Detik-Detik Menegangkan! Pendaki Selamat Usai Terjun Bebas di Gunung Hood
Ilustrasi pendakian (Freepik/wirestock)
09:56
12 Juli 2024

Detik-Detik Menegangkan! Pendaki Selamat Usai Terjun Bebas di Gunung Hood

Chris Zwierzynski, pendaki gunung berusia 55 tahun dari Arizona mengalami momen sial belum lama ini. Ketika sedang mendaki Gunung Hood di Oregon, dia terpeleset di permukaan es. Kondisi tempat tersebut yang licin, dia tidak dapat menyelamatkan diri dan terjatuh dari lereng gunung.

Dia pun terus terperosok hingga jatuh ke tanah, 700 kaki di bawah titik asalnya.

Dua petugas medis militer kebetulan menyaksikan jatuhnya Zwierzynski dan bergegas ke tempat dia terjatuh. Ajaibnya, mereka mengetahui bahwa dia selamat dan mulai segera memberikan pertolongan pertama kepada pria yang terluka tersebut.

Untungnya, kondisi cuaca di Gunung Hood benar-benar sempurna untuk misi penyelamatan helikopter. Dengan bantuan orang-orang yang melakukan pencarian dan evakuasi udara yang cepat, Zwierzynski mampu menceritakan kisahnya yang luar biasa.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Slamet Ditutup Sampai Kapan? Ribuan Pendaki Batal Muncak!

Ilustrasi mendaki gunung salju (pexels)Ilustrasi mendaki gunung salju (pexels)

Gunung Hood adalah stratovolcano aktif, yang tingginya mencapai 11.249 kaki di Oregon utara. Sebagai puncak tertinggi di negara bagian ini, lerengnya yang sangat indah dan tertutup salju secara permanen menarik para pendaki gunung dan pejalan kaki.

Namun, Gunung Hood bukanlah gunung 'pemaaf'. Apa pun cara yang Anda pilih untuk mendakinya, Anda siap menghadapi tantangan besar yang disertai risiko besar.

Pada tanggal 6 Juli, Chris Zwierzynski menemukan hal itu dengan cara yang paling sulit.

Pagi-pagi sekali, dia mendaki Gunung Hood di sepanjang jalur Old Chute. Meskipun Old Chute adalah pilihan utama untuk mendaki gunung karena relatif aman, rute curamnya tetap tidak mudah.

Selain itu, dengan pencapaian Zwierzynski yang tinggi, tidak peduli saat itu bulan Juli dan musim panas sedang dalam puncaknya. Permukaan gunung diselimuti tumpukan salju tebal yang dilapisi lapisan es yang licin.

Baca Juga: Detik-detik Pendaki Gunung Andong Jatuh ke Jurang, Korban Ternyata Anak Anggota Dewan

Zwierzynski merasakan langsung betapa licinnya es ketika dia terpeleset dan kehilangan pijakan sekitar pukul 07.45.

Dia mulai meluncur menuruni salju yang keras dan padat menuju tebing terdekat. Karena tidak ada yang bisa dipegang dan perlengkapannya tidak menggigit es yang keras, tidak ada yang bisa dilakukan pria itu untuk menghentikan dirinya.

Maka, dia melewati tepian, dengan ketinggian 700 kaki di bawahnya.

Bisa dibilang, Zwierzynski adalah pria yang sangat beruntung. Bukan karena jatuhnya, tapi karena siapa yang kebetulan melihatnya.

Ilustrasi salju (Pexels/James Wheeler)Ilustrasi salju (Pexels/James Wheeler)

Dua petugas medis militer yang sedang tidak bertugas yang juga sedang mendaki gunung melihat, dengan sangat ngeri, ketika Zwierzynski terpeleset dan jatuh 700 kaki sebelum menabrak area Hot Rocks di Gunung Hood. Mereka segera mulai memanjat untuk membantunya, tapi mereka mungkin mengira hanya akan menemukan tumpukan benda hancur yang dulunya adalah manusia.

Betapa terkejutnya mereka ketika mengetahui Zwierzynski selamat dari kejatuhan setinggi itu dan masih hidup.

Namun, dia menderita banyak luka serius. Kedua petugas medis tersebut segera mengikuti pelatihan medis mereka dan mulai bekerja untuk menjaga Zwierzynski tetap hidup.

Mereka segera bergabung dengan dua penjaga Hutan Nasional Gunung Hood, yang juga menyaksikan peristiwa tersebut. Mereka memberi tahu Kantor Sheriff Clackamas County yang memulai operasi penyelamatan skala penuh.

Karena cedera kritis yang dialami Zwierzynski, pihak berwenang memutuskan mereka tidak sabar menunggu seseorang untuk membawanya turun gunung. Jadi, mereka meminta Garda Nasional Angkatan Darat Oregon mengirim helikopter untuk menjemputnya, dan mereka segera melakukannya.

Sekali lagi, keberuntungan berpihak pada Zwierzynski. Cuaca di Gunung Hood benar-benar sempurna, dan helikopter tersebut mampu melakukan manuver “pendaratan panas” yang berat, melayang hanya beberapa inci dari tumpukan salju saat para pembantu di darat mengangkat orang yang terluka itu ke dalam pesawat.

Dan di sinilah cerita drqamatis ini berakhir. Helikopter berangkat ke rumah sakit dengan Zwierzynski di dalamnya, sehingga dia bisa menaklukkan Gunung Hood di hari lain.

Meski mengalami cedera parah, Zwierzynski sangat beruntung. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Gunung Hood tidak main-main dan berbahaya bahkan dalam cuaca bagus.

Ilustrasi pendaki.[Pexels/Alexgan]Ilustrasi pendaki.[Pexels/Alexgan]

“Semua rute mendaki gunung bersifat teknis, memerlukan pelatihan dan peralatan khusus. Semua rute menjadi semakin sulit untuk mencapai puncak, yang dapat memikat pendaki yang tidak berpengalaman ke dalam situasi di luar kemampuan mereka,” Mark Morford dari Portland Mountain Rescue memperingatkan.

Memang benar, hampir 150 orang telah tewas di Gunung Hood sejak pelacakan dimulai pada tahun 1896. Sebagian besar kematian disebabkan oleh terjatuh, namun paparan suhu dingin, longsoran salju, jatuhnya batu dan es, serta bahaya lainnya juga merenggut nyawa. Selain itu, sekitar 50 orang diselamatkan dari gunung tersebut setiap tahunnya.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #detik #detik #menegangkan #pendaki #selamat #usai #terjun #bebas #gunung #hood

KOMENTAR