Menegangkan! Momen Boeing 737 Kehilangan Roda Saat Lepas Landas Hingga Mengeluarkan Asap Mengepul
Boeing 737 terpaksa melakukan pendaratan darurat./Newsflash
16:51
24 April 2024

Menegangkan! Momen Boeing 737 Kehilangan Roda Saat Lepas Landas Hingga Mengeluarkan Asap Mengepul

 

 - Sebuah pesawat Boeing 737 terpaksa melakukan pendaratan darurat di Afrika Selatan pada hari Minggu (21/4) lalu, setelah salah satu roda utamanya terlepas dari pesawat saat lepas landas.

Sebuah video menangkap momen menegangkan tersebut, dimana ada asap yang mengepul dari roda pesawat saat pesawat FlySafair mendarat di landasan pacu di Bandara Internasional OR Tambo di Johannesburg.   Beberapa detik kemudian, sebuah dentuman besar terdengar saat pesawat melesat di sepanjang jalur sebelum akhirnya berhenti.

Bagian bawah dan sayap kanan hancur sebagian dalam insiden tersebut, seperti yang terlihat dalam video dan tidak ada yang terluka dalam insiden menakutkan tersebut.   Sebagian berkat kru darat bermata elang yang menyadari roda pendaratan yang hilang segera setelah pesawat tujuan Cape Town itu mengudara.

"Para kru diberitahu tentang hasil pengamatan tersebut, dan keputusan diambil agar pesawat kembali ke Johannesburg," ujar juru bicara FlySafair, Kirby Gordon, kepada media lokal EWN Eyewitness News.   "Penerbangan FA212 menyesuaikan arah kembali ke Johannesburg, dan memasuki pola holding di dekat kota Parys untuk menghabiskan sejumlah bahan bakar, guna meringankan pesawat untuk mendarat."

Pesawat melakukan penerbangan rendah di atas OR Tambo, sehingga para ahli dapat menilai roda pendaratan sebelum memberikan izin kepada kru untuk kembali ke landasan pacu.   "Roda yang terkena dampak adalah salah satu, dari dua roda yang terpasang pada penyangga pendaratan belakang kiri."    "Pesawat melanjutkan ke pola bertahan kedua di atas Centurion untuk membakar bahan bakar yang tersisa, sebelum pendekatan pendaratan terakhir."

Para penumpang turun dan dialihkan untuk menaiki pesawat cadangan ke Cape Town, meskipun harus menunggu beberapa jam setelah mereka harus mendarat kembali.

Insiden ini terjadi ketika Boeing menghadapi serangkaian sidang pendapat Senat, mengenai budaya keselamatan dan kualitas manufakturnya, yang telah menjadi sorotan setelah didapati banyaknya kerusakan pada pesawat.   Boeing enggan mengomentari insiden di Afrika Selatan, dan mengalihkan New York Post untuk bertanya kepada FlySafair, yang mengelola armada Boeing-nya sendiri.

Pekan lalu, kesaksian di Senate Permanent Subcommittee untuk Investigasi menimbulkan pertanyaan tentang catatan yang hilang di dalam panel tersebut, bersama dengan masalah produksi atas dua jet berbadan lebar Boeing yang terpisah.

Pembuat pesawat ini telah mengalami perombakan manajemen, regulator di Amerika Serikat telah membatasi produksinya, dan pengiriman turun setengahnya di bulan Maret.

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #menegangkan #momen #boeing #kehilangan #roda #saat #lepas #landas #hingga #mengeluarkan #asap #mengepul

KOMENTAR