Jepang Terbitkan Uang Baru Nominal 1000, 5000 dan 10000 Yen, Mulai Digunakan Juli 2024
Jepang kini punya uang baru yang terdiri dari nominal 1000 yen, 5000 yen dan 10000 yen. Uang baru ini akan mulai digunakan Juli 2024. 
12:30
25 April 2024

Jepang Terbitkan Uang Baru Nominal 1000, 5000 dan 10000 Yen, Mulai Digunakan Juli 2024

- Jepang kini punya uang baru yang terdiri dari nominal 1000 yen, 5000 yen dan 10000 yen. Uang baru ini akan mulai digunakan Juli 2024.

Uang baru tersebut bergambar tokoh utama yang paling terkenal di Jepang, Eiichi Shibusawa yang terkenal sebagai Bapak Kapitalisme Jepang.

Gambar Eiichi Shibusawa tertera pada uang nominal 10.000 yen.

"Untuk menyongsong penerbitan uang baru tersebut sebuah pameran khusus Eiichi Shibusawa and the Bill Story bekerja sama dengan Pusat Medis Kesehatan dan Gerontologi Metropolitan Tokyo (Sakaemachi, Itabashi-ku Tokyo) saat ini sedang diadakan di Ruang Komunitas di lantai pertama Perpustakaan Takashimadaira (Takashimadaira 3) di Itabashi Ward," ungkap sumber Tribunnews.com di Pemda Tokyo, Kamis (25/4/2024).

Pusat Medis Kesehatan dan Gerontologi Metropolitan Tokyo adalah fasilitas medis yang berdiri di lokasi Rumah Sakit Tokyo Yoikuin di mana Shibusawa, meninggal di sana pada usia 91 tahun.

Setelah Gempa Besar Kanto, fasilitas tersebut dipindahkan ke daerah tersebut termasuk lokasinya saat ini, dan pendahulunya adalah bisnis panti asuhan, yang menggabungkan fungsi rumah sakit, panti asuhan, dan panti jompo.

Saat ini memiliki fasilitas rumah sakit dan lembaga penelitian sebagai lembaga perintis dalam praktik kedokteran geriatri dan perawatan medis, serta penelitian gerontologi.

"Untuk memanfaatkan secara efektif ruang istirahat dan belajar mandiri yang telah dibatasi karena pandemi virus corona, kami telah meminta perusahaan lokal dan organisasi lokal untuk menggunakannya sejak 2021 dan merencanakan pameran yang akan mengarah pada revitalisasi regional," ujarnya.

Jepang kini punya uang baru yang terdiri dari nominal 1000 yen, 5000 yen dan 10000 yen. Uang baru ini akan mulai digunakan Juli 2024. Jepang kini punya uang baru yang terdiri dari nominal 1000 yen, 5000 yen dan 10000 yen. Uang baru ini akan mulai digunakan Juli 2024. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

"Dalam proyek kolaborasi ketiga dengan pusat ini, mengacu pada uang kertas 10.000 yen baru dengan potret Eiichi Shibusawa yang akan dikeluarkan pada bulan Juli tahun ini," ungkap Ishiseki, Wakil Direktur Perpustakaan Takashimadaira.

Miyamoto adalah seorang pustakawan di Pusat Informasi Gerontologi, perpustakaan untuk staf di pusat tersebut, dan bertugas meminjamkan buku tentang medis dan kesehatan untuk pasien dan keluarga mereka di "Shibusawa Memorial Corner" yang dibuka pada tahun 2013 (Heisei 25), dan juga mendukung produksi selebaran dan pameran yang memperkenalkan sejarah sekolah dan pencapaian prestasi Eiichi Shibusawa.

Dalam pameran khusus dengan Perpustakaan Takashimadaira, Miyamoto telah membuat pameran baru.

Di setiap episode, ia menciptakan karakter baru yang meniru Eiichi Shibusawa, dan konten uniknya telah menjadi topik hangat di media sosial.

Pameran ini berjudul "Eiichi Shibusawa and the Story of Bills," poster format besar dibuat untuk memperkenalkan uang kertas daerah yang melibatkan Eiichi Shibusawa, uang kertas Taiseikan, dan uang kertas vertikal gaya Jepang seperti "Meiji Tsuho," serta Ordonansi Bank Nasional yang dipimpin oleh Shibusawa, dan uang kertas dengan nama Shibusawa yang dikeluarkan ketika ia menjadi presiden Bank Nasional setelah mengundurkan diri dari Kementerian Keuangan.

Karakter baru Phantom Thief Shibusawa akan muncul di beberapa pameran, dan 'panel wajah' baru dengan motif uang kertas 10.000 yen baru.

"Setiap kali saya memamerkan, saya mencoba mencari tahu bagaimana membuatnya menarik bagi berbagai generasi, dan saya ingin orang-orang tidak hanya melihat topik uang kertas baru, tetapi juga uang kertas langka seperti uang kertas domain yang Eiichi Shibusawa terlibat dalam penerbitan dan tagihan dengan nama Eiichi Shibusawa tercetak di atasnya," ungkap Miyamoto.

Museum ini buka dari jam 09.00 pagi hingga jam 20.00 hingga tanggal 29 April 2024 di Perpustakaan Takashimadaira Tokyo.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: [email protected] Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Editor: Dewi Agustina

Tag:  #jepang #terbitkan #uang #baru #nominal #1000 #5000 #10000 #mulai #digunakan #juli #2024

KOMENTAR