Revolusi Komunikasi Dimulai, Pusat Keunggulan 6G Diluncurkan
Ilustrasi internet atau Pusat Keunggulan 6G Diluncurkan. (freestock.com)
17:28
20 Juli 2024

Revolusi Komunikasi Dimulai, Pusat Keunggulan 6G Diluncurkan

Pembangunan teknologi nampaknya semakin cepat dilakukan, salah satunya dari rencana peluncuran 6G di seluruh dunia.

Pusat keunggulan 6G ini telah diresmikan di IIT-M Research Park, Chennai. Sekretaris (Telecom) Dr Neeraj Mittal mengatakan, inisiatif ini selaras dengan dokumen Visi Bharat 6G yang dirilis oleh Perdana Menteri Narendra Modi pada Maret tahun lalu.

Menurutnya, PM Modi telah membayangkan India menjadi kontributor garis depan dalam desain, pengembangan, dan penerapan teknologi 6G pada tahun 2030.

Mr Mittal menekankan bahwa inisiatif ini bertujuan untuk menciptakan upaya yang kohesif dan terkoordinasi dalam memajukan teknologi 6G, memastikan bahwa semua proyek mendapat manfaat dari keahlian dan sumber daya kolektif.

Baca Juga: Putri Masyita Kasih Tips Gen Z untuk Jaga Keamanan Media Sosial

Pusat keunggulannya adalah sub-pusat dari Telecom Centers of Excellence (TCoE)-India yang akan mempelopori pengembangan dan penerapan teknologi 6G, menjanjikan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, latensi sangat rendah, dan konektivitas yang ditingkatkan.

Pusat ini akan berfungsi sebagai pusat inovasi, mempertemukan pakar akademis dan industri untuk berkolaborasi dalam proyek-proyek mutakhir.

Lingkungan kolaboratif ini akan mendorong pengembangan aplikasi dan layanan baru yang memanfaatkan kemampuan 6G.

Pusat ini juga akan memfasilitasi interkoneksi antar Test Bed 5G yang ada di Madras IIT yang dikembangkan secara lokal melalui proyek kolaborasi yang melibatkan delapan lembaga dan didanai oleh Departemen Telekomunikasi (DoT).

Test Bed 5G diresmikan oleh PM Modi pada Mei 2022 dan sejak itu telah digunakan secara luas oleh industri dan akademisi untuk menguji produk dan kasus penggunaan 5G baru.

Baca Juga: BenQ Luncurkan W5800, 4K Home Cinema Projector Terbaru dengan Teknologi Laser

Departemen Pertahanan telah mendanai dua uji coba generasi berikutnya untuk memajukan penelitian 6G.

Dengarkan lagu terbaru hanya di JioSaavn.com
Di bawah Visi Bharat 6G, Departemen Pertahanan telah mengevaluasi 470 proposal tentang 'Percepatan penelitian pada Ekosistem 6G'.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #revolusi #komunikasi #dimulai #pusat #keunggulan #diluncurkan

KOMENTAR