocasio-Cortez (D-N.Y.), dilaporkan melewatkan pidato Netanyahu sebagai bentuk protes.

“Untuk jelasnya, Netanyahu telah kehilangan begitu banyak orang sehingga ia hanya berpidato di depan sebagian kecil Kongres,” tulis anggota Kongres asal New York itu di X, sebelumnya Twitter, pada hari Rabu. “Ketika hal ini terjadi, mereka mengisi kursi dengan non-anggota, seperti yang mereka lakukan pada upacara penghargaan, untuk menunjukkan kesan kehadiran dan dukungan penuh.”

Baca Juga: Profil Miriam Adelson, Ratu Judi dengan Kekayaan Rp429 Triliun Pendukung Setia Israel

Selain itu, ribuan pengunjuk rasa pro-Palestina di Washington, D.C., berdemonstrasi menentang kunjungan Netanyahu dan perang tersebut. Polisi Capitol AS menggunakan semprotan merica terhadap para demonstran dan menangkap sedikitnya enam orang.

Sejak 7 Oktober, ketika militan Hamas menyerang Israel, pasukan Israel telah membunuh sedikitnya 39.000 warga Palestina. Ketika para penentang perang menuduh Israel melakukan genosida di wilayah tersebut, Mahkamah Internasional mengeluarkan keputusan bahwa masuk akal negara tersebut terlibat dalam genosida. Lebih lanjut, sebuah laporan independen yang disampaikan kepada Dewan Hak Asasi Manusia PBB bulan lalu menyatakan bahwa pasukan Israel memimpin “pemusnahan” terhadap rakyat Gaza.

Penduduk di wilayah tersebut juga dilaporkan mengalami kelaparan, klaim para ahli PBB awal bulan ini.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #penjahat #perang #anggota #kongres #rashida #tlaib #protes #keras #pidato #netanyahu #gedung #capitol

KOMENTAR