Vladimir Putin Terang-terangan Sebut Pemilu AS pada 2020 Telah Dicurangi
Presiden Rusia Vladimir Putin secara gamblang mengatakan bahwa Pemilu di Amerika Serikat (AS) telah dicurangi. (Xinhua)
12:18
17 Januari 2024

Vladimir Putin Terang-terangan Sebut Pemilu AS pada 2020 Telah Dicurangi

– Presiden Rusia Vladimir Putin secara gamblang mengatakan bahwa Pemilu di Amerika Serikat (AS) telah dicurangi. Adapun Pemilu yang dimaksud oleh Putin terjadi pada 2020 ketika calon Presiden AS adalah Joe Biden dan Donald Trump.

Putin mengatakan kontes demokrasi tersebut dicurangi melalui pemungutan suara lewat pos. “Di Amerika Serikat, pemilu sebelumnya dipalsukan melalui pemungutan suara melalui pos, mereka membeli surat suara seharga 10 USD, mengisinya, dan melemparkannya ke kotak surat tanpa pengawasan dari pengamat, dan hanya itu,” kata Putin tanpa memberikan bukti.

Sebagai informasi, mantan agen Rusia tersebut direncanakan bakal kembali mencalonkan diri pada Pemilu Rusia berikutnya. Sementara itu, para penentang Putin mengatakan pemilu Maret di Rusia bukanlah pemilu yang sesungguhnya karena sang presiden memegang kekuasaan yang tak tertandingi.

Hal ini mereka buktikan dengan adanya hukuman 30 tahun penjara bagi oposisi Putin, Alexei Navalny. Para penentang menganggap hukuman bagi Navalny hanya dibuat-buat oleh Putin. Para penentang juga mengatakan penggunaan pemungutan suara elektronik menciptakan ruang bagi pihak berwenang untuk memanipulasi suara demi kepentingan Putin tanpa terdeteksi.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #vladimir #putin #terang #terangan #sebut #pemilu #pada #2020 #telah #dicurangi

KOMENTAR