Hadiah Terlarang? Ibu Negara Korea Selatan Tersandung Skandal 'Tas Dior'
Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon-hee mewarnai kerajinan anyaman saat Spouse Program KTT G20 di Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa (15/11/2022). [ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Zabur Karuru/nym].
15:24
23 Juli 2024

Hadiah Terlarang? Ibu Negara Korea Selatan Tersandung Skandal 'Tas Dior'

Ibu negara Korea Selatan, Kim Keon Hee telah diperiksa atas tuduhan manipulasi saham dan suap yang melibatkan tas tangan mewah seharga $2.200, ungkap jaksa penuntut pada hari Minggu.

Skandal ini bermula ketika pihak oposisi menyerukan penyelidikan khusus terhadap ibu negara, yang berada di bawah pengawasan ketat karena menerima tas Dior yang melanggar aturan etika pemerintah, dan dugaan perannya dalam skema manipulasi saham.

Jaksa melakukan “interogasi tatap muka” terhadap Kim pada hari Sabtu, kata Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul dalam sebuah pernyataan.

Presiden Korsel Yoon Suk Yeol dan Kim Keon Hee bertemu Pangeran Charles dan Camilla (instagram/theroyalfamily)Presiden Korsel Yoon Suk Yeol dan Kim Keon Hee bertemu Pangeran Charles dan Camilla (instagram/theroyalfamily)

Rekaman kamera tersembunyi yang dirilis tahun lalu menunjukkan Kim menerima tas tangan desainer mewah seharga $2.200, sebuah tindakan yang kemudian dijuluki “skandal tas Dior” oleh surat kabar lokal.

Baca Juga: Bukan Cuma Chanel, Ayu Ting Ting Pamer Tas Mewah Ini di Amerika

Skandal ini memukul tingkat persetujuan terhadap Presiden Yoon Suk Yeol yang sudah rendah, sehingga berkontribusi pada kekalahan telak bagi partainya dalam pemilihan umum pada bulan April karena gagal memenangkan kembali mayoritas di parlemen.

Hadiah semacam itu melanggar hukum Korea Selatan, yang melarang pejabat publik dan pasangan mereka menerima hadiah apa pun yang bernilai lebih dari $750.

Ajudan Kim mengatakan kepada penyelidik awal bulan ini bahwa ibu negara menyuruhnya mengembalikan tas tersebut pada hari yang sama saat dia menerimanya, namun dia lupa, menurut kantor berita Yonhap.

Sosok Ibu Negara Korea  Kim Keon Hee Curi Perhatian Saat Dinner KTT G20. (Dok: Istimewa)Sosok Ibu Negara Korea Kim Keon Hee Curi Perhatian Saat Dinner KTT G20. (Dok: Istimewa)

Dalam pernyataan pertamanya mengenai skandal tas pada bulan Februari, Yoon menganggapnya sebagai “skema politik” dan mengatakan istrinya menerima tas tersebut hanya karena sulit baginya untuk menolaknya.

Namun dia kemudian meminta maaf dalam konferensi pers yang jarang terjadi pada bulan Mei, dan menggambarkan penerimaan istrinya terhadap tas tersebut sebagai tindakan yang “tidak bijaksana”.

Baca Juga: Hilang Untuk Healing usai Batal Nikah, Gaya Liburan Ayu Ting Ting ke Amerika Tuai Sorotan: Pakai Tas Ratusan Juta!

Ini bukan pertama kalinya Kim menghadapi sorotan publik. Selama kampanye kepresidenan Yoon, dia dipaksa untuk meminta maaf atas kredensial yang dipalsukan.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #hadiah #terlarang #negara #korea #selatan #tersandung #skandal #dior

KOMENTAR