Sejarah Terukir! Sosok Ini Jadi Panglima Militer Wanita Pertama di Kanada
Justin Trudeau dan Jenderal Jennie Carignan (instagram/justinpjtrudeau)
10:52
19 Juli 2024

Sejarah Terukir! Sosok Ini Jadi Panglima Militer Wanita Pertama di Kanada

Seorang wanita, untuk pertama kalinya, menjabat sebagai komandan tertinggi militer Kanada.

Jenderal Jennie Carignan resmi mengambil alih komando Angkatan Bersenjata Kanada dalam sebuah upacara di Museum Perang Kanada di Ottawa pada hari Kamis.

Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan bahwa Carignan adalah wanita pertama yang memimpin militer di negara anggota G20 atau G7 mana pun.

“Ini bisa menjadi contoh dan menghasilkan perubahan tentang apa yang dapat dilakukan oleh wanita,” kata Carignan. “Ini adalah langkah maju yang bagus. Ini adalah hasil dari bertahun-tahun kerja keras di Angkatan Bersenjata Kanada.”

Baca Juga: Mau Kerja di Kanada Seperti Tengku Firmansyah? Ini Syarat dan Cara Mendapatkannya!

Carignan dipromosikan menjadi jenderal selama upacara pergantian komando, setelah dipilih oleh pemerintahan Trudeau untuk menjadi kepala pertahanan wanita pertama Kanada.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. (Dave Chan / AFP)Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. (Dave Chan / AFP)

Trudeau menyebut hari itu sebagai bersejarah dan memuji Carignan sebagai seseorang yang tepat untuk mengambil alih jabatan tersebut. Dia menunjuknya untuk peran tersebut awal bulan ini.

“Anda adalah wanita pertama yang menjadi Kepala Staf Pertahanan di Kanada, wanita pertama di G7 dan G20. Anda adalah teladan bagi seluruh warga Kanada dan dunia,” kata Trudeau dalam upacara tersebut.

Pada tahun 2018, Trudeau menunjuk wanita pertama sebagai kepala Kepolisian Kerajaan Kanada dan 50% kabinetnya terdiri dari wanita sejak dia menjabat pada tahun 2015.

Carignan tidak asing dengan pencapaian pertama ini. Dia juga merupakan wanita pertama yang memimpin unit tempur di militer Kanada, dengan karirnya termasuk penempatan di Irak, Afghanistan, Bosnia, dan Suriah.

Baca Juga: Sumber Uang Tengku Firmansyah saat Tinggal di Indonesia, Kini Banting Setir Jadi Tukang Besi di Kanada

Selama tiga tahun terakhir, dia telah menjabat sebagai kepala perilaku dan budaya profesional, jabatan yang dilahirkan dari skandal pelecehan seksual pada tahun 2021.

Carignan menggambarkan promosi ini sebagai langkah yang wajar dan menyatakan rasa syukurnya.

“Saya siap untuk ini. Saya telah bekerja keras selama ini,” katanya.

Dia menegaskan bahwa perekrutan dan retensi merupakan prioritas utamanya.

Penunjukan ini terjadi saat Kanada terus menerima kritik dari sekutu NATO karena tidak memenuhi target belanja pertahanan sebesar 2% dari produk domestik bruto. Pemerintah Kanada baru-baru ini menyatakan bahwa mereka akan mencapai komitmen NATO ini pada tahun 2032, namun belum memberikan detail-detail spesifik mengenai hal tersebut.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #sejarah #terukir #sosok #jadi #panglima #militer #wanita #pertama #kanada

KOMENTAR