Volodymyr Zelenskyy Kembali Minta Barat Percepat Pasok Senjata ke Ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. 
11:40
17 Januari 2024

Volodymyr Zelenskyy Kembali Minta Barat Percepat Pasok Senjata ke Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy terus mendesak negara-negara Barat agar menekan Rusia dan meningkatkan dukungannya terhadap Kyiv dalam perang melawan Moskow.

“Saya telah meminta rekan-rekan dan sekutu kami untuk mendukung Ukraina dengan berbagai cara, termasuk pasokan senjata demi memastikan bahwa Moskow tidak berhasil dalam perangnya,” ujar Zelenskyy dalam sebuah pidato di hadapan Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss pada Selasa (16/1/2024).

Sebelumnya, Zelenskyy mengecam sikap ragu-ragu Barat dalam mendukung Ukraina, yang dinilai dapat memperpanjang pertempuran selama bertahun-tahun.

Ketika dukungan kuat negara-negara Barat terhadap Kyiv kini goyah di tengah pertikaian politik di Washington dan Brussels, Zelenskyy mengatakan negara-negara Eropa perlu memahami bahwa rencana presiden Rusia Vladimir Putin lebih dari sekadar perang di Ukraina.

“Faktanya, Putin terus menjajah wilayah kami. Dia tidak akan berhenti sebelum berhasil menghancurkan Ukraina,” kata pemimpin Ukraina itu.

“Sanksi terhadap Moskow perlu ditegakkan dengan benar dan kurangnya sanksi terhadap sektor nuklir Rusia merupakan gambaran kelemahan Barat,” imbuhnya.

Menanggapi pidato Zelenskyy, para pemimpin Uni Eropa dan NATO dengan lantang menyuarakan keprihatinan pemimpin Ukraina itu dan mengatakan kepada forum tersebut bahwa Barat tidak boleh berhenti memasok senjata dan uang kepada Ukraina jika mereka ingin Kyiv menang.

“Rakyat Ukraina membutuhkan pendanaan yang cukup sepanjang tahun ini dan seterusnya. Mereka membutuhkan pasokan senjata yang cukup dan berkelanjutan untuk mempertahankan Ukraina serta mendapatkan kembali wilayah yang menjadi haknya,” ungkap Ursula von der Leyen, Ketua Komisi Eropa.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan dukungan untuk Ukraina bukanlah sebuah amal, tetapi sebuah investasi untuk keamanan aliansi itu sendiri.

“Kami hanya ingin mendukung Ukraina. Pada tahap tertentu, Rusia akan memahami bahwa mereka membayar harga yang terlalu tinggi dan duduk serta menyetujui perdamaian yang adil,” katanya.

Vladimir Putin Tolak Berdamai dengan Ukraina

Beberapa jam usai Zelenskyy menyampaikan pidatonya, Putin mengklaim pasukannya lebih unggul.

“Tidak hanya serangan balasan mereka yang gagal, namun inisiatif ini sepenuhnya berada di tangan angkatan bersenjata Rusia,” kata Vladimir Putin.

“Jika hal ini terus berlanjut, kenegaraan Ukraina akan mendapat pukulan yang sangat serius dan tidak dapat diperbaiki,” tambahnya.

Vladimir Putin juga menolak kemungkinan perundingan perdamaian dengan Ukraina, dengan mengatakan bahwa negara tersebut telah mengembangkan “formula yang menghalangi proses perdamaian”.

Editor: Choirul Arifin

Tag:  #volodymyr #zelenskyy #kembali #minta #barat #percepat #pasok #senjata #ukraina

KOMENTAR